ANALISIS LAPORAN ARUS KAS PADA KOPERASI KREDIT SOLIDARITAS SANTA MARIA ASSUMPTA KUPANG

Main Article Content

Golda J Y Eoh
Wehelmina M Ndoen
Paulina Y Amtiran

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektifitas Laporan Arus Kas pada Koperasi Kredit Solidaritas Santa Maria Assumpta periode tahun 2017-2019 dengan menggunakan rasio arus kas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi.. teknik analisis data yang digunakan adalah perhitungan rasio arus kas yang terdiri dari 5 rasio yakni, Rasio Arus Kas Operasi (AKO), Rasio Total Hutang (TH), Rasio Cakupan Kas Terhadap Bunga (CKB),  Rasio Kecukupan Arus Kas (KAK), dan  Rasio Arus Kas Bersih Bebas (AKBB). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar rasio arus kas dalam kondisi tidak efektif. Pada tahun 2017, 2018, dan 2019, 3 rasio dikatakan tidak efektif yaitu Rasio Arus Kas Operasi (AKO), Rasio Total Hutang (TH), dan Rasio Kecukupan Arus Kas karena tidak memenuhi standar sedangkan 2 rasio lainnya yaitu Rasio Cakupan Kas Terhadap Bunga (CKB) dan Rasio Arus Kas Bersih Bebas (AKBB) dikatakan efektif karena dapat memenuhi standar yang ditentukan.


Kata Kunci : Arus kas bersih bebas, Arus kas operasi, Cakupang kas terhadap   bunga,   Kecukupan arus kas, Laporan arus kas , Total hutang.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Eoh, G., Ndoen, W., & Amtiran, P. (2021). ANALISIS LAPORAN ARUS KAS PADA KOPERASI KREDIT SOLIDARITAS SANTA MARIA ASSUMPTA KUPANG. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 2(1), 1-18. https://doi.org/10.35508/glory.v2i1.4712
Section
Articles