ANALISIS BREAK EVENT POINT (BEP) PADA USAHA ONCUS FRUIT DESSERT KELURAHAN LILIBA KOTA KUPANG

Main Article Content

Julian Santika Bria
Wehelmina M Ndoen
Reyner F Makatita
Christien C Foenay

Abstract

Penelitian ini berjudul”Analisis Break Even Point (BEP) pada Usaha Oncus Fruit Dessert Kelurahan Liliba ” Rumusan masalah dari penilitian ini adalah Bagaimana Break Even Point (BEP) pada perencanaan laba Oncus Fruit Dessert.Objek penelitian ini adalah Oncus Fruit Dessert yang merupakan salah satu tempat jual salad dikota kupang yang bergerak dibidang usaha. Variabel yang diteliti Analisis Break Even Point (BEP) dalam Perencanaan laba. Data yang digunakan dalam penilitian : data primer dan data sekunder dan teknik pengumpulan data menggunakan metode Observasi, wawancara, Studi dokumentasi dan Pustaka. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini bersifat kuantitaf dengan menggunakan rumus perhitungan BEP dan Margin of safety. Hasil analisis yang dilakukan adalah break even point unit dan rupiah Oncus Fruit Dessert Kupang melalui hasil analisis data menunjukkan tahun 2019 kondisi break even point berada pada 2.607.547,91, 2.632.293,08, 2.632.293,08, 2.618.790,05, 2.616.671,16, 2.625.169,15, 2.625.169,15, dan 2.621.621,62 atau dalam rupiah Rp 347,986614,  Rp 321,258023, Rp 314,680503, Rp 314,680503, Rp 692,433507, Rp 999,479784, Rp 419,823614, Rp 526,13543 dan sedikit mengalami penurunan pada tahun 2019 menjadi 2.505.854,8, 2.508.792,5, 2.508.792,5, 2.497.665,73, 2.495.917,89, dan 2.500.000 atau dalam rupiah 408,796737, 485,300546, 365,699293,  878,895062, 1.129,1695, 525,504636, dan 590,353707 lalu pada tahun selanjutnya yaitu tahun 2020 kondisi break even point mengalami peningkatan yaitu 2.885.085,57, 2.888.616,89, 2.888.616,89, 2.875.243,66, 2.757.009,35, 2.881.562,88, dan 2.878.048,78 atau dalam rupiah Rp 457,133859, Rp 434,108202, Rp390,897833, Rp 935,422097, Rp 1.228,36563, Rp 563, Rp 706672, dan Rp 655,875339.


Kata Kunci : Break Even Point, Oncus Fruit Dessert, Margin Of Safety

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Bria, J., Ndoen, W., Makatita, R., & Foenay, C. (2024). ANALISIS BREAK EVENT POINT (BEP) PADA USAHA ONCUS FRUIT DESSERT KELURAHAN LILIBA KOTA KUPANG. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 5(6), 1291-1302. https://doi.org/10.35508/glory.v5i6.16405
Section
Articles

References

Agustina D., dkk, 2019. Perencanaan Laba pada Pengolahan Ikan Jaya Mandiri dengan Pendekatan Break Even Point. Jurnal Administrasi Bisnis Vol: 21 No: 2 1412-4807 ISSN O: 2503-4375
Ariyanti, R., S.M. Rahayu, dan A. Husaini. 2014. Analisis Break Even Point sebagai Dasar Pengambilan Keputusan Manajemen terhadap Perencanaan Volume Penjualan dan Laba (Studi Kasus pada PT. Cakra Guna Cipta Malang Periode 2011 – 2013). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 11, No. 1.
Hamdani dan Syamsul Rizal, 2019. Kewirausahaan. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia
Jumingan, 2011. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Moleong Lexy J, 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi kedua). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muzdalifah, 2017. Analisis Break Even Point Sebagai Alat Perencanaan Laba pada D’yumnies Cake and Cookiesdi Sungguminasa. Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Makassar Makassar
Nasution K, 2014. Analisis Break Event Point Usaha Tani Jagung. Jurnal Wahana Inovasi VOLUME 3 No.2
Ponomban Christine P, 2013. Analisis Break Even Point Sebagai Alat Perencanaan Laba Pada PT. Tropica Cocoprima. Jurnal EMBA Vol.1 No.4
Prawirosentono, 2010. Manajemen Operasi Analisis dan Studi Kasus. Jakarta: PT Bumi Aksara.Edisi Ke 5
Siswanto Heru B, 2018. Analisis Break Event Point Terhadap Perencanaan Laba CV. UUL Anugerah Surabaya. Jurnal Akuntansi dan Teknologi informasi (JATI) Vol. 12 No.1
Suharto, 2020. Analisis Break Even Point pada Usaha Keripik Singkong “Barokah” Desa Karang Rejo Kabupaten Pesawaran. Jurnal Administrasi Bisnis Vol: 7 No: 3
Supristiwendi, 2018. Analisis Break Even Point Usaha Keripik Pedas “Mustika” Di Kecamatan Langsa Baro Kota Langsa. AGRISAMUDRA, Jurnal Penelitian Vol. 5 No. 1
Tumini, dkk, 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT Bank Bukopin Probolinggo. Jurnal Economi and Bussiness Volume 7, Nomor 1. ISSN 2337-9340