STRATEGI PEMASARAN TENUN IKAT (STUDI KASUS PADA KELOMPOK TENUN IKAT YAKOBUS DI KAWASAN FATUMNASI, KABUPATEN TTS)

Main Article Content

Cristian Sebastianus Satria Wibowo
Markus Bunga
Marianus S Neno
Apriana H J Fanggidae

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran apa saja yang sudah di terapkan oleh Kelompok Tenun ikat Yakobus. Pemilihan strategi pemasaran yang tepat dapat membantu suatu usaha untuk berkembang, namun kurangnya pengetahuan akan strategi pemasaran dari kelompok tenun ikat Yakobus menjadi latar belakang permasalahan dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif yang dimana penelitian yang menekankan pada aspek pendalaman data demi mendapatkan kualitas dari suatu penelitian. Dalam sebuah kelompok usaha strategi pemasaran berperan penting dalam meningkatkan penjualan dalam kelompok usaha tersebut. Strategi pemasaran di terapkan untuk membantu kelompok usaha dalam mencapai target penjualan dengan adanya 3 komponen yaitu Segmentasi, Targeting, dan Positioning. Hasil penelitian menunjukkan kelompok usaha tenun ikat Yakobus hanya menerapkan strategi pemasaran secara langsung atau direct selling sehingga hasil penjualan yang didapatkan belum maksimal. Hal ini didasari pada penerapan bauran pemasaran (4P) yang belum efektif.


Kata Kunci : Strategi, Pemasaran, Strategi Pemasaran

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Wibowo, C., Bunga, M., Neno, M., & Fanggidae, A. (2023). STRATEGI PEMASARAN TENUN IKAT (STUDI KASUS PADA KELOMPOK TENUN IKAT YAKOBUS DI KAWASAN FATUMNASI, KABUPATEN TTS). GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 4(5), 1047-1059. https://doi.org/10.35508/glory.v4i5.11616
Section
Articles

References

Agustina Shinta. 2011. Manajemen Pemasaran. Universitas Brawijaya Press. Malang.
Amstrong, Gary & Philip, Kotler. (2012) Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo.
Amstrong, Gary & Philip, Kotler. 2002. Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 1, Alih. Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit. Prenhalindo.
Daryanto. (2011). Media Pembelajaran. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Hartimbul Ginting, Nembah F. 2011. Manajemen Pemasaran. Bandung: CV.
Heizer, J. dan Render, B. 2006. Manajemen Operasi, Edisi 7. Jakarta: Salemba. Empat.
Hurriyati, Ratih (2005), Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen, Bandung. Alfabeta.
Kotler Philip, Amstrong Gary. 2013. Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi ke-12. Penerbit Erlangga.
Kotler, Amstrong. 2001. Prinsip-prinsip pemasaran, Edisi keduabelas, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K.L. (2006). Marketing Management (12th ed.). New Jersey: Pearson Education, Inc.
Kotler, Philip (2004). Marketing Management, The Millenium Edition. Englewood Cliffs, New Jersey : Prentice Hall.
Kotler, Philip; Armstrong, Garry, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran,Jilid 1,. Erlangga, Jakarta.
Martin, S dan Gary. 2006. SOLD. Jakarta : Erlangga. Mowen. H. 2002. Perilaku Konsumen. Yogyakarta:
McLeod Raymond, Schell George. 2004. Sistem Informasi Manajemen Edisi ke-8. Jakarta: PT. Indeks
Moleong, Lexy J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Mulia,R, 2015, Perancagan Bagian Sistem Informasi Nila Ujian Siswa SMP Negeri 3 Bumi Ayu Berbasis Web, Vol 3, Jurnal Khatulistiwa Informatika.
Mulyadi.2008. Sistem Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.
Pasaribu, Hidayati Fauziah. 2018. Penerapan Analisis SWOT dalam Strategi Pemasaran pada PT. Arma Anugerah Abadi Medan . Skripsi Fakutlas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
Rangkuti, Freddy, Strategi Promosi Yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated. Marketing Communication, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2010.
Rangkuti,F. 1997. Analisis SWOT . Teknik Membedah Kasus.Berorientasi Konsep Perencanaan Strategis Untuk Menghadapi Abad Ke 21. Jakarta (Id): Gramedia