PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PELAKU USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) PADA WISATA KULINER DI LABUAN BAJO MANGGARAI BARAT

Main Article Content

Elisabeth Lastiani Jon
Rolland E Fanggidae
Debryana Y Salean
Ni Putu Nursiani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Motivasi Kerja dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Pada Wisata Kuliner di Labuan Bajo Manggarai Barat baik secara parsial maupun secara simultan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah jenis penelitian asosiatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan dua variabel atau lebih dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Teknk pengumpulan dalam penelitian ini menggunakan  observasi, wawancara, kuesioner, dan observasi.sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan rumus Lameslow sehingga memproleh 96 sampel. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan linear berganda dengan bantuan aplikasi SPSS versi 22. Uji hipotesisi dilakukan dengan uji t dan uji F dimana sebelum menggunakan uji ini dilakukan uji aumsi klasik, Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan variabel orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) pada wisata kuliner di Labuan Bajo Manggarai Barat. Hasil uji F atau uji simultan menunjukkan bahwa variabel motivasi kerja dan orientasi kewirausahaan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pelaku usaha mikro kecik dan menengah (UMKM) pada wisata kuliner di Labuan Bajo Manggarai Barat.


Kata Kunci : Motivasi Kerja, Orientasi Kewirausahaan, dan  Kinerja Pelaku UMKM Kuliner

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Jon, E., Fanggidae, R., Salean, D., & Nursiani, N. P. (2023). PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PELAKU USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) PADA WISATA KULINER DI LABUAN BAJO MANGGARAI BARAT. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 4(3), 521-534. https://doi.org/10.35508/glory.v4i3.10540
Section
Articles

References

Buchaari, Alma. 2019. kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.
Bosrowi, (2014) Kewirausahaan Untuk Perguruan Tinggi. ghalia Indonesia
Covin & Slevin (1991). A Conceptual Model Of Entreprenurrship as Firm Behavior. Entrepreneurship The and Practice.
Ferdy Leuhery (2022) Analisis Pengaruh Lingkungan Usaha dan Motivasi terhadap Kinerja Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Binaan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku.
Hamza B.Uno. (2007). Teori Motivasi dan Pengukurannya (Analisis di bidang Pendidikan). Jakarta Bumi: Aksara.
Handoko (2011). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Mnausia. Yogyakarta: Penerbit BPFE Anggota IKAPI.
Herlinawati, (2019) Pengaruh Orientasi Kewirusahaan dan Orientasi Pasar terhadap Kinerja di Inonesia. Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Husain, Amar, (2021) "Analisis Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sebelum dan Sesudah covid-19 di Wisata Kuliner Kampung Ujung Labuan Bajo". Jurnal Manajemen Bisnis Uni versitas Muhamadya Malang.
Ilyas, Y. (2005). Kinerja Teori, Penilaian dan Penelitian. Pusat Kajian Ekonomi Kesehatan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia, Jakarta Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia,.
jannah, (2019). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Inivasi Produk Terhadap Kinerja UMKM Batik gedok Khas tuban. Eco-Entrepreneurship. 5 (1), hal 33-48.
Lestari Sri. (2021). Pengaruh Aspek Keuangan, Kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Inovasi Produk terhadap Kinerja Usaha Mikro Kecil,dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Ponogoro. Jurnal lain Ponogoro.
Mangkunegara, (2009) Manajemen Sumber Daya Manusia. Remaja RosdaKarya. Bandung.
Muhammad Neil, (2020) Potensi Pangan Lokal Labuan Bajo Dioptimalkan lewat Bedah gerai Kuliner. Labuan Bajo, iNews.id.
Ngadi, N., Meliana, R., (2020) Dampak Pandemi Covid-10 Terhadap Phk dan Pendapatan Pekerja di Indinesia. Jurnal Kependudukan Indonesia, 2902, 43.
Nuvriasari, (2025). Model strategi Peningkatan Daya Saing UKM Industri Kreatif Berbasis Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan. Seminar nasional Penelitian dan Pengabdian LPPM Universitas Muhamadyah Purwekerto.
Sari, Indiara Yanti (2016) Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Inovasi Produk terhadap Kinerja UKM Kota Makasar.
Sinambela, (2016) Manajemen Sumber Daya manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara
Stanley Lemeshow, (1997) Besar Sampel dalam Penelitian Kesehatan, Gajah Mada Uneversity Press, Yokyakarta, hal. 2
Suryana. (2013). Ekonomi Kratif, Ekonomi Baru: Mengubah Ide dan Menciptakan Peluang. Jakarta: Salemba Empat.
Richardson, P., R. H. and G. F. (2004). The Challenges of Growing Small Businesses, Insights from Women Entrepreneurs in Africa. Geneva: International Labour Organization (ILO).
Wahyudiati Dinar & Isroah. (2017) Pengaruh Aspek Keuangan dan Kompetensi Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Kasongan. Jurna Ekonomi dan Bisnis.
Wiklund, (1999). The Sustaniability, Of The entrepreneurial Orientation, Preformance Reletionship, Entrepreneurship Theory and practice. baylor University