PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) DAN PROMOSI WISATA TERHADAP MINAT BERKUNJUNG WISATAWAN KE OBJEK WISATA PANTAI MOTADIKIN, KABUPATEN MALAKA

Main Article Content

Filemon Kristanto Dini
Ronald P C Fanggidae
Debryana Y Salean
Rolland E Fanggidae

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth (e-WOM) dan promosi wisata terhadap minat berkunjung wisatawan ke objek wisata Pantai Motadikin, Kabupaten Malaka. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survei yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode asosiatif untuk menganalisis hubungan antara dua variabel atau lebih. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan observasi. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik accidental sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi, dan pengujian hipotesis. Data diolah dengan bantuan program SPSS versi 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa electronic word of mouth (e-WOM) berpengaruh signifikan terhadap variabel minat berkunjung wisatawan, dengan nilai t-hitung sebesar 2,872 dan nilai signifikansi sebesar 0,005. Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa promosi wisata memiliki pengaruh yang positif terhadap minat berkunjung wisatawan, dengan nilai t hitung sebesar 4,698 dan nilai signifikansi sebesar 0,000. Hasil uji F menunjukkan bahwa variabel e-WOM dan promosi wisata berpengaruh secara simultan terhadap minat berkunjung wisatawan, dengan nilai F-hitung sebesar 81,944 dan nilai signifikansi sebesar 0,000.


Kata Kunci    : e-WOM, promosi wisata, minat berkunjung, wisatawan, pariwisata

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Dini, F., Fanggidae, R., Salean, D., & Fanggidae, R. (2023). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) DAN PROMOSI WISATA TERHADAP MINAT BERKUNJUNG WISATAWAN KE OBJEK WISATA PANTAI MOTADIKIN, KABUPATEN MALAKA. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 4(5), 1069-1087. https://doi.org/10.35508/glory.v4i5.11704
Section
Articles

References

Dharmmesta, B. S., & Handoko, H. (2000). Manajemen Pemasaran : Analisis Perilaku Konsumen (Edisi 1). BPFE-Yogyakarta.
Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen Pendekatan Penelitian Skripsi Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen (Edisi 5). Badan penerbit Universitas Diponogoro.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25 (Cet. IX). Undip.
Goyette, I., Ricard, L., Bergeron, J., & Marticotte, F. (2010). e-WOM Scale: Word-of-Mouth Measurement Scale for e-Services Context. Canadian Journal of Administrative Sciences / Revue Canadienne Des Sciences de l’Administration, 27, 5–23. https://doi.org/10.1002/cjas.129
Gruen, T., & Osmonbekov, T. (2006). eWOM: The impact of customer-to-customer online know-how exchange on customer value and loyalty. Journal of Business Research, 59(4), 449–456. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2005.10.004
Hasan, A. (2015). Tourism Marketing. CAPS (Center for Academic Publishing Service).
Hennig-Thurau, T., Gwinner, K. P., Walsh, G., & Gremler, D. D. (2004). Electronic word-of-mouth via consumer-opinion platforms: What motivates consumers to articulate themselves on the Internet? Journal of Interactive Marketing, 18(1), 38–52. https://doi.org/10.1002/dir.10073
Hidayanti, A. A., & Masyhudi, L. (2020). Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Daya Tarik dan Lokasi Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan di Desa Tete Batu Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(2), 129–144.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran. Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran Edisi 13. Erlangga.
Lemeshow, S., Klar, J., Lwanga, stephen K., Pramono, D., & Hosmer, D. W. (1997). Besar sampel dalam penelitian kesehatan / Stanley Lemeshow, David W. Hosmer, Janelle Klar, Stephen K. Lwanga ; penerjemah, Dibyo Pramono. Gadjah Mada University Press.
Litvin, S. W., Goldsmith, R. E., & Pan, B. (2008). Electronic word-of-mouth in hospitality and tourism management. Tourism Management, 29(3), 458–468. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2007.05.011
Sihite, R. (2000). Tourism Industry (Kepariwisataan). Surabaya : SIC.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Suryani, D. D. (2018). Pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap minat kunjung kembali wisatawan di Pulau Pahawang Lampung. Studi kasus pada wisatawan pecinta snorkeling di Pulau Pahawang Lampung [Universitas Sanata Dharma Yogyakarta]. http://repository.usd.ac.id/id/eprint/28960
Suwarduki, P., Yulianto, E., & Mawardi, M. (2016). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Citra Destinasi serta Dampaknya pada Minat Berkunjung dan Keputusan Berkunjung (Survei pada Followers Aktif Akun Instagram Indtravel yang Telah Mengunjungi Destinasi Wisata di Indonesia). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 37(2), 1–10.
Tjiptono, F., Chandra, G., & Adriana, D. (2008). Pemasaran strategik / Fandy Tjiptono, Gregorius Candra, Dedi Adriana. Andi.
Triyono, J., Damiasih, & Sudiro, S. (2018). Pengaruh Daya Tarik Dan Promosi Wisata Terhadap Kepuasaan Pengunjung Kampoeng Wisata Di Desa Melikan Kabupatean Klaten. Kepariwisataan: Jurnal Ilmiah, 12(01), 29–40. https://doi.org/10.47256/kepariwisataan.v12i01.92
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 tentang Kepariwisataan, Pub. L. No. 10, 1 (2009).
Warpani, S. P. (2007). Pariwisata Dalam Tata Ruang (Cet 1). Penerbit ITB, 2007.
Wibowo, L. A. (2008). Usaha Jasa Pariwisata. Universitas Pendidikan Indonesia, 0–46.
Wijaya, F. A., & Sugiharto, S. (2015). Pengaruh Celebrity Endorsementterhadap Purchase Intention Denganbrand Image Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Iklan Produk Perawatan Kecantikan Pond’S). Jurnal Manajemen Pemasaran, 9(1), 16–22. https://doi.org/10.9744/pemasaran.9.1.16-22
Zaenuri, M. (2012). Perencanaan Strategis Kepariwisataan Daerah Konsep dan Aplikasi. e-Gov Publishing.