PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO BUKU SUCI KUPANG

Main Article Content

Maria Leonilda N Wona
Tarsisius Timuneno
Apriana H J Fanggidae

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pengaruh dari bauran pemasaran (produk, harga, tempat dan promosi) secara parsial dan secara simultan terhadap keputusan pembelian pada Toko Buku Suci Kupang. Penelitian ini tergolong sebagai penelitian asosiatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen yang berbelanja pada Toko Buku Suci Kupang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 72 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik accidental sampling Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, kuesioner, observasi, wawancara, dan studi pustaka. Teknik Analisis data pada peneliaan ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial produk tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan  harga, tempat dan promosi berpengaruh signifiakan terhadap leputusan pembelian pada Toko Buku Suci Kupang. Hasil uji  F  menunjukkan bahwa produk, harga, tempat, dan promosi berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian pada Toko Buku Suci Kupang.


Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Keputusan Pembelian

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Wona, M., Timuneno, T., & Fanggidae, A. (2021). PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO BUKU SUCI KUPANG. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 2(1), 63-77. https://doi.org/10.35508/glory.v2i1.4729
Section
Articles

References

Ali, Hasan, 2013, Marketing Dan Kasus-Kasus Pilihan.Yogyakarta. CAPS (Center For Academic Publishing Service).
Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Press.
Daryanto. 2011. Manajemen Pemasaran. Bandung: PT: Sarana Tutorial Nurani Sejahterah.
Gaibi, Rijalul.2016. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian (Study Pada Pelanggan PT Charson Timorland Estate Kupang). Skripsi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Nusa Cendana Kupang.
Fanggidae, R. P., Nyoko, A. E., & Laiskodat, J. W. (2020, December). The Effect of Marketing Mix on Decision to Become Customers of Bank Pembangunan Daerah (BPD) NTT Kupang. In 5th International Conference on Tourism, Economics, Accounting, Management and Social Science (TEAMS 2020) (pp. 454-461). Atlantis Press.
M. Guntur, Effendi. 2010. Transformasi Manajemen Pemasaran. Jakarta: Sagung Seto.
Jhon C. Mowen, Michael Minor. 2002. Perilaku Konsumen. Erlangga. Jakarta.
Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran, Edisi Millennium, Jilid 2, PT. Prenhalindo, Jakarta.
----------, 2013. Manajemen Pemasaran, Jilid Kedua, Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip Dan Amstrong, Gary. 2005. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta, Erlangga.
----------,. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. (Alih Bahasa Bob Seran)
----------, 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi. 13, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
----------, 2018. Priciplea Of Marketing. Edisi 15 Global Edition. Pearson.
Madura, Jeff. 2001. Pengantar Bisnis. Jakarta, Salemba Empat.
Morissan. 2012. Metode Penelitian Survie. Jakarta :Kencana Prenada Media Group.
Muslim Ikhwanuddin Muhammad.2011. Analisis Pengaruh Merchandise, Promosi, Atmosfir Dalam Gerai, Pelayanan Ritel, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian(Studi Kasus Pada Toko Buku Gramedia Pandanaran Kota Semarang, Skripsi Fakultas Ekonomi, Universitas Diponegoro Semarang.
Pertiwi Intan Marina, Yulianto Edy Dan Sunarti.2016.Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Baker’s King Donuts & Coffee Di Mx Mall Malang).Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang.Jurnal Administrasi Bisnis (Jab) Vol. 37 No. 1 Agustus 2016.
S.A. Surachman. Dasar - Dasar Manajemen Merek. 2008. Alat Pemasaran Untuk Memenangkan Persaingan, Malang.
Saladin, Djaslim, (2006, Manajemen Pemasaran, Edisi Keempat, Bandung : Linda Karya.
Setiawan Wilson Dan Drs. Sugiharto Sugiyono M.M.2014. Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Toyota Avanza Tipe G Di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Vol2, No 1 (2014) Jurnal Strategi Pemasaran. Program Manajemen Pemasaran, Universitas Kristen Petra Surabaya.
Sihombing, Oktina, Yenny. 2013 Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap keputusan Pembelian Pada Toko Buku Gramedia Santika Dyandra Medan. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara: Medan. (dipublikasikan).
Sumarni, Murti Dan Jhon Soeprihanto. 2010. Pengantar Bisnis (Dasar-Dasar Ekonomi Perusahaan). Edisi Ke 5. Yogyakarta: Libert Yogyakarta.
Suryadana, M. Liga Dan Octavia. Vanny. 2015. Pengantar Pemasaran Pariwisata, Bandung, Penerbit Alfabeta.
Swasta, Basu Dan Handoko, Hani. 2000. Manajemen Pemasaran: Analisa Perilaku Konsumen. Edisi Pertama. Bpfe Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy. 2006. Manajemen jasa. Edisi pertama. Andi: Yogyakarta.
--------, 2008. Strategi Pemasaran. Edisi 13. Andi: Yogyakarta.
Wangko Christine Mega. 2013.Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Panther Pada PT. Astra Internasional – Izuzu Manado.Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Samratulangi Manado.Jurnal Emba 541vol.1 No.3 Juni 2013, Hal.541-549.
Widjaja, Amin. 2005. Tanya Jawab: Perilaku Konsumen Dan Pemasaran Strategi.
Jakarta: Harvarindo.