PENGARUH TERPAAN IKLAN MEDIA LUAR RUANG, PROMOSI PENJUALAN, DAN PERSEPSI TENTANG ASOSIASI MEREK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PENGGUNA XL AXIATA DI KOTA KUPANG
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Terpaan Iklan Media Luar Ruang, Promosi Penjualan, Persepsi Konsumen tentang Asosiasi Merek berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan pada pengguna XL Axiata di Kota Kupang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Penelitian ini dilakukan pada pengguna di Kota Kupang dengan jumla XL Axitata di Kota Kupang, sampel 100 orang dengan menggunakan rumus lemeshow serta teknik random sampling. Jenis data dalam penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, dan analisis regresi linear berganda. Hasil penellitian Terpaan iklan media luar ruang dan promosi penjualan tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan XL Axiata di Kota Kupang, sementara persepsi tentang asosiasi merek memiliki pengaruh positif dan signifikan, dengan ketiga faktor secara simultan membentuk pengalaman pelanggan yang mendukung loyalitas.
Kata Kunci : Terpaan Iklan Media Luar Ruang, Promosi Penjualan, Asosiasi Merek dan Loyalitas Pelanggan
Downloads
Article Details
References
Kotler, P. & Amstrong. (2018). Principle of Merketing (17th ed.). Pearson Education.
Kotler, P. & K. (2022). Marketing Management (16th ed.). Pearson Education.
Kotler, P. &. Keller, K.L (2016). Manajemen Pemasaran Edisi 12 . Jakarta: Erlangga.
Peter, J. P. & Olson, J. C. (2014). Perilaku Konsumen & Strategi Pemasaran. In 2 (9th ed., p. 111). Salemba Empat.
Putera, R.M., & Diansyah, D. (2017). Pengaruh Ekuitas Merek dan Promosi Penjualan terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Keputusan Pembelian. Media Ekonomi dan Manajemen, 32(2). Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Semarang.
Shimp, T. A. (2016). Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Perilklanan dan Promosi. Salemba Empat.