ANALISIS SISTEM ANTRIAN DAN OPTIMALISASI LAYANAN TELLER PADA KOPERASI KREDIT SWASTI SARI KUPANG

Main Article Content

Yuniyati Louru Dairu
Ronald P C Fanggidae
Reyner F Makatita
Markus Bunga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Sistem Antrian dan Optimalisasi Pelayanan Teller Pada Koperasi Kredit Swasti Sari Kupang. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu penelitian terapan. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan model struktur antrian Multi Channel-Single Phase yang memiliki 4 orang kasir, sistem pelayanannya menggunakan aturan First come First Served (FCFS) atau siapa yang datang lebih dulu akan dilayani terlebih dahulu. Koperasi Kredit Swasti Sari buka mulai pukul 08.00-16.00 WITA dengan mencatat jumlah konsumen yang masuk ke dalam sistem setiap selang waktu satu jam. Olahan Data (2023) menunjukkan bahwa tingkat kedatangan konsumen tertinggi dapat dilihat pada pukul 10.00-11.00 WITA dengan jumlah antrean yang dibuka dan jumlah rata-rata yang dilayani per satuan waktu pada masing-masing lini. Fasilitas yang disediakan oleh Koperasi Swasti Sari Kupang adalah 4 teller dengan 1 tahap pelayanan, maka dari itu dapat digunakan model antrian multiple line.


Kata Kunci : Sistem Antrian, Optimalisasi Layanan Teller

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Dairu, Y., Fanggidae, R., Makatita, R., & Bunga, M. (2023). ANALISIS SISTEM ANTRIAN DAN OPTIMALISASI LAYANAN TELLER PADA KOPERASI KREDIT SWASTI SARI KUPANG. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 4(3), 761-769. https://doi.org/10.35508/glory.v4i3.10491
Section
Articles

References

Alihar, F. (2018). analisis sistem antrian dalam mengoptimalkan pelayanan (studi kasus:PT Bank Indonesia (persero) Tbk.Kantor cabang veteran selatan. 66, 37–39. https://www.fairportlibrary.org/images/files/RenovationProject/Concept_cost_estimate_accepted_031914.pdf
Anisah, S., Sugito, S., & Suparti, S. (2015). Analisis Antrian Dalam Optimalisasi Sistem Pelayanan Kereta Api Di Stasiun Purwosari Dan Solo Balapan. Gaussian, 4(3), 669–677.
Arini, R. W., & Nanih, S. (2022). Analisis Sistem Antrian Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (Bpjs) Kesehatan : Studi Kasus Puskesmas Margadadi. Jural Riset Rumpun Ilmu Teknik, 1(1), 23–37. https://doi.org/10.55606/jurritek.v1i1.104
Artiguna, P. P., Sugito, & Hoyyi, A. (2014). Analisis Sistem Antrian pada Layanan Pengurusan Paspor Di Kantor Imigrasi Kelas 1 Semarang. Jurnal Gaussian, 3(4), 801–810. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/gaussian
Bataona, B. L. V, Nyoko, A. E. L., & Nursiani, N. P. (2020). Analisis Sistem Antrian Dalam Optimalisasi Layanan Di Supermarket Hyperstore. Journal of Management : Small and Medium Enterprises (SMEs), 12(2), 225–237. https://doi.org/10.35508/jom.v12i2.2695
Ekaputri, A. R., Hadi, P., & ... (2021). Analisis Kepuasan Pelanggan Lazada Di Jakarta Selatan. Konferensi Riset Nasional …, 2(1), 331–338. https://conference.upnvj.ac.id/index.php/korelasi/article/view/1133
Ginting, P. L. (2013). Analisis Sistem Antrian dan Optimalisasi Layanan Teller. http://eprints.undip.ac.id/42271/1/GINTING.pdf
Heizer dan Render (2005). Analisis Sistem Antrian dalam Meningkatkan Efektivitas Pelayanan Menggunakan Metode Accidental Sampling. Jurnal Sistim Informasi Dan Teknologi, 4, 70–75. https://doi.org/10.37034/jsisfotek.v4i2.127
Heizer, (2004). Analisis Sistem Antrian di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 12(1), 42. https://doi.org/10.36982/jiegmk.v12i1.1519
Kosanke, R. M. (2019). analisis sistem antrian multi channel single phase dalam penerapan protokol kesehatan pada masa pandemi covid-19 di merdeka walk medan.
Latifah, J., Nuryanah, E., Noerwan, I. L., & Susilo, A. (2014). Analisis Sistem Antrian Dalam Upaya Optimalisasi Pelayanan Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Unit Pasar Kota Rangkasbitung Jauhar. JURNAL E-Journal Studi Manajemen, 3(1), 1–12.
Lumunon, L. N. A., Kindangen, P., & Tumewu, F. (2022). Efektivitas Sistem Antrian Dalam Mengoptimalkan Pelayanan Pada PT Bank SulutGo Cabang Airmadidi. 10(1), 1749–1757.
Masyudho, (2012). Penentuan Model antrian bus antar kota di terminal mangkang. 119–127.
Maryana, A. D. (2020). Analisis Sistem Antrian Dan Optimalisasi Pelayanan Teller Pada Pt . Bank Dki Cabang Tanjung Priok Menggunakan Model Antrian Multi Channel-Single Phase. Jurnal STEI Ekonomi, 05(01), 1–15.
Prayogo, D., Pondaag, J. J., & Ferdinand Tumewu, F. (2017). Analisis Sistem Antrian Dan Optimalisai Pelayanan Teller Pada PT. Bank Sulutgo. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(2), 928–934.
Pellondou, E. H., Fanggidae, R. P., & Nyoko, A. E. (2021). Analisis Teori Antrian Pada Jalur Sepeda Motor Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Oebobo. GLORY: Jurnal Ekonomi & Ilmu Sosial, 2(1-Mar), 19-31.