ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH (STUDI PADA NASABAH PT. BANK RAKYAT INDONESIA PERSERO. TBK KANTOR CABANG KUPANG)

Main Article Content

Yosefa Idju
Apriana H J Fanggidae
Yosefina K I D D Dhae
Ronald P C Fanggidae

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Kualitas Pelayanan (Bukti Fisik, Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan dan Empati) terhadap Kepuasan Nasabah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah PT.Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Kupang. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Probability Sampling dengan metode Accidental Sampling, sampel yang digunakan adalah 100 responden. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial, variabel Bukti Fisik tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Nasabah, Kehandalan tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Nasabah , Daya Tanggap berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Nasabah, Jaminan  berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Nasabah, dan Empati berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Nasabah. Secara simultan, Variabel Bukti Fisik, Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan dan Empati berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Nasabah PT.Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Kupang


Kata Kunci   :   Kualitas Pelayanan, Bukti Fisik, Daya Tanggap, Kehandalan, Jaminan, Empati, Kepuasan Nasabah.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Idju, Y., Fanggidae, A., Dhae, Y., & Fanggidae, R. (2023). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH (STUDI PADA NASABAH PT. BANK RAKYAT INDONESIA PERSERO. TBK KANTOR CABANG KUPANG). GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 4(2), 477-488. https://doi.org/10.35508/glory.v4i2.10460
Section
Articles

References

Afifah A.B Ikram, A. E. . N. dan R. P. . F. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Menginap (Studi Pada Resepsionis Hotel On The Rock Kupang).
Amstrong, G., & Kotler, P. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Ariani, D. W. (2009). Manajemen Operasi Jasa.Yogyakarta : (Edisi Pert). Graha Ilmu.
Arief, M. (2007). Pemasaran Jasa & Kualitas Pelayanan : Bagaimana mengelola Kualitas Pelayanan Agar Memuaskan Pelanggan. PT Bayu Media Publishing.
Diana, A., & Tjiptono, F. (2016). Pemasaran: Esensi dan Aplikasi. Andi Offset. Yogyakarta.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program (IBM SPSS) (Edisi 8). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Komaruddin. (1994). Kamus Perbankan.Jakarta : CV.Rajawali.
Kotler, A., & Amstrong, G. (2008). Prinsip–Prinsip Pemasaran, Buku 1, Edisi 12. Indonesia: Erlangga.
Kotler, Philip. (2002). Manajemen Pemasaran di indonesia: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian.Jakarta : salemba empat.
Lovelock, C., & Wirts, J. (2011). Pemasaran Jasa PerspektifJakarta : (Erlangga (ed.); Edisi 7).
Lupiyoadi, R., & Hamdani, A. (2006). Manajemen pemasaran jasa.
Mamida J Toleu, A. B. M. dan J. L. . B. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan ( Studi Pada Rumah Suka Ramai Kota Kupang ).
Pratama, K. A. (2018). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Rakyat Indonesia Cabang Ponorogo.
Rini, E. S. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank BRI Cabang Kabupaten Bulukumba.
Saladin, D. (1994). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran Bank. Jakarta : Alfabeta.
SP, H. M. (2015). Dasar-Dasar Perbankan. Jakarta : Bumi Aksara.
Sugiyono. (2016). Metode kualitatif kuantitatif dan R&B. Alfabeta.
Sunyoto, D. (2016). Metodologi Penelitian Akuntansi.Yogyakarta : PT Refika Aditama.
Tjiptono, F. (2011). Manajemen dan strategi merek. Penerbit Andi Offset, Yogyakarta.
Wahab, W. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pegadaian Syariah di Kota Pekanbaru.
YAZID. (2005). Pemasaran Jasa: Konsep dan Implementasi.Yogyakarta : (Edisi Kedua). Ekonisia.