PENGARUH BRAND IMAGE DAN GAYA HIDUP HEDONIS TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA PRODUK FASHION PADA GENERASI Z DI KOTA KUPANG

Main Article Content

Ananta Melvino Pandie
Christien C Foenay
Dominikus K T Aman
Paulina Y Amtiran

Abstract

Brand image dan gaya hidup hedonis memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli konsumen, terutama dalam konteks produk fashion. Brand image yang kuat dan positif mampu menarik minat beli konsumen dengan menciptakan asosiasi nilai, status sosial, dan identitas yang sesuai dengan preferensi mereka. Di sisi lain, gaya hidup hedonis mendorong konsumen untuk melakukan pembelian yang lebih konsumtif dan impulsif, terutama terhadap produk-produk yang dianggap dapat meningkatkan status sosial dan memberikan kepuasan pribadi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah pengaruh Brand Image dan Gaya Hidup Hedonis terhadap minat beli produk fashion pada Generasi Z di Kota Kupang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Asosiatif, yang dikumpulkan dari responden dengan menggunakan kuesioner dengn sampel sebanyak 100 orang. Hasil penelitian menunjukkan Brand Image berpengaruh secara signifikan terhadap Minat Beli Generasi Z di Kota Kupang pada produk fashion. Gaya Hidup Hedonis berpengaruh secara signifikan terhadap Minat Beli Generasi Z di Kota Kupang pada produk fashion. Brand Image dan Gaya Hidup Hedonis secara simultan berpengaruh terhadap Minat Beli, yang berarti suatu produk fashion yang memiliki citra yang baik dari segi perusahaan, produk dan pemakai. Maka akan memiliki kemampuan untuk menarik minat beli dari konsumen. Selanjutnya, gaya hidup hedonis seseorang dapat meningkatkan minat belinya. Dalam konteks ini, brand image dan gaya hidup hedonis adalah dua faktor penting yang dapat berkontribusi pada minat beli produk fashion pada Generasi Z di Kota Kupang.


Kata Kunci : Brand Image, Gaya Hidup Hedonis, dan Minat Beli

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Pandie, A., Foenay, C., Aman, D., & Amtiran, P. (2025). PENGARUH BRAND IMAGE DAN GAYA HIDUP HEDONIS TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA PRODUK FASHION PADA GENERASI Z DI KOTA KUPANG. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 6(3), 737-743. https://doi.org/10.70581/glory.v6i3.18348
Section
Articles

References

Aaker, A. D., & Biel, A. L. (2020). Brand Equity and Advertising: Advertising Role in Building Strong Brand. Hillsdale: Lawrence Erlbaum Associates.
Alsabiyah, T., Hidayat, K., & Fanani, D. (2019). Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Mahasiswa/Mahasiswi Universitas Brawijaya Yang Menggunakan Sepatu Sneakers Merek Converse). Jurnal Administrasi Bisnis.
Ferdinand, A. (2014). Pengembangan Minat Beli Merek Ekstensi. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kotler, Philip, & Keller, K. L. (2016). Marketing Management 15 Th Edition Pearson Education. Inc.
Kotler dan Amstrong. (2016). Dasar-dasar Pemasaran Dasar-dasar Pemasaran.Jilid 1 (Edisi Kese). Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. (2019). Manajemen Pemasaran (Edisi Milenium). Erlangga.
Kurniawan, G. (2020). Pengaruh Celebgram Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Konsumen Secara Online Pada Media Sosial Instagram Produk Erha Clinic Di Surabaya. Jurnal MEBIS (Manajemen Dan Bisnis), 5(1), 39–47.
Nadzir, M., & Ingarianti, T. M. (2015). Psychological meaning of money dengan gaya hidup hedonis remaja di kota malang. Psikologi Forum UMM, ISBN: 978-979-796-324-8.
Setiawan, D., Adri, E. V., & M. (2021). Relationship of Conformity with Adolescent Impulsion Buying Behavior on Fashion Products in Marketplace with Self-Control as a Moderating Variable. TAZKIYA: Journal of Psychology, 9(2), 133–143.
Sudarsih, S. (2007). Konsep Hedonisme Epikuros Dan Situasi Indonesia MasaKini. Universitas Diponegoro.