PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA HOTEL NEO ELTARI BY ASTON KUPANG

Main Article Content

Kristiana Manehat
Apriana H J Fanggidae
Merlyn Kurniawati
Ronald P C Fanggidae

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan di Hotel Neo Eltari by Aston Kupang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional/asosiatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung Hotel Neo Eltariby Aston Kupang dan sampel dalam penelitian ini terdiri dari 100 responden yang diambil dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif, analisis Regresi Linier Berganda, Uji T, Uji F dan Koefisien Determinasi dengan mengolah data menggunakan aplikasi statistik SPSS 20 IBS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jaminan dan empati secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, dan bukti fisik, daya tanggap dan keandalan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Hasil pengujian secara simultan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan (tangibles, responsiveness, reliability, assurance dan emphaty) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan.


Kata Kunci : kualitas pelayanan (tangibles, responsiveness, reliability, assurance dan emphaty) dan loyalitas konsumen

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Manehat, K., Fanggidae, A., Kurniawati, M., & Fanggidae, R. (2024). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA HOTEL NEO ELTARI BY ASTON KUPANG. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 5(2), 337-347. https://doi.org/10.35508/glory.v5i2.11328
Section
Articles

References

Agus, Sulastiyono. 2011. Manajemen PenyelanggarAbdurrahman, D. K., & Ayuningsih, S. F. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Di Hotel Best Western Plus Kemayoran, Jakarta. Destinesia: Jurnal Hospitaliti Dan Pariwisata, 2(1), 47–53.
Akuntabilitas, A. (2018). ANALISIS TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS PEMERINTAH DESA DALAM PENGELOLAAN ALOKASI DANA DESA PADA 3 DESA DI KECAMATAN CEMPAKA KABUPATEN OGAN KOMERING ULU TIMUR (Studi pada Desa Gunung Jati, Desa Kuripan dan Desa Sukaraja). KONFERENSI NASIONAL KE-8.
Andreas, C., & Yuniati, T. (2016). Pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan sebagai variabel intervening. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 5(5).
Annishia, F. B., & Prastiyo, E. (2019). Pengaruh Harga Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Menginap Tamu Di Hotel Best Western Premier The Hive Jakarta. Jurnal Hospitality Dan Pariwisata, 4(1), 19–28.
Armstrong, p. k. 2012. prinsip-prinsip pemasaran edisi 13. jilid 1 erlangga . jakarta.
Azhari, F. D. (2022). ANALISIS KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN TERHADAP BENIH KELAPA SAWIT BERSERTIFIKAT (Studi Kasus: Desa Lubuk Jawi Kabupaten Rokan Hilir, Riau). Jurnal Agriuma, 4(1), 40–49.
Bagyono. 2012. Teori dan Praktik: Hotel Front Office. Bandung: CV. Alfabeta.
Bagyono. 2014. Pariwisata dan perhotelan. Alfabeta: Bandung.
Donar W, Selan, J. L. 2019. Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan (Studi Pada Hotel Timor Megah Kota SoE,TTS. Journal Of MANAGEMENT SMALL AND MEDIUM ENTERPRISES (SME's) No. 3, NOVEMBER 2019, 10, 375-393.
Enz, C. A. 2012. Strategies for the implementation of service innovations. cornell Hospitality Quarterly, 53 (3), 187-195
Fandy, Tjiptono. 2011. “Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi 2.” Andi. Yogyakarta.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Ford R.C., Sturman, M.C., & Heaton, C. P. 2011. Managing quality service in hospitality. international ed. cengage learning, delmar.
Griffin, M. J., Abergel, A., Abreu, A., Ade, P. A. R., André, P., Augueres, J.-L., Babbedge, T., Bae, Y., Baillie, T., & Baluteau, J.-P. (2010). The Herschel-SPIRE instrument and its in-flight performance. Astronomy & Astrophysics, 518, L3.
Husein Umar, 2011. Riset pemasaran dan perilaku konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Lupiyoadi, Hamdani. 2006. Manajemen pemasaran jasa, Edisi Kedua. Jakarta : Penerbit Salemba Empat.
Kismadi, K., 2016. Skyscanner. [online] Skyscanner.co.id. Available at: [Accessed 12 June 2022].
Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. 2016. Manajemen Pemasaran Edisi 15. Jakarta: Erlangga.
Kuncoro, E. D. (2013). Analisis Penyerapan Anggaran Pasca Penerapan Aplikasi Sipp Pada Satker Pelaksanaan Jalan Nasional Wil. I Dinas Pu Prov. Kaltim. E-Journal Administrasi Bisnis, 1(4), 364–373.
Maminda J, Toleu, A. B. (2017). Pengaruh Kualitas pelayanan Tehadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Rumah Makan Suka Ramai Kota Kupang). Journal Of Manajement Small And Madium (SE'S) no. 2, 5, 139-154.
Muljadi, & Ratnah. (2018). Pengaruh Tangible Dan Responsiveness Terhadap the Effect of Tangible and Responsiveness To the Satisfaction of Motor Vehicle Taxpayer on Balaraja Roving One Roof System in Tangerang Banten. 6(1), 37–46. https://doi.org/10.26486/jpsb.v6i1
Ningsih, R. A. S., & Bawono, Y. 2016. Hubungan antara perilaku konsumtif pada produk x dengan citra diri remaja putri. Mediapsi, 2 (1), 45-50.
Oliver, R. L. (2010). Satisfaction: A Behavioral prespective on the consumer (2nd ed). London : ME Sharp Incoporated.
Prakoso, W. G. (2017). Hotel Resor di Mertoyudan, Magelang, Jawa Tengah. EDimensi Arsitektur Petra, 5(2), 817–824.
Putra, W. E., Mirdah, A., & Siregar, P. Y. (2020). Determinan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Wajib Pajak Dalam Penggunaan E-Filing. Jurnal SIKAP (Sistem Informasi, Keuangan, Auditing Dan Perpajakan), 4(2), 173–187.
Risna. (2017). Analisis pengaruh bauran pemasaran jasa pada tingkat hunian hotel berbasis Syariah di Makassar (studi kasus hotel Al Badar Syariah). 10200113159, 1–156.
Rosalia, K. J., & Purnawati, N. K. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien RSU Surya Husadha di Denpasar (Doctoral dissertation, Udayana University).
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods).Bandung: CV Alfabeta.
Sulistiana, N., Kusnadi, I. H., & Nawawi, A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Sari Ater Hotel & Resort Subang. The World of Business Administration Journal, 179–199.
Triastity, R., & Triyaningsih, S. L. (2013). Pengaruh Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Emphaty terhadap kepuasan konsumen (Survei Konsumen Rumah di CV Satria Graha Gedongan, Colomadu, Karanganyar). Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 13(2), 151–157.
Tjiptono, dan Gregorius Chandra. 2017. Pemasaran Jasa, Penerbit BanyumediaPublishing, Ikapi Jawa Timur
Wahyu, D., 2021. Pengertian Penginapan di Indonesia dan Luar Negeri, Wajib kamu Ketahui Sebelum Sewa Penginapan!. [online] Villakan.com. Available at: [Accessed 12 June 2022].
Wijayanto, K. (2015). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas nasabah bank. Jurnal Manajemen Dayasaing, 17(1), 38-45.
Yaqin, A., & Ilfitriah, A. M. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Bank Pengguna E-Banking Di Surabaya. Journal of Business & Banking, 4(2), 160–245.