PENGARUH FAKTOR PSIKOLOGIS, PRIBADI DAN SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK IPHONE DI KOTA KUPANG

Main Article Content

Bhara A D Ulin
Debryana Y Salean
Yonas F Riwu
Ronald P C Fanggidae

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Faktor Psikologis, Pribadi dan Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Produk Iphone Di Kota Kupang” Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh faktor psikologis konsumen terhadap keputusan pembelian konsumen dalam memilih produk iPhone., (2) Untuk mengetahui pengaruh faktor pribadi konsumen terhadap keputusan pembelian konsumen dalam memilih produk iPhone, (3) Untuk mengetahui pengaruh faktor sosial konsumen terhadap keputusan pembelian konsumen dalam memilih produk iPhone, (4) Untuk mengetahui pengaruh faktor psikologi, pribadi dan sosial konsumen secara simultan terhadap keputusan pembelian konsumen dalam memilih produk iPhone. Data diperoleh melalui penyebaran kuisioner kepada 100 responden masyarakat Kota Kupang. Teknik analisis adalah deskriptif kuantitatif, hasil penelitian menunjukan bahwa (1)          Hasil analisis deskriptif menggunakan rentang skor menunjukan bahwa keempat variabel yaitu: Faktor Psikologis, Faktor Pribadi, Faktor Sosial variabel berada pada kategori penilaian relatif tinggi, (2) Berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial membuktikan bahwa factor psikologis berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Iphone di Kota Kupang, (3) Berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial membuktikan bahwa factor pribadi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Iphone di Kota Kupang, (4) Berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial membuktikan bahwa factor sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Iphone di Kota Kupang, (5) Berdasarkan uji simultan factor psikologis, pribadi dan social secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Iphone, yang diperkuat oleh hasil analisis determinasi menunjukan bahwa factor psikologis, factor pribadi dan factor sosial dalam memengaruhi keputusan pembelian relatif kuat.


Kata Kunci : Faktor Psikologis,Faktor Pribadi,Faktor Sosial, Keputusan Pembelian

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ulin, B., Salean, D., Riwu, Y., & Fanggidae, R. (2025). PENGARUH FAKTOR PSIKOLOGIS, PRIBADI DAN SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK IPHONE DI KOTA KUPANG. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 6(3), 793-803. https://doi.org/10.70581/glory.v6i3.18390
Section
Articles

References

Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational behavior and human decision processes, 50(2), 179-211.
Bearden, W. O., & Etzel, M. J. (1982). Reference group influence on product and brand purchase decisions. Journal of Consumer Research, 9(2), 183-194.
Dissanayake, R., & Amarasuriya, T. (2015). Role Of Brand Identity In Developing Global Brands: A Literature Based Review On Case Comparison Between Apple Iphone VS Samsung Smartphone Brands. Research journal of business and management, 2(3), 430-440.
Kotler, K. L. Philip: Keller 2016 Marketing Management (Global Edition) a5 ed New Yersey: Person Pretice Hall Inc.
Lamb, H., & McDaniel. 2001. Pemasaran Buku1 edisi pertama. Jakarta : Salemba Empat
Mangkunegara, A. P. (2002). Perilaku konsumen edisi revisi. Bandung: Refika Aditama.
Munandar, A. S. (2001). Psikologi industri dan organisasi. Jakarta.
Suparno, & Dantje Salean. (2016). Kajian Gini Ratio Kota Kupang. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1, 1–10.
Setiadi Nugroho. J. (2003). Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Prenada Media Grup
Shiffman, K. (2007). Edisi 7th Perilaku Konsumen. Baruch College-Graduate School and University Center.
Solomon, M. R. (2019). Consumer Behavior: Buying, Having, and Being (12th ed.). Pearson
Sulistomo, A., & Prastiwi, A. (2011). Persepsi mahasiswa akuntansi terhadap pengungkapan kecurangan (studi empiris pada mahasiswa akuntansi UNDIP dan UGM) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).
Swastha, B., & Handoko, T.H. (2000). Manajemen pemasaran analisis perilaku konsumen. Yogyakarta: Bpfe
Werner, P. 2004. Reasoned Action and Planned Behavior, in S.J. Peterson and T.S. Bredow (eds), Middle range Theories: Application to Nursing Research, Lippincott Williams and Wilkins, Philadelphia, pp. 125-147