PENGHARUH BRAND TRUST TERHADAP CUSTOMER LOYALTY MELALUI MINAT BELI ULANG SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA NASI KONOHA DI MASA PANDEMI COVID-19)
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand trust terhadap customer loyalty melalui minat beli ulang sebagai variabel intervening dengan jenis penelitian Deskriptif-Asosiatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih dengan menggunakan penelitian survey yang kuisionernya disebarkan secara online kepada pelanggan Nasi Konoha Kupang. Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat Kota Kupang yang sudah atau pernah membeli pada Nasi Konoha Kupang dan jumlah sampel yang diambil berjumlah 96 responden dengan menggunakakn teknik rumus lemeshow. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Uji validitas, uji reliabilitas dan uji t digunakan sudah terpenuhi kemudian diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi Y= 6,448 + 0,309X dimana brand trust memiliki hubungan positif dan berpengaruh secara signifikan terhadap customer loyalty. Hasil dari uji sobel menunjukkan bahwa minat beli ulang mampu memediasi hubungan brand trust terhadap customer loyalty pada Nasi Konoha Kupang.
Kata kunci : Brand Trust, Customer Loyalty, dan Minat Beli Ulang
Downloads
Article Details
References
Azizah, H. (2013). Pengaruh Kualitas Layanan, Citra dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah. Management Analysis Journal, 1(2).
Chaudhuri, A., & Holbrook, M. B. (2001). The chain of effects from brand trust and brand affect to brand performance: the role of brand loyalty. Journal of Marketing, 65(2), 81–93.
Ferdinand, A. (2002). Pengembangan minat beli merek ekstensi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 3, 243–266.
Ferrinadewi, E. (2008). Merek dan psikologi konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Griffin, J. (2005). Customer loyalty: Menumbuhkan & mempertahankan kesetiaan pelanggan.
Iskandar, S. A. P., & Nasir, M. (2011). Analisis Pengaruh Customer Experience Management Terhadap Brand Trust dan Dampakanya Terhadap Customer Loyalty Marielle Skin Care. Jurnal Pemasaran, Jakarta: FE Universitas Bina Nusantara.
Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran edisi milenium. Jakarta: Prenhallindo.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi 13. Jakarta: Erlangga, 14.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Upper Saddle River, NJ, US. Pearson Education, Inc.
Lau, G. T., & Lee, S. H. (1999). Consumers’ trust in a brand and the link to brand loyalty. Journal of Market-Focused Management, 4(4), 341–370.
Pratiwi, H., Rosmawati, P., & Usman, O. (2019). Effect of price, promotion, brand trust, and customer satisfaction on customer loyalty in packaging products mineral water aqua. Promotion, Brand Trust, and Customer Satisfaction on Customer Loyalty in Packaging Products Mineral Water Aqua (January 8, 2019).
Rizan, M., Saidani, B., & Sari, Y. (2012). Pengaruh brand image dan brand trust terhadap brand loyalty teh botol sosro survei konsumen teh botol sosro di food court itc cempaka mas, jakarta timur. JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 3(1), 1–17.
Schiffman, L., & Kanuk, L. L. (2007). Perilaku konsumen, edisi ke 7. Jakarta: PT. Indeks.
Setiadi, N. J., & SE, M. M. (2019). Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen Edisi Ketiga (Vol. 3). Prenada Media.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sumadi, S., & Soliha, E. (2015). The Effect of Bank Image and Trust on Loyality Mediated by Customer Satisfaction. JDM (Jurnal Dinamika Manajemen), 6(2).
Swastha, D. H., & dan Irawan, B. (2005). Manajemen pemasaran modern edisi 12 Yogyakarta Liberty.
Tangkilisan, F. G. (2013). Relationship Marketing Pengaruhnya Terhadap Customer Loyalty Pada PT. Bank Perkreditan Rakyat Prisma Dana Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4).
Tjahyadi, R. A. (2006). Brand Trust dalam Konteks Loyalitas Merek: Peran Karakteristik Merek, Krakteristik Perusahaan, dan Karakteristik Hubungan Pelanggan-Merek. Jurnal Manajemen Maranatha, 6(1), 65–78.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (Edisi Keempat). Yogyakarta: CV Andi Offset.