STRATEGI PROMOSI PRODUK TENUN IKAT DALAM UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT PADA KELOMPOK TENUN IKAT DESA NEKMESE FATUULAN KAB. TTS

Main Article Content

Indrawan Gosal
Markus Bunga
Wehelmina M Ndoen
Rolland E Fanggidae

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membantu melakukan strategi promosi dalam Upaya peningkatan pendapatan masyarakat pada kelompok tenun ikat Tobani desa Nekmese, Fatuulan Kab. TTS. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Informan kunci dalam penelitian ini adalah para anggota kelompon tenun ikat Tobani. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis SWOT, dengan mengidentifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kelompok Tenun Ikat Tobani telah melakukan pemasaran terhadap produk tenun ikatnya, namun pemasaran yang dilakukan masih secara konvensional. Kelompok Tenun Ikat tobani pun belum melakukan strategi promosi yang efektif untuk meningkatkan penjualan produk dan peningkatan pendapatan. Dampak dari strategi promosi produk tenun ikat ini adalah peningkatan jumlah penjualan,memperluas jangkauan, memperluan jaringan, dan meningkatkan pendapatan masyarakat.


Kata Kunci : Strategi Promosi, Peningkatan Pendapatan Masyarakat, Kelompok Tenun Ikat

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Gosal, I., Bunga, M., Ndoen, W., & Fanggidae, R. (2023). STRATEGI PROMOSI PRODUK TENUN IKAT DALAM UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT PADA KELOMPOK TENUN IKAT DESA NEKMESE FATUULAN KAB. TTS. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 4(6), 1407-1417. https://doi.org/10.35508/glory.v4i6.11709
Section
Articles

References

Arum, C. D., & Hakimah, E. N. (2016, December). Peranan Bauran Promosi Dalam Usaha Meningkatkan Penjualan pada Kerajinan Tenun Ikat (ATBM) Cap Medali Mas Kediri. In Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi (Vol. 1, No. 1).
Buchari Alma, (2007), Manajamen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Alfabeta, Bandung.
Buchari Alma, (2011),Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa, Bandung: Penerbit Alfabeta.
Babang, R. R., & Rinata, A. R. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Sentra Tenun Prailiu dalam Meningkatkan Penjualan Kain Tenun Sumba Timur. Jurnal Komunikasi Nusantara, 1(2), 82-89.
Basu, Swasta dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern.Yogyakarta:Liberty
Charles W. Lamb, Joseph F. Hair, Carl McDaniel. 2001. Pemasaran, Edisi pertama. Salemba Empat. Jakarta
Dolorosa, E., Yusra, A. H. A., & Arisma, F. (2013). Kajian strategi pemasaran kerajinan tenun ikat Dayak di Desa Ensaid Panjang Kecamatan Kelam Permai Kabupaten Sintang.
Fandy Tjiptono, 2008 .Strategi Pemasaran, Edisi III, Yogyakarta : CV. Andi Offset
Hodgetts, D. J., & Stolte, O. M. E. (2012). Case-based research in community and social pychology: Introduction to the special issue. Journal of Community & Applied Social Psychology, 22, 379–389
Indriyo Gitosudarmo, 2008, Manajemen Pemasaran, edisi pertama, cetakan keempat, Penerbit : BPFE – Yogyakarta
Khoiriyah, N., Widodo, J., & Ani, H. M. (2017). Strategi Bauran Pemasaran Kerajinan Tenun Ikat Pada CV. Silvi Mn Paradila Di Desa Parengan Kecamatan Maduran Kabupaten Lamongan. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(1), 91-98.
Kotler dan Keller, Manajemen Pemasaran. Edisi Ketigabelas. Terjemahan. Jakarta: Erlangga, 2016.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran.
Lamb, Hair, dan McDaniel. 2001. Pemasaran. Bukul . Penerjemah David Octarevia. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Lamb, Hair, dan McDaniel.2001. Pemasaran. Buku2. Penerjemah David Octarevia. Jakarta: Penerbit Salemba Empat
Moekijat. 2000. Manajemen pemasaran. Bandung : Mandar maju.
Nurcahyani, L. (2018). Strategi Pengembangan Produk Kain Tenun Ikat Sintang. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(1), 56-72.
Nong, Y. 2012. Tenun Ikat NTT, http://yustinusnong.blogspot.com/ 2012/01/tenun-ikat-ntt.html,
Purnamasari, I., Arifin, S., & Fu'ad, E. N. (2022). Strategi Pemasaran Tenun Ikat Troso dalam Menghadapi Pemasaran Global Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Jurnal Rekognisi Manajemen, 6(1), 56-65.
Rangkuti, Freddy. 2001. Analisis SWOT Teknik membedahKasus Bisnis.
Rangkuti, Freddy. 2014. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama
Rangkuti, F. 2013. SWOT–Balanced Scorecard. Gramedia Pustaka Utama
Rangkuti, F. 2017. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis: reorentasi
konsep perencanaan strategis untuk mengahadapi abad 21. Cetakan Ke,14.
Setiawan, B., & Suwarningdyah, R. N. (2014). Strategi pengembangan tenun ikat kupang provinsi nusa tenggara timur. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20(3), 353-367.
Sholihin, U. (2014). Analisis strategi pemasaran dalam menghadapi persaingan usaha pada persaingan kain dan sarung tenun ikat cap sinar barokah. Jurnal Cendekia Vol 12 No 3 Sept 2014, 25.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Supariyani. 2004. Manajemen Strategi dan Kebijakan Perusahaan. Erlangga. Jakarta.
Tani’i, Y., & Widodo, H. P. (2016). Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Meningkatkan Jumlah Pembeli Kain Tenun Ikat Biboki. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 5(3).