ANALISIS STRATEGI PEMASARAN JASA KOPERASI BERBASIS DIGITAL (Studi Kasus Pada KSP CitraHidupTribuanaKalabahi)

Main Article Content

Adigama F Laukamang
Petrus E. de Rozari
Welhelmina M. Ndoen
Rolland E. Fanggidae

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran jasa simpan pinjam berbasis digitalisasi yang dilakukan (KSP) Citra Hidup Tribuana Kalabahi.. Penelitian inimenggunakan pendekatan kualitatif yaitu strategi meneliti yang lebih banyak memanfaatkandanmengumpulkaninformasisecaramendalamterhadapfenomenayangditeliti.HasilPenelitianmenunjukanPemasaranjasasimpanpinjammerupakanunitusahayangdikembangkan oleh ksp citra hidup tribuana kalabahi sejak tahun 2007 hingga kini tahun2024. Untuk mendukung pemasaran produk simpan pinjam yanglebih baikmaka pihakkoperasi citra hidup tribuana kalabahi bekerja sama denganpihak perbankan yang ada dikalabahiantaralainbankBNI,bankBRIdanbankNTTdalamhaliniterkaitdenganpembayaran cicilan pinjaman oleh nasabah selain dilakukan di koperasi juga dapat dilakukanmelalui bank yang bekerja sama dengan koperasi melalui penerapan digitalisasi dalam hal iniaplikasi Cubiz Pay. Terdapat kendala dalam pemasaran jasa simpan pinjam KSP Citra HidupTribuana Kalabahi hingga kini yakni terkait dengan adanya kelalaian dalam pengembalianpinjaman oleh anggota maupun calon anggota dan juga belum meleknya anggota koperasidalam penerapan digitalisasi pemasaran jasa simpan pinjam ini yang memberi dampak padamenurunnya pendapatan yang diperoleh dan kurang lancarnya penggunaan digitalisasi padakoperasi.


KataKunci:Strategi Pemasaran,Jasa Koperasi, Digitalisasi

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Laukamang, A., de Rozari, P., Ndoen, W., & Fanggidae, R. (2025). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN JASA KOPERASI BERBASIS DIGITAL (Studi Kasus Pada KSP CitraHidupTribuanaKalabahi). GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 6(4), 999-1007. https://doi.org/10.70581/glory.v6i4.18825
Section
Articles