PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA PT. PLN (PERSERO) RAYON OESAO

Main Article Content

Yeyenfian Ingunau
Ni Putu Nursiani
Clarce s Maak
Tarsisius Timuneno

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Budaya Organisasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan  Pada PT. PLN (Persero) Rayon Oesao baik secara parsial maupun secara simultan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah jenis penelitan asosiatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan dua variabel atau lebih dan pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, wawancara, dokumentasi, dan observasi. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik simple random sampling dengan rumus Slovin diperoleh 30 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial yang menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan aplikasi SPSS versi 25.Uji hipotesis dilakukan dengan uji t dan uji F dimana sebelum menggunakan uji ini dilakukan uji asumsi klasik. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel Budaya Organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Produktivitas Kerja Karyawan pada PT. PLN (Persero) Rayon Oesao, variabel Kepuasan Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Produktivitas Kerja Karyawan pada PT. PLN (Persero) Rayon Oesao. Hasil uji simultan menunjukkan bahwa Budaya Organisasi dan Kepuasan Kerja berpengaruh secara simulyan terhadap Produktivitas Kerja Karyawan pada PT. PLN (Persero) Rayon Oesao.


Kata Kunci : Budaya Organisasi, Kepuasan Kerja, Produktivitas Kerja.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ingunau, Y., Nursiani, N. P., Maak, C., & Timuneno, T. (2023). PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA PT. PLN (PERSERO) RAYON OESAO. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 4(2), 463-475. https://doi.org/10.35508/glory.v4i2.10385
Section
Articles

References

Ermawan, E. R. (2011). Budaya Organisasi Dalam Perspektif Ekonomi dan Bisnis.
Bandung: Alfabet.
Hasibuan, M. S. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Lilia, W. J., Lombu., W., & Pujiono, N. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Transformasiomal, Budaya Organisasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja karyawan pada PT. Intertama Trikencana Bersinar Medan. Cermin : Jurnal Penelitian, 4(1).
Luthans, F. (2012). Perilaku Organisasi. Edisi ke sepuluh. Yogyakarta: Andi.
Marwansyah. (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alabeta Cv.
Matahelumual, Putri Natalia & Raymon Kawat. (2019). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Pada Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Riset Ekonomi Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 7.(1).
Muayyad Deden Misbahudin. (2015). Pengaruh Kepuasan Kerja Pegawai Bank Wilayah II. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 9(1).
Robbins, P. S. (2006). Perilaku Organisasi. Edisi ke sepuluh. Jakarta: Gramedia.
Saputra, F. E., & Meilaty, F. & Taufik B. (2020). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Budaya Organisasi Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan. Jurnal Enterpreneur Dan Manajemen Sains, 1(2), 99–105.
Sedarmayanti. (2009). Sumber Daya Manusia danProduktivitas Kerj. Bandung: CV Mandar Maju.
Sinungan, M. (2005). Produktivitas: Apa dan Bagaimana. Edisi ke-2. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet.
Sutrisno, E. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan ke tuju. Jakarta: Kencana Pranada Media Group.
Triton, P. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia: Prespektif Partnership dan Kolektivitas. Yogyakarta: Tugu Publisher.
Umam, Nasrul. (2018). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Pelatihan Terhadap Produktivitas kerja Karyawan PT. Trias Mitra Jaya Manunggal. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 2(4).14-1