ANALISIS PEMBERDAYAAN UMKM TERHADAP PENDAPATAN MASYARAKAT LOKAL DI WILAYAH LINTAS BATAS ATAMBUA-TIMOR LESTE

Main Article Content

Natalia Gracia Rimelda Ulut
Paulina Y Amtiran
Christien C Foenay
Wehelmina M Ndoen

Abstract

Pemberdayaan UMKM merupakan sebuah alternatif untuk mengurangi angka pengangguran, kemiskinan dan meningkatkan pendapatan ekonomi, bentuk pemberdayaan ini seperti pembiayaan, pelatihan dan pendampingan serta perluasan akses pasar. Masalah kemiskinan akan selalu berhubungan dengan masalah pendapatan yang tidak merata. Pendapatan yanng diperoleh masyarakat pun bukannya hanya penjualan dalam negeri tetapi juga penjualan ke luar negeri atau biasa di sebut ekspor. Penelitian ini dilakukan pada Kabupaten Belu (Atambua) yang merupakan daerah perbatasan Indonesia-Timor Leste yang cukup strategi dalam melakukan sebuah riset terkait pemberdayaan UMKM yang mempengaruhi pendapatan masyarakat lokal. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik analisis SWOT. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pemerintah Kabupaten Belu sudah cukup baik dalam melakukan pemberdayaan UMKM terlihat bahwa banyaknya pelaku usaha baru yang mendaftar dan adanya peningkatan penghasilan yang diperoleh masyarakat dari hasil ekspor serta peningkatan pengujung ke daerah perbatasan.


Kata Kunci : Analisis SWOT, Pemberdayaan UMKM, dan Pendapatan

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ulut, N., Amtiran, P., Foenay, C., & Ndoen, W. (2023). ANALISIS PEMBERDAYAAN UMKM TERHADAP PENDAPATAN MASYARAKAT LOKAL DI WILAYAH LINTAS BATAS ATAMBUA-TIMOR LESTE. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 4(5), 1171-1186. https://doi.org/10.35508/glory.v4i5.11687
Section
Articles

References

Amtiran, P. Y., Anabuni, A. U., & Neno, M. S. (2022). Cross Border Trade: Strategy And Policy (Evidence From Cross_Border Trade In The Republic Of Indonesia And The Republic Democratic Of Timor Leste). Global Academy Of Training & Research (Gatr) Enterprise.
Hamonangan, S. (2020). Teori Akuntansi (Pertama). Lppm Uhn Press.
Hanim Lathifah, N. (2018). UMKM (Usaha Mikro, Kecil,& Menengah) & Bentuk-bentuk Usaha. Unissula Press.
Herkulana, Budiman, J. (2022). Peran Pemerintah Daerah dalam Pemberdayaan UMKM di Kawasan Perbatasan Indonesia-Malaysia. Jurnal Ekonomi Integra, 12.
Ibrahim, M. (2016). Peran Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah dalam Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah di Kota Samarinda (Studi di Kelurahan Jawa Kecamatan Samarindah Ulu Kota Samarinda). Ejurnal Ilmu Pemerintahan, 4(1), 256–267.
Imam, A. (2019). Analisis Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Pengrajin Tas di Desa Sukomulyo Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik. In Umg Repository. Universitas Muhammadya Gresik.
Kusnadi. (2017). Teori Akuntansi. Universitas Brwijaya Malang.
Ondang, C., Singkoh, F., & Kumayas, N. (2019). Peranan Pemerintah Daerah dalam Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Minahasa (Suatu Studi di Dinas Koperasi dan UKM). Jurnal Jurusan Ilmu Pemerintahan, 3.
Patiung, M., & Taus, W. (2022). Dampak Perdagangan Lintas-Batas Terhadap Perekonomian Masyarakat Lokal (Penelitian di Wilayah Perbatasan RI-Timor Leste Districk Oecussie). Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4.
Perkim.Id. (2022). Profil Pkp Kabupaten Belu. Perumahan & Kawasan Permukiman. Https://Perkim.Id/Profil-Pkp/Profil-Kabupaten-Kota/Profil-Perumahan-Dan-Kawasan-Permukiman-Kabupaten-Belu/
Pertiwi, Gani, S. (2013). Peranan Dinas Koperasi dan UKM dalam Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah Kota Malang (Studi Pada Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang). Jurnal Administrasi Publik, 1.
Priyono, & Teddy, C. (2016). Esensi Ekonomi Makro. Zifatama Publisher.
Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan 23, Pub. L. No. 14, Psak No. 23 1 (2018).
Safri, H. (2018). Pengantar Ilmu Ekonomi (D. Ilham (Ed.)). Lembaga Penerbit Kampus Iain Palopo.
Salim, M. A., & Siswanto, A. B. (2019). Analisis Swot Dengan Metode Kuesioner. Pilar Nusantara.
Sanjaya, P. K. A., & Nuratama, I. P. (2021). Tata Kelola Manajemen & Keuangan Usaha Mikro Kecil Mengengah (M. Yunus (Ed.)). Cv. Cahaya Bintang Cemerlang.
Sedyastuti, K. (2018). Analisis Pemberdayaan UMKM dan Peningkatan Daya Saing dalam Kancah Pasar Global. Inobis: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 2(1), 117–127. Https://Doi.Org/10.31842/Jurnal-Inobis.V2i1.65
Sumantri, B. A., & Permana, E. P. (2017). Manajemen Koperasi dan Usah Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Perkembangan Teori, Praktik Dan Strategi. Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara Pgri Kediri.
Syaiful, M., Damanik, D., Saragih, E. C., Fitriani, Nugroho, D. H., Guampe, D. F. A., Hikmah, Poluakan, M. V., Pattimahu, T. V., Sudirman, A., Ladjin, D. N., Sumario, Kundhani, E. Y., & Moridu, I. (2022). Pengantar Ilmu Ekonomi (H. F. Ningrum (Ed.)). Penerbit Media Sains Indonesia (Cv. Media Sains Indonesia).
Syarief, F. (2020). Pengembangan dan Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM). Yayasan Barcode.
Terry, & Winardi, G. R. (2012). Asas-Asas Manajemen. Alumni.
Timisela, S. G. (2015). Dampak Perdagangan Lintas Batas Terhadap Perekonomian Masyarakat Lokal (Studi Kasus: Wilayah Perbatasan RI-PNG di Distrik Muara Tami). Jesp, 7.
Tnp2k, & Indonesia, L. D. F. E. Dan B. U. (2021). Pemetaan Program Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) (Edisi Pert). Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan. Www.Tnp2k.Go.Id
Yuniarti, Y. (2019). Strategi Pemberdayaan Usaha Kecil Dan Menengah (UMKM) di Kawasan Indonesia –Malaysia-Thailand (IMT-GT). Ilmu Administrasi Bisnis.