ANALISIS PERILAKU KONSUMEN YANG MENGUNJUNGI PUSAT PERBELANJAAN LIPPO PLAZA KUPANG
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perilaku konsumen yang mengunjungi pusat perbelanjaan Lippo Plaza Kupang. Jenis penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data digunakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan teknik purposive sampling dalam menentukan informan. Hasil penelitian menunjukan, konsumen memiliki preferensi waktu yang berbeda; mereka yang bekerja jarang melakukan kunjungan, karena tidak memiliki waktu luang dan yang belum bekerja sering berkunjung, karena memiliki waktu luang dan mencari hiburan. Konsumen yang bekerja sering berbelanja karena memiliki penghasilan sendiri dan mereka yang tidak bekerja jarang berbelanja karena tidak memiliki cukup uang. Konsumen yang memiliki preferensi usaha dan energi menunjukkan bahwa mereka lebih menggunakan kendaraan pribadi dan melakukan kunjungan secara spontan, hal ini karena konsumen selalu mempunyai energi fisik untuk berkunjung, preferensi lokasi dan fasilitas menunjukan bahwa konsumen memilih Lippo Plaza Kupang karena lokasi yang strategis dan fasilitas yang sangat memadai, preferensi promosi dan ketersedian produk menunjukan konsumen sering berkunjung karena promo yang ditawarkan sangat menarik, contohnya pada hari raya besar dan ketersedian produk yang lengkap akan membuat konsumen lebih betah dan bisa menghemat waktu energi untuk tidak berkunjung ke pusat perbelanjaan lain, preferensi kelompok acuan menunjukan konsumen akan merekomendasikan Lippo Plaza Kupang kepada teman atau keluarga dari luar daerah untuk berkunjung, berbelanja atau sekedar jalan-jalan.
Kata Kunci : Perilaku Konsumen, Lippo Plaza Kupang, Preferensi Konsumen
Downloads
Article Details
References
Kotler Philip. 2008. Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium diterjemahkan Benyamin Molan: PT. Prenhallindo: Jakarta.
Kotler, P & Keller, K., (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P & Keller, K., (2016). Manajemen Pemasaran, Edisi 12 Jilid 1. & 2. Jakarta: PT. Indeks.
Kotler, Philip. (2005.) Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.
Kotler, Philip. (2016). Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Muchlisin, Z. A. (2018). Kiat Menulis Artikel Ilmiah Jurnal Nasional dan Internasional. Syiah Kuala University Press.
Natalia, L. (2010). Analisis Faktor-Faktor Persepsi Yang Mempengaruhi Minat Konsumen Untuk Berbelanja Pada Giant Hypermarket Bekasi. Jurnal Manajemen Pemasaran, 4(2), 01-11.
Rakib, Muhammad, et. al. 2022. Strategi Pemasaran Bisnis. Bandung: Media Sains Indonesia.
Saputra, Y., Rosihan, R. I., Spalanzani, W., Kumalasari, R., & Riyanti, H. (2022). Analisis Perilaku Konsumen Dalam Memutuskan Minimarket Sebagai Tempat Berbelanja. Jurnal Rekavasi, 10(1), 45-55.
Schiffman, LG, & Kanuk, L. (2015). Perilaku Konsumen, Edisi Global Edisi ke-11.
Stanton, W. J. (2001). Fundamental of Marketing diterjemahkan oleh Drs. Yohanes Lamarto, MBA., MSM., Penerbit Erlangga, jakarta.
Sulistiyono. (2015). Studi Kualitatif Deskriptif Perilaku Konsumen Rilisan Fisik Vynil di Yogyakarta, Skripsi Sarjana. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26552
Sumarwan, U. (2003). Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Penerbit Ghalia Indonesia, Jakarta.