PENGARUH PROMOSI WISATA TERHADAP MINAT BERKUNJUNG WISATAWAN DOMESTIK PADA OBJEK WISATA KELABBA MADJA KABUPATEN SABU RAIJUA

Main Article Content

Lenox Mata Ratu
Apriana H J Fanggidae
Rolland E Fanggidae
Sari A Natonis

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi pariwisata terhadap minat berkunjung wisatawan nusantara di objek wisata Kelabba Madja Kabupaten Sabu Raijua. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana. Responden penelitian berjumlah 100 orang dan pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Untuk data pendukung dilakukan wawancara dan observasi lapangan. Temuan dalam penelitian ini adalah promosi pariwisata berpengaruh signifikan terhadap minat kunjungan wisatawan nusantara ke Kelabba Madja. Keterbatasan penelitian ini adalah ruang lingkup pembahasan yang sempit dan dilakukan pada saat Covid-19 terjadi. Manfaat penelitian ini adalah sebagai informasi ilmiah bagi pemerintah daerah untuk mengkaji kebijakan pengelolaan pariwisata khususnya objek wisata Kelabba Madja dan sebagai bahan kajian pagi bagi mahasiswa pemasaran dan pariwisata.


Kata Kunci       :           Promosi, Pariwisata, dan Minat Berkunjung

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ratu, L., Fanggidae, A., Fanggidae, R., & Natonis, S. (2022). PENGARUH PROMOSI WISATA TERHADAP MINAT BERKUNJUNG WISATAWAN DOMESTIK PADA OBJEK WISATA KELABBA MADJA KABUPATEN SABU RAIJUA. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 3(3), 189 - 196. https://doi.org/10.35508/glory.v3i3.9560
Section
Articles

References

Albarq, A. N. (2014). Measuring The Impacts Of Online Word-Of-Mouth On Tourists’Attitude And Intentions To Visit Jordan: AnnEmpirical Study. InternationalBusiness Research, 7(1), 14.
Azwar, Saifuddin. (2000). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Bachtiar, M. Latief dan Arif Wibowo. (2016). Pengaruh Strategibauran Pemasaran Terhadap Minat Berkunjung Kembali Di Objek Wisata Pantai Kabupaten Gunungkidul(Studi Pada Mahasiswa Strata 1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. 40-49.
Basu Swstha Dharmestha, dan T. Hani Handoko, (2008), Manajemen Pemasaran: Analisa Perilaku Konsumen, edisi pertama, cetakan keempat, Yogyakarta: Penerbit BPFE.
Fanggidae, A. H. (2018). Strategi Industri Pariwisata Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Di Nusa Tenggara Timur. Journal Of Management Small and Medium Entreprises (SME’s), 7(2), 287-300.
Ghozali, Imam. (2006). Statistik Nonparametrik. Badan Penerbit UNDIP Semarang.
Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit UNDIP Semarang.
Ghozali, Imam. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program 21 update PLS Regresi. Badan Penerbit UNDIP Semarang.
Handayani, Estu dan Mohamad Dedi. (2017). Pengaruh Promosi Wisata Bahari Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Peningkatan Jumlah Kunjungan Wisatawan Di Pelabuhan Muncar Bayuwangi. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil 7(2): 151-160.
Kasim, A., Besie, J. L., & Nyoko, A. E. (2017). Strategi Promosi Pariwisata Kota Kupang melalui Pembuatan Media Katalog Wisata. Journal of Management Small and Medium Enterprises (SMEs), 4(1), 71-90.
Kotler, Armstrong. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip. (2008). Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. Jakarta: Indeks
Santoso, Singgih. (2000). SPSS: Mengelola Data Statistik Secara Profesional Versi 7.5. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Sugiyono. (2004). Metode Penelitian Bisnis cetakan ketujuh. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2007). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta
Triyono, Joko, Damiasih dan Syawal Sudiro. (2018).Pengaruh Daya Tarik Dan Promosi Wisata Terhadap Kepuasan Pengunjung Kampoeng Wisata Di Desa Melikan Kabupaten Klaten.Jurnal Ilmiah Keoariwisataan 12(1): 29-40.
Wiradipoetra, Faikar Adam dan Erlangga Brahmanto. (2016). Analisis persepsi wisatawan mengenai penurunan kualitas daya tarik wisata terhadap minat berkunjung. Ejournal.bsi.ac.id. III(2): 129-137.

Sumber Internet
https://news.detik.com/kolom/d-3886618/data-target-dan-implementasi-sektor-pariwisataData, Target, dan Implementasi Sektor Pariwisata Agus Pambagio – detikNews Senin, 26 Feb 2018 15:20 WIB
https://bali.bisnis.com/read/20190627/537/938366/ntt-maksimalkan-potensi-1.181-objek-wisataNTT Maksimalkan Potensi 1.181 Objek Wisata 27 Juni 2019 | 11:29 WIB Miftahul Ulum
https://www.antaranews.com/berita/1027740/ntt-targetkan-kontribusi-pariwisata-terhadap-pdrb-094-persen NTT targetkan kontribusi pariwisata terhadap PDRB 0,94 persen Sabtu, 24 Agustus 2019 10:15 WIB Aloysius Lewokeda
https://kupang.antaranews.com/berita/10011/Kelabba-maja-juara-i-api-2018Kelabba Maja, juara I API 2018Jumat, 16 November 2018 12:56 WIBAloysius Lewokeda