PENGARUH SOSIAL MEDIA MARKETING DAN ELECTRONIC WORD OF MOUNTH (E-WOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DI SHOPEE (STUDI KASUS PADA GENERASI Z DI KOTA KUPANG)
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah sosial media marketing dan electronic word of mouth (E-WOM) berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk di Shopee pada generasi Z di Kota Kupang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Untuk sampel pada penelitian ini terdapat 96 responden generasi Z di Kota Kupang. Analisis data yang digunakan meliputi, uji validitas, uji reliabilitas, uji mulltikolinearitas, uji heterokedastisitas, uji normalitas, uji regresi linier berganda, uji t, uji f, dan uji koefisien determinasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) sosial media marketing secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk di Shopee pada generasi Z di Kota Kupang, (2) electronic word of mouth (E-WOM) secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk di Shopee pada generasi Z di Kota Kupang, (3) sosial media marketing dan electronic word of mouth (E-WOM) secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk di Shopee pada generasi Z di Kota Kupang.
Kata Kunci : Sosial Media Marketing, Electronic Word Of Mouth (E-WOM), Keputusan Pembelian
Downloads
Article Details
References
Ayesha, I., Pratama, I. W. A., Hasan, S., Amaliyah, Effendi, N. I., Yusnanto, T., Diwyarthi, N. D. M. S., Utami, R. D., Firdaus, A., Mulyana, M., Fitriana, Norhidayati, & Egim, A. S. (2022). Digital Marketing (Tinjauan Konseptual). In Pt. Global Eksekutif Teknologi.
Dewi, N. M. P., Imbayani, I. G. A., & Ketut, R. P. (2021). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Yang Dimediasi E-Word of Mouth Pada Givanda Store Denpasar. Jurnal EMAS, 2(2), 28–42.
Fanggidae, R. P. C., Kurniawati, M., & Tulle, R. M. (2024). The influence of social media marketing on decisions to purchase la moringa products study on Instagram followers @ la _ moringantt.
Gunelius, S. (2011). 30-minute social media marketing. McGraw-Hill.
Hutajulu, E. T., Pardosi, M., & Siagian, N. (2023). Pengaruh Sosial Media Marketing Dan Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Maybelinne Pada Mahasiswi Universitas Hkbp Nommensen Medan. Jurnal Bisnis Corporate, 7(2), 52–65. https://doi.org/10.46576/jbc.v7i2.3038
Iksyanti, D. Z., & Hidayat, A. M. (2022). Pengaruh Social Media Marketing melalui Electronic Word Of Mouth pada Platform Tiktok terhadap Keputusan Pembelian di Shopee. YUME: Journal of Management, 5(2), 11–18. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.435
Inayati, T., Efendi, M. J., & Dewi, A. S. (2022). Pengaruh Digital Marketing, Electronic Word of Mouth, dan Lifestyle terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee Indonesia. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri Terapan, 1(3), 202–209. https://doi.org/10.55826/tmit.v1iiii.50
Lina, F. L., Putri, A. D., & Anggarini, D. R. (2021). Maksimalisasi Media Sosial untuk Meningkatkan Pendapatan dan Pengembangan Diri Generasi Z di MAN 1 Pesawaran. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 2(2), 37. https://doi.org/10.33365/jsstcs.v2i2.1180
Moy. Rafles. J, Antonio E. L. Nyoko dan, R. P. C. F. (2021). Pengaruh Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung. GLORY (Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial), Vol.2(No.2), 161–173. https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/glory/article/view/4819
Mubarak, M. F., & Basalamah, S. (2024). Pengaruh Digital Marketing, Brand Image, Dan Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Generasi Z di Kota Makassar. YUME: Journal of …, 7(1), 279–292.
Muskanan. Marla Frida, F. R. P. . and A. P. Y. (2022). THE INFLUENCE OF ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) ON THE INSTAGRAM FOLLOWERS VISITING DECISIONS AT 9D CINEMA FANTASY KUPANG TRADE CENTER (KTC) KUPANG CITY. International Journal of Advance and Innovative Research, 9(3).
Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer (Cet.1). Alfabeta.
Rusli, C. A., & Mulyandi, M. R. (2019). Pengaruh penggunaan media sosial, electronic word of mouth (ewom) terhadap keputusan pembelian konsumen dan dimediasi oleh kepercayaan. Library.Matanauniversity.Ac.Id, 149–158. https://doi.org/https://doi.org/10.33510/slki.2019.149-158
setiadi, N. J. (2003). Perilaku Konsumen (konsep dan implikasi untuk strategi dan penelitian pemasaran). Prenada Media.
Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori &Implementasi (FL.Sigit (ed.); 1st ed.). ANDI.