PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) TENAGA KESEHATAN DI PUSKESMAS MARITAING KECAMATAN ALOR TIMUR

Main Article Content

Paulina Christina Dude
Rolland E Fanggidae
Debryana Y Salean
Tarsisius Timuneno

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh budaya organisasi dan komitmen organisasional terhadap organizational citizenship behaviortenaga Kesehatan di Puskesmas Maritaing kecamatan Alor Timur . Jenis penelitian yang di gunakan adalah dan pendekatan penelitian yang di gunakan adalah pendekatan kuantitatif . Teknik utama pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner.Sampel dalam penelitian ini ditetapkan 40 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial yang menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan aplikasi SPSS versi 25.Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa budaya organisasi berada pada kategori sangat tinggi, komitmen organisasional berada pada kategori tinggi, dan organizational citizenship behavior pada kategori sangat tinggi. Hasil uji t menunjukan bahwa variabel budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior tenaga Kesehatan di Puskesmas Maritaing Kecamatan Alor Timur, dan variabel Komitmen Organisasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior tenaga Kesehatan di Puskesmas Maritaing Kecamatan Alor Timur.Hasil uji simultan menunjukan bahwa variabel Budaya Organisasi dan Komitmen organisasional berpengaruh secara simultan terhadap Organizational Citizenship Behavior tenaga Kesehatan di Puskesmas Maritaing Kecamatan Alor Timur.


KataKunci : Budaya Organisasi, Komitmen Organisasional dan Organizational Citizenship Behavior (OCB)

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Dude, P., Fanggidae, R., Salean, D., & Timuneno, T. (2023). PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) TENAGA KESEHATAN DI PUSKESMAS MARITAING KECAMATAN ALOR TIMUR. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 4(3), 637-645. https://doi.org/10.35508/glory.v4i3.10669
Section
Articles

References

Aldag, R. & Reschke, W. (1997). Employee value added: Measuring Discretionary Effort and its.
Allen dan Meyer. (1991). A Three Component Conceptualization of Organizational Commitment. Human Resource Management Review.
Budihardjo. (2004). Mengenal Organizational Citizenship Behaviour (OCB). Forum Manajemen Prasetya Mulya.
Denison,D.Hooijberg R.,Lane N.,Lief C (2012). Leading Culture Change In Global Organizations: Aligning Culture And Strategy. San Francisco: Jossey-Bass
Griffin,Ricky W., and Moorhead,Gregory., (2014). Organizational Behavior: Managing People and Organizations, EleventhEdtion. USA: South Western.
Kreitner, Robert dan Angelo Kinicki. (2005). Perilaku Organisasi. Salemba Empat. Jakarta
Luthans, Fred. (1995). Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Andi
Robbins, P. Stephen.(2002) Prinsip-Prinsip Perilaku Organisasi. Edisi Kelima.Diterjemahkan oleh : Halidah,S.E Dan Dewi Sartika, S.S Erlangga, Jakarta.
Rini, S. P. et. all. (2013). Pengaruh Komitmen Organisasi, Kepuasan Kerja dan Budaya Organisasi Terhadap Organizational Citizenship Behaviour (OCB). Jurnal Ilmiah Dinamika Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 69–88.
Organ, D.W. (1988). Organizational citizenship behavior: The good soldier syndrome. Lexington Books/D. C. Heath and Com.Lexington, MA: Lexington Book.