ANALISIS SISTEM ANTRIAN PADA RAMAYANA KUPANG

Main Article Content

Muhammad Rival Ade Yuan Saputra
Ni Putu Nursiani
Ronald P C Fanggidae
Apriana H J Fanggidae

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Sistem Antrian Dan Optimalisasi Layanan Kasir Pada Ramayana Kupang. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu Penelitian terapan. Berdasarkan Hasil penelitian digunakan model struktur antrian Multi Channel-Single Phase yang memiliki 6 kasir, sistem pelayanan menggunakan aturan First come First Served (FCFS) atau yang datang duluan akan dilayani terlebih dahulu. Ramayana Kupang buka dari pukul 09.30-21.00 WITA dengan pencatatan jumlah konsumen yang berada pada sistem setiap interval satu jam. Data Diolah (2023) menunjukan bahwa tingkat kedatangan konsumen yang Paling tinggi dapat di lihat pada jam 20.00-21.00 WITA dengan jumlah jalur yang terbuka dan jumlah rata-rata yang dilayani per satuan waktu pada setiap jalur. Fasilitas yang disediakan Ramayana Kupang adalah 6 teller dengan 1 tahapan pelayanan maka dari hal tersebut dapat menggunakan model antrian jalur berganda.


Kata Kunci : Sistem Antrian,Optimalisasi, Pelayanan Kasir

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Saputra, M., Nursiani, N. P., Fanggidae, R., & Fanggidae, A. (2023). ANALISIS SISTEM ANTRIAN PADA RAMAYANA KUPANG. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 4(5), 1161-1169. https://doi.org/10.35508/glory.v4i5.11703
Section
Articles

References

Aminudin, S. (2005). Prinsip-Prinsip Riset Operasi. Erlangga: Jakarta.
Baht R., Karim A A. 2010. Tongkat Ali (Eurycoma longifolia Jack): A review on its ethnobotany and pharmacological importance. Journal Fitoterapia, (81):669-79.
Bataona, Nyoko, dan Nursiani (2020). Analisis Sistem Antrian Dalam Optimalisasi Layanan Di Supermarket Hyperstore.
Dimas Dwi Prayogo, Jessy J Pondaag, Ferdinand Tumewu (2017). Analisis Sistem Antrian dan Optimalisasi Pelayanan Teller Pada PT. Bank Sulutgo
Dimiyati, Tjutju Tarliah dan Ahmad Dimyati. (2009). Operations Research : Model-model pengambilan keputusan. Sinar Baru Algensindo : Bandung.
Dimyati, T. T., & Dimyati, A. (2018). Operation Research: Model-model Pengambilan Keputusan.
Dwi, (2010), Penerapan Model Simulasi pada Antrian di Bagian Pengobatan Puskesmas Prambon Kabupaten Jeruk Nganju. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Flores. Vol. 1 No. 4
Ernawati Sya’diyah, Kris Suryowati (2017).Analisis Sistem Antrian Pada Pelayanan Teller Di Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Kota Tegal

Fitzsimmons, James A and Mona J. Fitzsimmons. 2011. Service Management: Operations, Strategy, Information Technology 7th edition. The McGraw-Hill Internation Edition.
Heizer, J., & Render, B. (2015), Operations Management (Manajemen Operasi), ed. 11,Penerjemah: Dwi Anoegrah Wati S. dan Indra Almahdy, Salemba empat, Jakarta.
Kakiay, T. j. (2004). Dasar Teori Antrian Untuk kehidupan Nyata (Edisi 1).
Krajewski, Lee J. ; Ritzman,Larry P. Dan Maholtra, Manoj K.2010. Operations
Managements Process and Integrations Supply Chain 9th Edition.New
Jersey : Pearson Education.
Nabunome Anita (2019). Analisis Sistem Antrian Pada Supermarket Dutalia Kupang.
Siti Aminah, Marisi Aritonang Evy Sulistianingsih (2015). Analisis Antrian Multi Channel-Multi Phase pada Antrian Pembuatan Surat Izin Mengemudi dengan Model Antrian (M/M/c).
Sugiyono. 2012. Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif R & D. Bandung : CV. Alfabeta
Sugiyono. 2017. Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif R & D. Bandung : CV. Alfabeta
Rubiyanto, R. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Kartasutra Fkip UMS.