PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PRMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AIROTE PADA PT. TELAGA AKUAKU INDAH (STUDI KASUS KOTA BAA KABUPATEN ROTE NDAO)

Main Article Content

Faya Koriana Fia
Markus Bunga
Yonas F Riwu
Rolland E Fanggidae

Abstract

Keputusan konsumen dalam pembelian menerangkan bahwa perilaku konsumen tidak hanya dipengaruhi oleh karakterristik konsumen saja tetapi juga dapat dipengaruhi oleh bauran pemasaran yang mencakup produk, harga, distribusi dan promosi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian air minum Ai Rote Pada PT. Telaga Akuaku Indah Kabupaten Rote Ndao. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Jenis dan sumber data yang digunakan berasal dari data primer dan data sekunder. Variabel penelitian terdiri dari variabel dependent yaitu keputusan pembelian (Y) dan variabel independent yaitu kualitas produk (X1), harga (X2), dan promosi (X3). Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner yang, data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Adapun hasil analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis adalah sebagai berikut: Kualitas Produk (X1) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Harga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). promosi (X3) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa variabel independent (kualitas produk, harga, dan promosi) sama-sama memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel dependen (keputusan pembelian).


Kata Kunci : Kualitas Produk, Harga, Promosi, Keputusan Pembelian

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Fia, F., Bunga, M., Riwu, Y., & Fanggidae, R. (2024). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PRMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AIROTE PADA PT. TELAGA AKUAKU INDAH (STUDI KASUS KOTA BAA KABUPATEN ROTE NDAO). GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 5(6), 1231-1246. https://doi.org/10.35508/glory.v5i6.16569
Section
Articles

References

Anwar Prabu Mangkunegara. (2015). Sumber Daya Manusia Perusahaan. Cetakan kedua belas. Remaja Rosdakarya:Bandung
Anwar, Desi. (2008).Kamus Besar Bahasa Indonesia. Surabaya: Amelia
Armstrong, G. and Kotler, P. (2009). Marketing an Introduction Ninth Edition. New Jersey: Pearson Education International.
Assauri, S., (2015). Manajemen Pemasaran, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada.
Danang Sunyoto. (2015). Manajemen dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Cetakan Pertama). Yogyakarta : CAPS (Center for Academic Publishing Service).
Dharmmesta, Basu Swastha, Handoko, T. Hani. (2012). Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Kosumen Edisi Pertama. Jakarta: BPFE.
Ghozali, Imam. (2008). Structural Equation Modelling, Edisi II, Universitas Diponegoro, Semarang.
Ghozali, Imam, 2015. Konsep, Teknik, Aplikasi Menggunakan Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. BP Undip. SemarangHarnanto. 2017. Akuntansi Biaya: Sistem Biaya Historis. Yogyakarta: BPFE.
Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Indriyo Gitosudarmo, 2014, Manajemen Pemasaran, Yogyakarta, BPFEYogyakarta.
Karundeng, T.N., S.L Mandey dan J.S.B Sumarauw. 2018. “Analisis Saluran Distribusi Kayu (Studi Kasus Di CV. Karya Abadi Manado) “. Jurnal EMBA. Vol.6 Hal. 1748-1757.
Kuspriyono, T. (2016). „Pengaruh Ekuitas Merek, Kualitas Produk, Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Samsung (studi pada mahasiswa/i Universitas Gunadarma‟. Jurnal Komunikasi , Vol 7, hlm 1-7.
Kotler, K.(2009). Manajemen Pemasaran 1.Edisi ketiga belas. Jakarta: Erlangga
Kotler, Philip and Gary Amstrong. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edii13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller.(2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta: PT. Indeks.
Kristanto, J. (2016). Manajemen Pemasaran Internasional. Jakarta: Erlangga
Lupiyoadi dan Hamdani. 2011. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat
Mursid, M. 2014. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Oentoro, Deliyanti. 2010. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Laksbang Pressindo.
Putri, M. A., Rosmayani, & Rosmita. (2018). Analisis Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Saluran Distribusi Usaha Kecil Menengah (Ukm) (Survei Pada Kue Bangkit “Syempana” Di Kota Pekanbaru). Jurnal Valuta, 4(2), 116–137.
Priyanto, Agus, 2011, Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Orang Tua Siswa terhadap Layanan Pendidikan di Sekolah (Studi pada Sekolah Unggulan di Kabupaten Jombang), STKIP PGRI Jombang.
Roisah, R., Riana, D. 2016. “ Telaah Hubungan Citra Merek, Kualitas Produk dan Keputusan Pembelian Konsumen.” Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis. Vol. 4. No. 1
Setiadi, J. 2014. Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Kencana, Jakarta
Supriyanto dan kristiyanto, 2004. Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen melakukan pembelian air minum dalam kemasan (AMDK). (Studi Pada Mahasiswa Ekonomi Universitas Negeri Malang). Jurnal STIE IMBT, Vol.1, No.1 April, Surabaya.
Ghozali, Imam. (2008). Structural Equation Modelling, Edisi II, Universitas Diponegoro, Semarang.
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.
Schiffman, Leon dan Leslie Lazar Kanuk. 2008. Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Indeks.
Simamora, Bilson (2005). Analisis Mulivariat Pemasaran Edisi Pertama. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Strauss, Anselm dan Juliet Corbin. (2003). “Dasar-dasar Penelitian Kualitatif”. Yogyakarta : Pustaka Belajar.
Sumarwan, Ujang, 2011 Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran, Penerbit Ghalia Indonesia, Bogor.
Sunyoto, Danang. 2015. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Center for Academic Publishing Service (CAPS)
Suryani, & Hendryadi. (2015). Metode riset kuantitatif teori dan aplikasi pada penelitian bidang Manajemen dan Ekonomi Islam. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Sopiah & Sangadji, Etta Mamang. (2016). Salesmanship (Kepenjualan). Jakarta: PT Bumi Aksara
Swastha, Basu.2010. Manajemen Pemasaran : Analisa dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta. BPFE UGM
Tjiptono, Fandy. 2016. Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi
Wisadirana, Darsono. 2005. Metode penelitian & pedoman penulisan skripsi untuk ilmu social. Malang: UMM Press.
Wijayanti, T. (2018). Marketing Plan dalam bisnis (3rd ed.). Jakarta: PT Alex Media Komputido.
Yudhi Koesworodjati. 2006 Prinsip Dasar Manajemen Pemasaran, Bandung: FE UNPAS.
Zylstra, Krin D. 2006 “Lean Distribution” Jakarta: PPM