PENGARUH PROMOSI, HARGA, DAN MOTIF BELANJA HEDONIS TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF PENGGUNA SHOPEE (STUDY PADA MAHASISWA FEB UNDANA)

Main Article Content

Nindy M S Maley
Ronald P C Fanggidae
Merlyn Kurniawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh promosi, harga. Dan motif belanja hedonis terhadap perilaku pembelian impulsif secara online. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa FEB Undana pengguna shopee. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, sampel yang digunakan adalah 100 reponden. Penelitian menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara persial variabel promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku pembelian impulsif secara online, sedangkan harga, dan motif belanja hedonis berpengaruh signifikan terhadap perilaku pembelian impulsif secara online. Secara simultan promosi, harga, dan motif belanja hedonis berpengaruh signifikan terhadap perilaku pembelian impulsif secara online.


Kata kunci : pembelian impulsif, promosi, motif belanja hedonis

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Maley, N., Fanggidae, R., & Kurniawati, M. (2022). PENGARUH PROMOSI, HARGA, DAN MOTIF BELANJA HEDONIS TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF PENGGUNA SHOPEE (STUDY PADA MAHASISWA FEB UNDANA). GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 3(2), 123-141. https://doi.org/10.35508/glory.v3i2.7718
Section
Articles

References

Agus, T. H. (2020). Riset: Ada 175,2 Juta Pengguna Internet di Indonesia. Inet.Detik.Com. https://inet.detik.com/cyberlife/d-4907674/riset-ada-1752-juta-pengguna-internet-di-indonesia
Bagus, D. (2010). E-Commerce: Definisi, Jenis, Tujuan, Manfaat dan Ancaman Menggunakan E-Commerce. Diakses Dari Http://Jurnalsdm. Blogspot. Com/2009/08/Ecommerse-Definisi-Jenistujuan. Html.
Bakti, S. (2016). Faktorfaktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Minat Impulse Buying Pada Gerai Alfamart. Journal of Business Research, 139–147.
Barkatullah, A. H., & Prasetyo, T. (2005). Bisnis e-commerce: studi sistem keamanan dan hukum di Indonesia.
Ena, M. Y., Nyoko, A. E., & Ndoen, W. M. (2019). Pengaruh persepsi harga, kualitas pelayanan, lokasi dan word of mouth terhadap keputusan pembelian di Chezz Cafenet. Journal of Management Small and Medium Enterprises (SMEs), 10(3), 299-310.
Engel, S., Pagiola, S., & Wunder, S. (2008). Designing payments for environmental services in theory and practice: An overview of the issues. Ecological Economics, 65(4), 663–674.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23 (VIII). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gitosudarmo, I. (2000). Manajemen Pemasaran. BPFE,Yogyakarta., Cetakan 6.
Guntur, E. M. (2010). Transformasi Manajemen Pemasaran. Jakarta: Sagung Seto.
Himawan, Z. (2017). Statistika Inferensial. Mahasiswa.Unimus.Ac.Id. http://himawanz1.mahasiswa.unimus.ac.id/2017/01/01/statistika-inferensial/
Indraswari, G. R., & Martono, S. (2017). Pengaruh Promosi Terhadap Impuls Buying Dengan Gender Sebagai Variabel Dummy. Management Analysis Journal, 5(2), 116–122.
Iprice.co.id. (2020). Peta E‑Commerce Indonesia. Iprice.Co.Id. https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/
Kanuk, & Schiffman. (2008). Perilaku konsumen. Zoelkifli Kasip (Terjemahan) Customer Behaviour. Edisi Tujuh. Jakarta: PT, Mancana Jaya Cemerlang.
KBBI. (2021). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). https://kbbi.web.id/hedonisme
Kotler dan Keller(2016). Marketing Management.15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall Inc
Kotler, P., Armstrong, G., Ang, S. H., Leong, S. M., Tan, C. T., & Ho-Ming, O. (2012). Principles of marketing: an Asian perspective. Pearson/Prentice-Hall.
Loudon, D. L., & Della Bitta, A. J. (1993). Instructor’s Manual to Accompany Consumer Behavior: Concepts and Applications. McGraw-Hill, Incorporated.
Lupiyoadi, R., & Hamdani, A. (2006). Manajemen pemasaran jasa.
Machfoedz, M. (2010). Komunikasi pemasaran modern. Yogyakarta: Cakra Ilmu, 139.
Mowen, J. C., & Minor, M. (2002). Perilaku konsumen. Jakarta: Erlangga, 90.
Naeli, A. (2018). pengaruh harga, promosi, dan kualitas informasi terhadap perilaku pembelian impulsif secara online (studi pada mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis islam IAIN Tulungagung).
Noneng, Supatminingsih, T., Inanna, Muhammad, H., & Muhammad, D. (2020). Pengaruh literasi ekonomi dan lingkungan sosial terhadap perilaku pembelian impulsif melalui online shop pada peserta didik kelas x jurusan ips di sma negeri 8 makassar. 02(02), 94–104.
Obrolanbisnis.com. (2021). sejarah shopee. Obrolanbisnis.Com. https://obrolanbisnis.com/sejarah-shopee/
Paramita, A. O., Arifin, Z., & Sunarti. (2012). PADA TOKO ONLINE DENGAN EMOSI POSITIF SEBAGAI VARIABEL PERANTARA ( Studi Pada Mahasiswa / i Program Strata-1 Angkatan 2011 / 2012 Jurusan Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya ). 8(2), 1–9.
Purwanto, S. (2009). Statistika untuk Ekonomi dan Keuangan Modern Edisi 2. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.
Sandhusen, R. (2008). Marketing. Hauppauge, NY: Barron’s Educational Series. A Handbook for Researchers and Practitioners, Kluwer Academic Publishers, Norwall, MA, 520.
Shahnaz, N. B. F., & Wahyono, W. (2016). Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Di Toko Online. Management Analysis Journal, 5(4).
Shinta, A. (2011). Manajemen pemasaran. Universitas Brawijaya Press.
Solomon, M. R. (2011). Consumer Behavior: Buying Having, and Being. NewJersey: Pearson Prentice-Hall. Inc.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta.
Sumarni, M., & Soeprihanto, J. (2010). Pengantar Bisnis (Dasar-dasar Ekonomi Perusahaan). Yogyakarta: Liberty.
Sunyoto, D. (2016). Metodologi Penelitian Akuntansi. PT Refika Aditama.
Utami, W. (2017). Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia. Edisi.
Yistiani, N. N. M., Yasa, N. N. K., & Suasana, I. G. A. K. G. (2012). PENGARUH ATMOSFER GERAI DAN PELAYANAN RITEL TERHADAP NILAI HEDONIK DAN PEMBELIAN IMPULSIF PELANGGAN MATAHARI DEPARTMENT STORE DUTA PLAZA DI DENPASAR. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 6, 139. https://doi.org/10.24843/MATRIK:JMBK