PENGARUH SOSIAL MEDIA MARKETING DAN ELECTRONIC WORD OF MOUNTH (E-WOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DI SHOPEE (STUDI KASUS PADA GENERASI Z DI KOTA KUPANG)

Main Article Content

Melinda Taebenu
Apriana H J Fanggidae
Yonas F Riwu
Ronald P C Fanggidae

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  apakah  sosial  media  marketing  dan  electronic  word  of  mouth  (E-WOM)  berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk di Shopee pada generasi Z di Kota Kupang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Untuk sampel pada penelitian ini terdapat 96 responden generasi Z di Kota Kupang. Analisis data yang digunakan meliputi, uji validitas, uji reliabilitas, uji mulltikolinearitas, uji heterokedastisitas, uji normalitas, uji regresi linier berganda, uji t, uji f, dan uji koefisien determinasi. Teknik analisis data pada  penelitian  ini  menggunakan  SPSS.  Hasil  penelitian  ini  menunjukkan (1) sosial  media  marketing secara parsial berpengaruh terhadap  keputusan  pembelian  produk di Shopee pada  generasi Z di Kota Kupang, (2) electronic word of  mouth  (E-WOM)  secara parsial berpengaruh terhadap  keputusan  pembelian  produk di Shopee  pada  generasi Z di Kota Kupang, (3) sosial  media  marketing  dan  electronic  word  of  mouth  (E-WOM) secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk di Shopee pada generasi Z di Kota Kupang.


Kata Kunci : Sosial Media Marketing, Electronic Word Of Mouth (E-WOM), Keputusan Pembelian

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Taebenu, M., Fanggidae, A., Riwu, Y., & Fanggidae, R. (2025). PENGARUH SOSIAL MEDIA MARKETING DAN ELECTRONIC WORD OF MOUNTH (E-WOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DI SHOPEE (STUDI KASUS PADA GENERASI Z DI KOTA KUPANG). GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 6(2), 627-637. https://doi.org/10.70581/glory.v6i2.18175
Section
Articles

References

Andika, F., & Nurbaiti, D. (2023). Pengaruh Social Media Marketing dan Electronic Word of Mouth (E-WOM) terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion di Marketplace Shopee (studi kasus pada Mahasiswa Institut STIAMI angkatan 2019). Jurnal Administrasi Bisnis, 3(11), 552–565.
Ayesha, I., Pratama, I. W. A., Hasan, S., Amaliyah, Effendi, N. I., Yusnanto, T., Diwyarthi, N. D. M. S., Utami, R. D., Firdaus, A., Mulyana, M., Fitriana, Norhidayati, & Egim, A. S. (2022). Digital Marketing (Tinjauan Konseptual). In Pt. Global Eksekutif Teknologi.
Dewi, N. M. P., Imbayani, I. G. A., & Ketut, R. P. (2021). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Yang Dimediasi E-Word of Mouth Pada Givanda Store Denpasar. Jurnal EMAS, 2(2), 28–42.
Fanggidae, R. P. C., Kurniawati, M., & Tulle, R. M. (2024). The influence of social media marketing on decisions to purchase la moringa products study on Instagram followers @ la _ moringantt.
Gunelius, S. (2011). 30-minute social media marketing. McGraw-Hill.
Hutajulu, E. T., Pardosi, M., & Siagian, N. (2023). Pengaruh Sosial Media Marketing Dan Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Maybelinne Pada Mahasiswi Universitas Hkbp Nommensen Medan. Jurnal Bisnis Corporate, 7(2), 52–65. https://doi.org/10.46576/jbc.v7i2.3038
Iksyanti, D. Z., & Hidayat, A. M. (2022). Pengaruh Social Media Marketing melalui Electronic Word Of Mouth pada Platform Tiktok terhadap Keputusan Pembelian di Shopee. YUME: Journal of Management, 5(2), 11–18. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.435
Inayati, T., Efendi, M. J., & Dewi, A. S. (2022). Pengaruh Digital Marketing, Electronic Word of Mouth, dan Lifestyle terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee Indonesia. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri Terapan, 1(3), 202–209. https://doi.org/10.55826/tmit.v1iiii.50
Lina, F. L., Putri, A. D., & Anggarini, D. R. (2021). Maksimalisasi Media Sosial untuk Meningkatkan Pendapatan dan Pengembangan Diri Generasi Z di MAN 1 Pesawaran. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 2(2), 37. https://doi.org/10.33365/jsstcs.v2i2.1180
Moy. Rafles. J, Antonio E. L. Nyoko dan, R. P. C. F. (2021). Pengaruh Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung. GLORY (Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial), Vol.2(No.2), 161–173. https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/glory/article/view/4819
Mubarak, M. F., & Basalamah, S. (2024). Pengaruh Digital Marketing, Brand Image, Dan Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Generasi Z di Kota Makassar. YUME: Journal of …, 7(1), 279–292.
Muskanan. Marla Frida, F. R. P. . and A. P. Y. (2022). THE INFLUENCE OF ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) ON THE INSTAGRAM FOLLOWERS VISITING DECISIONS AT 9D CINEMA FANTASY KUPANG TRADE CENTER (KTC) KUPANG CITY. International Journal of Advance and Innovative Research, 9(3).
Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer (Cet.1). Alfabeta.
Rusli, C. A., & Mulyandi, M. R. (2019). Pengaruh penggunaan media sosial, electronic word of mouth (ewom) terhadap keputusan pembelian konsumen dan dimediasi oleh kepercayaan. Library.Matanauniversity.Ac.Id, 149–158. https://doi.org/https://doi.org/10.33510/slki.2019.149-158
setiadi, N. J. (2003). Perilaku Konsumen (konsep dan implikasi untuk strategi dan penelitian pemasaran). Prenada Media.
Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori &Implementasi (FL.Sigit (ed.); 1st ed.). ANDI.