ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH (STUDI PADA NASABAH PT. BANK RAKYAT INDONESIA PERSERO. TBK KANTOR CABANG KUPANG)
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Kualitas Pelayanan (Bukti Fisik, Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan dan Empati) terhadap Kepuasan Nasabah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah PT.Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Kupang. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Probability Sampling dengan metode Accidental Sampling, sampel yang digunakan adalah 100 responden. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial, variabel Bukti Fisik tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Nasabah, Kehandalan tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Nasabah , Daya Tanggap berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Nasabah, Jaminan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Nasabah, dan Empati berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Nasabah. Secara simultan, Variabel Bukti Fisik, Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan dan Empati berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Nasabah PT.Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Kupang
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Bukti Fisik, Daya Tanggap, Kehandalan, Jaminan, Empati, Kepuasan Nasabah.
Downloads
Article Details
References
Amstrong, G., & Kotler, P. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Ariani, D. W. (2009). Manajemen Operasi Jasa.Yogyakarta : (Edisi Pert). Graha Ilmu.
Arief, M. (2007). Pemasaran Jasa & Kualitas Pelayanan : Bagaimana mengelola Kualitas Pelayanan Agar Memuaskan Pelanggan. PT Bayu Media Publishing.
Diana, A., & Tjiptono, F. (2016). Pemasaran: Esensi dan Aplikasi. Andi Offset. Yogyakarta.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program (IBM SPSS) (Edisi 8). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Komaruddin. (1994). Kamus Perbankan.Jakarta : CV.Rajawali.
Kotler, A., & Amstrong, G. (2008). Prinsip–Prinsip Pemasaran, Buku 1, Edisi 12. Indonesia: Erlangga.
Kotler, Philip. (2002). Manajemen Pemasaran di indonesia: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian.Jakarta : salemba empat.
Lovelock, C., & Wirts, J. (2011). Pemasaran Jasa PerspektifJakarta : (Erlangga (ed.); Edisi 7).
Lupiyoadi, R., & Hamdani, A. (2006). Manajemen pemasaran jasa.
Mamida J Toleu, A. B. M. dan J. L. . B. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan ( Studi Pada Rumah Suka Ramai Kota Kupang ).
Pratama, K. A. (2018). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Rakyat Indonesia Cabang Ponorogo.
Rini, E. S. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank BRI Cabang Kabupaten Bulukumba.
Saladin, D. (1994). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran Bank. Jakarta : Alfabeta.
SP, H. M. (2015). Dasar-Dasar Perbankan. Jakarta : Bumi Aksara.
Sugiyono. (2016). Metode kualitatif kuantitatif dan R&B. Alfabeta.
Sunyoto, D. (2016). Metodologi Penelitian Akuntansi.Yogyakarta : PT Refika Aditama.
Tjiptono, F. (2011). Manajemen dan strategi merek. Penerbit Andi Offset, Yogyakarta.
Wahab, W. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pegadaian Syariah di Kota Pekanbaru.
YAZID. (2005). Pemasaran Jasa: Konsep dan Implementasi.Yogyakarta : (Edisi Kedua). Ekonisia.