PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP TURNOVER INTENTION KARYAWAN DI DEPOT BAKSO JATIM KOTA KUPANG, NUSA TENGGARA TIMUR

Main Article Content

Muhamad Oki Pradana Putra
Rolland E Fanggidae
Clarce S Maak
Tarsisius Timuneno

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja dan komitmen organisasional terhadap Turnover Intention karyawan Di Depot Bakso JatimKota Kupang dengan jenis penelitian Deskriptif-Asosiatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih  dengan menggunakan penelitian survey yang kuisionernya disebarkan kepada karyawan Depot Bakso Jatimuntuk pengumpulan datanya. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh karyawan Depot Bakso Jatim dan jumlah sampel yang diambil berjumlah 31 responden dengan menggunakan teknik sampel jenuh yang dimana semua anggota populasi dijadikan sampel. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Uji validitas dan uji reliabilitas digunakan dalam uji kualitas data, uji multikolinearitas dan uji heterokedastisitas serta uji normalitas digunakan dalam uji asumsi klasik, dan uji t dan uji F digunakan untuk uji hipotesisnya. Uji kualitas data dan uji asumsi klasik sudah terpenuhi kemudian diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi Y= 2,566 + 0,099(X1) + 0,777(X2) dimana kepuasan kerja memiliki hubungan positif dan tidak berpengaruh signifikan terhadap Turnover Intentionserta komitmen organisasional yang memiliki hubungan positif dan berpengaruh signifikan terhadap turnover intention. Hasil dari uji F ditunjukkan secara simultan berpengaruh kedua variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil uji determinasi menunjukkan  bahwa nilai adjusted R square sebesar 0,346 yang menunjukkan besar persentase sumbangan variabel independen (X) terhadap variabel dependen (Y) sebesar 34,6% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.


Kata Kunci :  Turnover Intention, Komitmen Organisasional dan Kepuasan Kerja

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Putra, M., Fanggidae, R., Maak, C., & Timuneno, T. (2024). PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP TURNOVER INTENTION KARYAWAN DI DEPOT BAKSO JATIM KOTA KUPANG, NUSA TENGGARA TIMUR. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 5(4), 869-880. https://doi.org/10.35508/glory.v5i4.11359
Section
Articles

References

Abdillah, F. (2012). Hubungan Kohesivitas Kelompok dengan Intensi Turnover pada Karyawan. Jurnal Sosial Dan Psikologi, 1(2), 52–58. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/sip
Adolfina. (2014). Analisis Keterkaitan Antara Kepuasan Kerja, Dan Komitmen Organisasi Dengan Kinerja Individu. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(3), 864–871.
Afandi, P. (2018). Manajemen sumber daya manusia. Yogyakarta: Zanafa Publishing.
Anwar, M., Jindong, Y., Hussain, N., & Anjum, Z. (2014). Factors Affecting Organizational Commitment Among Bank Officers In Pakistan. 16(4), 18–24.
Ardana, I. K., Mujiati, N. I., & Utama, I. (2012). Manajemen sumber daya manusia.
Kadiman., Indriana., 2012. (2012). Pengaruh Budaya Organisasi, Komitmen Organisasi, dan Kepuasan Kerja terhadap Turnover IntentionKaryawan (Studi Kasus Pada PT Nyonya Mener Semarang). Juraksi. 1(1): 57-72.5(2), 1368–1398.
Mobley, William H. (2011). Pergantian Karyawan: Sebab Akibat dan Pengendaliannya. Alih Bahasa Nurul Iman. Jakarta: PPM dan Bisnis 2030.
Retnaningrum, A. K., Musadieq, M. Al, Administrasi, F. I., & Brawijaya, U. (2016). PENGARUH WORK-FAMILY CONFLICT TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KINERJA ( Studi pada perawat wanita RSUD Wonosari Yogyakarta ). 36(1).
Robbins & Judge. (2008). Perilaku Organisasi. Prenhallindo.
Roslan, M., Nor, M., Sakat, A. A., Sulaiman, A., Naim, A., & Mara, U. T. (2012). The Relationship Between Job Satisfaction and Turnover IntentionAhmad Faisal Mahdi , 2 Mohamad Zaid Mohd Zin , Faculty of Business Management , Centre for Islamic Thought and Understanding , Department of Islamic History and Civilization , Academy of Isl. 9(9), 1518–1526.
Sopiah, 2011, PerilakuOrganisasional, PenerbitAndi, Yogyakarta.
Sutanto, E. M., Manajemen, P., Universitas, B., & Petra, K. (2013). Kepuasan Kerja , Komitmen Organisasional dan Turnover Intentions. 4(1), 76–88.
Sutrisno, E. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Kencana Prenada Media Group.
Wibowo, (2016). Prilaku Dalam Organisasi. Depok: PT Raja Grafindo Persada
Yusuf, Ria Mardiana dan Syarif, Darman (2018). Komitmen Organisasi. Makasar; Cv Nas Media Pustaka