ANALISIS SUPPLY CHAIN MANAGEMENT (SCM) DALAM MENINGKATKAN KELANGSUNGAN BISNIS PADA TOKO GARDENA KOTA SO’E
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aliran supply chain management (SCM) dalam meningkatkan keberlangsungan bisnis pada Toko Gardena So’e.. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data yang dikumpulkan melewati tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaku rantai pasok (supply chain) terdiri dari Distributor, Toko Gardena, Pengecer, dan Konsumen. Untuk Aliran Barang dan Aliran Uang sudah berjalan dengan baik, sedangkan Aliran informasi antara Toko Gardena dan Pengecer belum berjalan dengan baik karena ketika Pengecer melakukan pembelian terkadang masih terdapat produk dari Toko Gardena yang habis saat Pengecer ingin membeli produk. Kendala ini menunjukan adanya masalah dalam pengadaan produk, toko gardena belom bisa membaca permintaan pasar sehingga produk terkadang mengalami kehabisan stok. Hal yang sama pun terjadi antara Toko Gardena dan konsumen karena konsumen juga mempunyai hak yang sama dengan Pengecer, hanya yang membedakan adalah jumlah produk yang dibeli. Aliran informasi antara Toko Gardena dan Konsumen belom berjalan dengan baik, Karena toko belum bisa membaca permintaan pasar dan kebutuhan konsumen dengan baik sehingga terkadang masih terjadi kehabisan stok. Dengan menerapkan manajemen rantai pasok dapat membantu Toko Gardena dalam meningkatkan efisiensi, kualitas dan responsivitas dalam rantai pasokan. Selain itu manajemen rantai pasokan (supply chain management) juga berkontribusi terhadap keberlanjutan bisnis dan peningkatan produktivitas serta profitabilitas.
Kata Kunci : Supply Chain, Aliran, Keberlangsungan Bisnis
Downloads
Article Details
References
Hanlon, A., & Tuten, T. L. (Eds.). (2022). The SAGE handbook of social media marketing. Sage.
Indrajit, R.E dan Djokopranoto, R. (2002). Konsep Manajemen Supply Chain :Strategi Mengelola Manajemen Rantai Pasokan Bagi Perusahaan Modern diIndonesia. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Kotler, Amstrong. 2001. Prinsip-prinsip pemasaran, Edisi keduabelas, Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Kotler, P. and Keller, Kevin L. 2016: Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.
Martinus, H. (2011). Analisis industri retail nasional. Humaniora, 2(2), 1309-1321.
Oentoro, Deliyanti. (2010). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: LaksBang Pressindo.
Pujawan, I. N., & Mahendrawathi, E. R. (2010). Supply chain management Surabaya: Guna Widya.
Widayanti, R., Damayanti, R., & Marwanti, F. (2017). Pengaruh financial literacy terhadap keberlangsungan usaha (business sustainability) pada umkm desa jatisari. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 18(2), 153-163.