PENGARUH STRATEGI CO-BRANDING DAN FAKTOR PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN KONSUMEN PADA PLATFROM DIGITAL GRAB DAN OVO DI KOTA KUPANG

Main Article Content

Benyamin Yaris
Yosefina K I D D Dhae
Yonas F Riwu
Ronald P C Fanggidae

Abstract

Abstrak penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi co-branding dan faktor psikologias terhadap keputusan penggunaan konsumen pada platform digital Grab dan OVO di Kota Kupang. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada pengguna platform digital Grab dan OVO di Kota Kupang dengan rumus Lemeshow diperoleh 100 responden dengan menggunakan teknik random sampling, teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada 100 responden pengguna platform digital Grab dan OVO di Kota Kupang. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial strategi co-branding berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan konsumen, serta faktor psikologis berpegaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan konsumen. Sementara itu hasi pengujian secara simultan strategi co-branding dan faktor psikologis berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan penggunaan konsumen pada pengguna platform digital Grab dan OVO di Kota Kupang.


Kata Kunci :   Strategi Co-Branding, Faktor Psikologis dan Keputusan Penggunaan Konsumen

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Yaris, B., Dhae, Y., Riwu, Y., & Fanggidae, R. (2025). PENGARUH STRATEGI CO-BRANDING DAN FAKTOR PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN KONSUMEN PADA PLATFROM DIGITAL GRAB DAN OVO DI KOTA KUPANG. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 6(4), 971-984. https://doi.org/10.70581/glory.v6i4.18822
Section
Articles

References

Abdillah, A., & Khaulani, F. (2022). Hubungan Strategi Co-Branding terhadap Keputusan Penggunaan Konsumen. Jurnal Pemasaran & Manajemen, 5(3), 45-60
Achmad., Z. 2009. Aplikasi Pemasaran dan Salesmanship. Jakarta: Mitra Wacana Media
Andari., Atik., T., Elmi., R., A., & Putranti., E. (2020). Implementasi Aplikasi OVO Melalui Grab Untuk Meningkatkan Pendapatan (Studi Pada Merchant Di Kota Kediri). Seminar Nasional Gabungan Bidang Sosial - Polinema 2020, 203–212.
Katadata (2022) Survei Dailysocial OVO Jadi Dompet Digital Paling Banyak Dipakai Masyarakat, Databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/01/12.
Kusuma, M., & Subari, F., A. 2021. “Pengaruh Co-branding Terhadap Keputusan Pembelian Produk Coklat.” Wahana 73(1):71–76. doi: 10.36456/wahana.v73i1.3617.
Kurniawan., A., Suryoko, S., & Listyorini, S. 2013. “Pengaruh Strategi Co-branding, Brand equity Terhadap Purchase Intention Melalui Brand Preference.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9)
Keller., K., L (2013): "Co-Branding Dapat Menciptakan Sinergi Di Mana Nilai Gabungan Dari Merek-Merek Tersebut Lebih Besar Daripada Jumlah Nilai Masing-Masing Merek Secara Individual."
Kotler, P. & Keller, K, L. 2016. Manajemen Pemasaran. Edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing (17th ed.). Pearson.
Nurhalim, A., D. 2019. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Pengguna OVO Pada GRAB.” Bina Manjemen 8:58–73.
Oktalia, J., A., Firdonsyah, M., Ali, A., P., Widodo, & R., R., Isnanto. 2022. “Studi Literatur Platform Digital Sebagai Sarana Pembangunan Ekosistem Dalam Mengembangkan UMKM.” INFORMAL: Informatics Journal 7(1):59.
Peter, J., P., & Olson., C., J., 2000, Consumer Behavior: Perilaku Konsumen Dan Strategi Pemasaran. Edisi 4. Jilid 2. Penerbit Erlangga. Jakarta.
Pramiawat., N., L., P., A., W., Aulia., P. (2022) Pengaruh Strategi Co-Branding Produk Susu Uht Cimory Rasa Biskuit Marie Regal Terhadap Keputusan Pembelian Di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi. 6(2).
Rangkuti, F. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Raharja, S. W. (2013). Pengaruh Psikologi Konsumen terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada PT. Winnertech Lintas Nusa) (Doctoral dissertation, Brawijaya University).
Schiffman, L. G., Kanuk, L. L., & Wisenblit, J. (2010). Consumer behavior. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Simamora, B. 2008. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumarno, S. (2009). Analisis Pengaruh Book Value Per Share terhadap Harga Saham Perusahaan di Bursa Efek Jakarta (Studi Kasus Perusahaan Kelompok Lq-45). Cermin, 35, 1-8.