STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA PANTAI ABUDENOK DI KABUPATEN MALAKA

Main Article Content

Febiana M Lopes
Reyner F Makatita
Yosefina K I D D Dhae
Ronald P C Fanggidae

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi potensi objek Wisata pantai abudenok dan menyusun strategi pengembangan yang tepat sebagai Daya Tarik Wisata. Penelitian ini menggunakan Purposive Sampling sebanyak 7 orang dan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Melalui analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya strategi yang dapat di terapkan yakni kerjasama yang baik dengan pihak pemerintah dalam mengembangkan dan mempromosikan pantai abudenok kepada wisatawan melalui teknologi dan informasi yang ada. Strategi yaitu mengembangkan infrastruktur pendukung dan mengoptimalkan potensi yang menjadi daya tarik unggulan untuk menghadapi pesaing. mengadakan pelatihan bagi masyarakat untuk mengembangkan produk pariwisata seperti souvenir khas dari kabupaten malaka. Strategi lebih gencar dalam mempromosikan objek wisata desa untuk menarik wisatawan datang berkunjung. Hasil penelitian ini dapat ditindak lanjuti oleh peneliti lain. Manfaat penelitian ini adalah dapat menerapkan mata kuliah yang dipelajari dan menjadi saran baik bagi pengelola ataupun pemerintah untuk mengembangkan Objek Wisata pantai Abudenok.


Kata Kunci : Strategi Pengembangan, Analisis kualitatif , Pantai Abudenok

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Lopes, F., Makatita, R., Dhae, Y., & Fanggidae, R. (2023). STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA PANTAI ABUDENOK DI KABUPATEN MALAKA. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 4(6), 1355-1362. https://doi.org/10.35508/glory.v4i6.11750
Section
Articles

References

Abd Fred Lawson, M. B.-B. (1997). Tourism and Recreation. Boston. Massachusetts.
Antonio Nyoko & Ronald Fanggidae (2019). The Potential and Opportunities of Tourism Entrepreneurship in Labuan Bajo
Asriandy, I. (2016). Strategi Pengembangan Obyek Wisata Air Terjun Bissapu di Kabupaten Bantaeng. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Makassar: UNHAS.
Bungin, B. (2007). Penelitian kualitatif: komunikasi, ekonomi, kebijakan publik, dan ilmu sosial lainnya (Vol. 2). Kencana.
Calvin Cornelis, dkk (2019) Strategi Pengembangan Objek Wisata Alam Gunung Fatul eu .
Dinas PariwisataNTT. (2020). Database Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Provinsi NTT.
Echols, M. (2019). John dan Hassan Shadily. Kamus Inggris Indonesia.
Freddy, R. (2006). Analisis SWOT teknik membedah kasus bisnis. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Hafif, A. (2009). Analisis Obyek Wisata Air Terjun Kalipancur Desa Nogosaren dengan Pendekatan Co - Management dan Analytical Hierarchy Process (AHP). Universitas Diponegoro.
Kardha, M. S., Utama, M., & Marsongko, M. (2001). Pengaruh Penambahan Polimer Alam Larut Air Kedalam Lateks Pra-Vulkanisasi Radiasi.
Kasim, Bessie Dan Nyoko (2017). Strategi Promosi Pariwisata Kota Kupang Melalui Pembuatan Media Katalog Wisata.
Kusmawati Madjid Sungkertadi, Surijadi (2019).Analisis Potensi Pengembangan Objek Wisata Pantai Tugulufa Kota Tidore.