STRATEGI PROMOSI COFFEE SHOP MELALUI SOSIAL MEDIA INSTAGRAM (STUDI PADA CETROO COFFEE SUMBA TIMUR)
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menentukan Strategi Promosi Cetroo Coffee Sumba timur melalui analisis SWOT (strength, weaknesses, opportunities, threats). Dalam menentukan strategi promosi perlu diketahui dari kekuatan, kelemahan. Peluang, dan ancaman. Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah Pemilik coffee shop, Manajer coffee shop, Pelayan, Koki, Karyawan lama, dan Karyawan baru. Instrument penelitian dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi berupa foto. Proses analisis data dilakukan dengan tahap catatan tertulis dilapangan, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa analisis kekuatan antara lain yaitu lokasi yang strategis, produk yang berkualitas, menu bervariasi, harga yang terjangkau. Sedangkan kelemahannya kurangnya endorse dan minimnya promo diskon. Pada peluang yang dimiliki meningkatnya permintaan konsumen, pangsa pasar yang luas, meningkatkan promosi melalui social media, dan kualitas produk diakui konsumen. Ancaman yang dihadapi yaitu adanya pesaing yang sama, pesaing memberikan harga miring dan mulai tumbuhnya pesaing yang baru. Strategi yang dapat diterapkan yaitu mengintensifkan promosi pada pasar, menjaga kualitas produk yang ditawarkan, memanfaatkan social media sebagai sarana untuk melakukan promosi, dan menambah fasilitas area tanpa asap rokok agar konsumen merasa nyaman selama berada di Cetroo Coffee Sumba timur.
Kata Kunci : Strategi Promosi, Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman.
Downloads
Article Details
References
Atmoko D, Bambang. (2012). Instagram Handbook: Buku Ulasan Komprehensif Tentang Instagram dan Tips Fotografi Ponsel. Mediakita, Jakarta.
Dharmmesta dan Irwan. (2010). Manajemen pemasaran modern (2nd ed.). Liberty, Yogyakarta.
Fandy Tjiptono. (2015). Strategi Pemasaran Edisi 4. Penerbit ANDI: Yogyakarta
Gadis, F. Herina, dkk. (2021). Strategi Promosi Stuja Coffee Jakarta Selama Pandemi Covid-19 Melalui Media Sosial.
Hermawan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran. Erlangga, Jakarta.
Https://dataindonesia.id/sektor-riil/detail/berapa-konsumsi-kopi-indonesia-pada-20202021
Kennedy, J.E, dan Soemanagara, R. . (2013). Komunikasi Pemasaran. Taktik dan Strategi. Buana Ilmu Populer: Jakarta.
Kotler dan Armstrong. (2014). Prinsip-prinsip Pemasaran. Erlangga, Jakarta.
Kotler dan Keller. (2014). Manajemen pemasaran. Erlangga, Jakarta.
Lamb, H. dan M. (2011). Pemasaran. Salemba Empat, Jakarta.
Mikha R. Yuliana dan Nur Athan. (2016). Strategi Promosi Coffee Shop Melalui Media Sosial Instagram (Study deskriptif pada akun @crematology)
Moekijat. (2010). Manajemen Pemasaran. Penerbit Mandar Maju,Bandung.
Morissan. (2010). Periklanan komunikasi pemasaran terpadu. Erlangga, Jakarta.
Muhammad, Fajar,W. dan Ike,J, Triwardhani. (2021). Instagram Sebagai Media Promosi Coffee Shop.
Muslichah, E. dan W. (2010). Dasar - dasar Pemasaran. Karya Putra Darwati,Bandung.
Niken,D Nur Uyun dan Jojok Dwiridotjahjono. (2022). Strategi Promosi Melalui Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Volume Penjualan.
Rangkuti, Freddy. (2015). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Umum.
Thabita, C dan Nuryana (2021). Strategi Promosi Perut Bulat dan Resto Melalui Media Sosial Instagram.