PENGARUH TERPAAN IKLAN MEDIA LUAR RUANG, PROMOSI PENJUALAN, DAN PERSEPSI TENTANG ASOSIASI MEREK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PENGGUNA XL AXIATA DI KOTA KUPANG

Main Article Content

Aprilia Magdalena Fallo
Ronald P C Fanggidae
Dominikus K T Aman
Christien C Foenay

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Terpaan Iklan Media Luar Ruang, Promosi Penjualan, Persepsi Konsumen tentang Asosiasi Merek berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan pada pengguna XL Axiata di Kota Kupang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Penelitian ini dilakukan pada pengguna di Kota Kupang dengan jumla XL Axitata di Kota Kupang, sampel 100 orang dengan menggunakan rumus lemeshow serta teknik random sampling. Jenis data dalam penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, dan analisis regresi linear berganda. Hasil penellitian Terpaan iklan media luar ruang dan promosi penjualan tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan XL Axiata di Kota Kupang, sementara persepsi tentang asosiasi merek memiliki pengaruh positif dan signifikan, dengan ketiga faktor secara simultan membentuk pengalaman pelanggan yang mendukung loyalitas.


Kata Kunci : Terpaan Iklan Media Luar Ruang, Promosi Penjualan, Asosiasi Merek dan Loyalitas Pelanggan

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Fallo, A., Fanggidae, R., Aman, D., & Foenay, C. (2025). PENGARUH TERPAAN IKLAN MEDIA LUAR RUANG, PROMOSI PENJUALAN, DAN PERSEPSI TENTANG ASOSIASI MEREK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PENGGUNA XL AXIATA DI KOTA KUPANG. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 6(4), 1251-1258. https://doi.org/10.70581/glory.v6i4.19525
Section
Articles

References

Christiyanto, D. F., Nugroho, A., Yulianto, M., & Naryoso, A. (2015). Hubungan Intensitas Terpaan Iklan Media Luar Ruang dan Persepsi tentang Asosiasi Merek dengan Loyalitas Konsumen untuk Menggunakan Kartu Indosat IM3. Interaksi Online, 3(4). Tersedia di https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/9216.
Kotler, P. & Amstrong. (2018). Principle of Merketing (17th ed.). Pearson Education.
Kotler, P. & K. (2022). Marketing Management (16th ed.). Pearson Education.
Kotler, P. &. Keller, K.L (2016). Manajemen Pemasaran Edisi 12 . Jakarta: Erlangga.
Peter, J. P. & Olson, J. C. (2014). Perilaku Konsumen & Strategi Pemasaran. In 2 (9th ed., p. 111). Salemba Empat.
Putera, R.M., & Diansyah, D. (2017). Pengaruh Ekuitas Merek dan Promosi Penjualan terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Keputusan Pembelian. Media Ekonomi dan Manajemen, 32(2). Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Semarang.
Shimp, T. A. (2016). Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Perilklanan dan Promosi. Salemba Empat.