ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA (STUDI KASUS PADA MAHASISWA MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS NUSA CENDANA)

Main Article Content

Rony D Timuloba
Rolland E Fanggidae
Yosefina K I D D Dhae
Ronald P C Fanggidae

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha pada mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nusa Cendana. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif Penelitian ini menggunakan model deskriptif yaitu metode penelitian yang berusaha menggambarkan dan menginterpretasikan objek sesuai apa adanya. Dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Informan dalam penelitian ini ialah para mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nusa Cendana yang sudah berwirausaha. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa faktor yang paling dominan yang mempengaruhi mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nusa Cendana adalah untuk memenuhi kebutuhan.


Kata Kunci : Minat Berwirausaha, Faktor-Faktor Minat Berwirausaha

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Timuloba, R., Fanggidae, R., Dhae, Y., & Fanggidae, R. (2023). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA (STUDI KASUS PADA MAHASISWA MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS NUSA CENDANA). GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 4(2), 203-213. https://doi.org/10.35508/glory.v4i2.10310
Section
Articles

References

Hantoro, S. (2005). Kiat Sukses Berwirausaha.Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.
Hendro, I. (2011). Dasar-dasar kewirausahaan. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Mardiah, M. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Masyarakat Dalam Berwirausaha Ditinjau Dari Prespektif Ekonomi Islam (Studi pada Pelaku Usaha Pasar Sentral Kotabumi Lampung Utara) (Doctoraldissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Mashudi, U. & Sastrawan, A. (2015) Faktor-faktor yang Menentukan Minat berwirausaha Siswa smkn Monterado Kabupaten Bengkayang (Doctoraldissertation, TanjungpuraUniversity).
Maslow, A. H. (1993). Motivasi dan kepribadian (Terjemahan Nurul Imam). Jakarta: PT. Pustaka BinamanPressindo.
Miles, M. B., &Huberman, A. M. (1992). Analisis data kualitatif.
Prihartanta, W. (2015). Teori-teori motivasi. Jurnal Adabiya, 1(83), 1-14.
Rizal, M. Setianingsih, D., & Chandra, R. (2016). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Wanita Berwirausaha. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 5(2), 525–534.
Rusdiana, H. A. (2018). Kewirausahaan: Teori dan Praktik, CV. Pustaka Setia, Bandung.
Santoso. (2009). Lingkungan Tempat Tinggal Menentukan Minat Berwirausaha. FKIP.UNS (Laporan Penelitian). Surakarta : UNS
Sardiman, A. M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar/Sardiman AM
Soeharto, P. (1997). Kewirausahaan. Bandung: CV Alfabeta.
Suhartini, Y. (2011). Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa dalam berwiraswasta. Jurnal Akmenika UPY, 7(1), 24.
Suryana. (2017.) Kewirausahaan: kiat dan proses menuju sukses. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Sutanto, A. (2000). Kewiraswastaan. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Winardi, J. (2001). Motivasi dan Pemotivasian dalam Manajemen, Cet. I, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Wulandari, S. (2013). Pengaruh efikasi diri terhadap minat berwirausaha pada siswa kelas XII di SMK Negeri 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 1(1).