PENGARUH JOB CHARACTERISTIC TERHADAP EMPLOYEE ENGAGEMENT (STUDY PADA PT. RAJAWALI PLASTIK ATAMBUA)

Main Article Content

Yulius Mailando Lake
Rolland E Fanggidae
Debryana Y Salean
Ni Putu Nursiani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik pekerjaan dan employee engagement serta menganalisis pengaruh karakteristik pekerjaan secara simultan terhadap employee engagement. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yaitu penelitian yang menunjukkan variabel demi variabel dengan analisis deskriptif dalam statistik dengan rentang skor sangat baik/sangat tinggi. Penelitian semacam ini. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Sampel dalam penelitian adalah karyawan PT. Rajawali Plastik Atambua dengan jumlah sampel 30 sampel responden dalam penelitian ini sudah jenuh. Pengumpulan data primer menggunakan teknik angket, sedangkan pengumpulan data sekunder menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan analisis inferensial yang menggunakan modus regresi linier sederhana, hipotesis diuji dengan uji t dan uji R2. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan SPSS versi 26. Hasil penelitian menyatakan bahwa karakteristik pekerjaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap PT. Rajawali Plastik Atambua. Karakteristik pekerjaan yang memadai mempengaruhi tingkat kemantapan seseorang menjadi lebih tangguh dan mengabdikan diri pada PT. Rajawali Plastik Atambua.


Kata Kunci :     Karakteristik Pekerjaan, Variasi Keterampilan, Identitas Tugas, Signifikansi Tugas, Otonomi, Umpan Balik, Keterlibatan Karyawan

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Lake, Y., Fanggidae, R., Salean, D., & Nursiani, N. P. (2024). PENGARUH JOB CHARACTERISTIC TERHADAP EMPLOYEE ENGAGEMENT (STUDY PADA PT. RAJAWALI PLASTIK ATAMBUA). GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 5(2), 483-493. https://doi.org/10.35508/glory.v5i2.11353
Section
Articles

References

Abdullah, M. (2014). Manajemen dan evaluasi kinerja karyawan. Aswaja Pressindo.
Alison, K. M. (2006). Engaging employees through high-involvement work practices. Ivey Business Journal, 1–4.
Griffin, R. W. (2004). Manajemen. Jakarta: Erlangga, 15–16.
Gunastri, Ni Made. 2009. Karakteristik Individu, Karakteristik Pekerjaan, Karakteristik Organisasi, Motivasi Kerja dan Kinerja Karyawan. Jurnal Forum Manajemen. Jurnal Manajemen Vol 7. No 1
Sulistyo, A. R. (2017). Pengaruh Karakteristik Pekerjaan, Persepsi Dukungan Organisasi, dan Efikasi Diri Terhadap Kepuasan Kerja Dengan Keterikatan Kerja sebagai Variabel Intervening di Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bidang Seni dan Budaya Yogyakarta.
Hughes, J. C., & Rog, E. (2008). Talent management: A strategy for improving employee recruitment, retention and engagement within hospitality organizations. International Journal of Contemporary Hospitality Management.
Kahn, W. A. (1990). Psychological conditions of personal engagement and disengagement at work. Academy of Management Journal, 33(4), 692–724.
Megani, Astelita. (2012). Hubungan antara Employee Engagement dengan Kesiapan Pekerja untuk Berubah. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.
Prasetyo, Bambang dan Lina Miftahul Jannah. (2005). Metode Penenlitian Kuantitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Robbins, P. S. (2006). Perilaku Organisasi. Edisi Sepuluh. Diterjemahkan oleh: Drs. Benyamin Molan. Erlangga, Jakarta.
Saks, A. M. (2006). Antecedents and consequences of employee engagement. Journal of Managerial Psychology.
Schaufeli, W. B., & Bakker, A. B. (2003). Utrecht work engagement scale: Preliminary manual. Occupational Health Psychology Unit, Utrecht University, Utrecht, 26(1), 64–100.
Schaufeli, W. B., Salanova, M., González-Romá, V., & Bakker, A. B. (2002). The measurement of engagement and burnout: A two sample confirmatory factor analytic approach. Journal of Happiness Studies, 3(1), 71–92.
Vazirani, N. (2007). Employee engagement. SIES: College of Management Studies Working Paper Series.