PENGARUH GAYA HIDUP DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE SAMSUNG (STUDI KASUS PADA ILMAN CELL KUPANG)

Main Article Content

Muhammad Awalludin Surya Sutrisna
Markus Bunga
Christien C Foenay
Apriana H J Fanggidae

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya hidup dan brand image terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung melalui studi kasus pada Ilman Cell Kota Kupang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode survey dengan pendekatan kuantitatif asosiatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner menggunakan instrument penelitian. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan rumus Lameshow. Penelitian ini dilakukan pada pengguna smartphone Samsung melalui studi kasus pada Ilman Cell Kota Kupang dengan jumlah sampel sebanyak 96 orang. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial gaya hidup memiliki hubungan yang positif dan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung pada Ilman Cell Kota Kupang, secara parsial brand image memiliki hubungan positif dan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung pada Ilman Cell Kota Kupang, dan secara simultan gaya hidup dan brand image memiliki hubungan yang positif dan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung pada Ilman Cell Kota Kupang.


Kata Kunci : Gaya Hidup, Brand Image, Keputusan Pembelian

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sutrisna, M., Bunga, M., Foenay, C., & Fanggidae, A. (2023). PENGARUH GAYA HIDUP DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE SAMSUNG (STUDI KASUS PADA ILMAN CELL KUPANG). GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 4(6), 1443-1451. https://doi.org/10.35508/glory.v4i6.11758
Section
Articles

References

Hidayat M. (2022). HomeTeknoGadget 5 Merek Smartphone di Indonesia dengan Pengapalan Tertinggi Q2 2022. Liputan6.Com. https://www.liputan6.com/tekno/read/5047084/5-merek-smartphone-di-indonesia-dengan-pengapalan-tertinggi-q2-2022
Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi13. Jilid 1. Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. (2011). Manajemen Pemasaran, Edisi Keduabelas Jilid I. Indeks Kelompok Gramedia.
Kotler, P., & Keller, K. (2013). Manajemen Pemasaran Jilid Kedua. Erlangga.
Setiadi, G., Djoko, H., & Ngatno, W. (2015). Pengaruh emotional branding, nilai pelanggan, dan citra merek terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan J . CO Java Mall Semarang. Jurnal Administrasi Bisnis, 4(4), 1–14. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/9230
Setiadi, N. (2010). Perilaku Konsumen (Cetakan 4.). Kencana.
Soepeno, D., Tumbel, A., & Umboh, S. (2015). Analisis Kualitas Produk, Brand Image Dan Life Style Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Wanita Di Mississippi Manado Town Square. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(1), 1096–1105. https://doi.org/10.35794/emba.v3i1.7874
Sugiyono. (2016). Metode kualitatif kuantitatif dan R&B. Alfabeta.
Sumarwan, U. (2011). Perilaku Konsumen (Teori Dan Penerapannya Dalam Pemasaran). Penerbit PT Ghalia Indonesia.
Tjiptono, F. (2012). Strategi Pemasaran (3rd ed.). Andi Offset.
Tjiptono, F. (2015). Brand Management & Strategy. Andi.