ANALISIS PENGARUH KREDIT BERMASALAH TERHADAP KINERJA KEUANGAN KSP KOPDIT SAN DOMINGGO

Main Article Content

Andreas Hermanus Horo
Christien C Foenay
Reyner F Makatita
Wehelmina M Ndoen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kredit bermasalah terhadap kinerja keuangan koperasi. Penelitian ini dimaksudkan untuk memperoleh kepastian mengenai faktor-faktor yang diduga berpengaruh terhadap kinerja keuangan koperasi. Objek penelitian ini adalah KSP Kopdit San Dominggo. Kredit bermasalah diukur dengan NPL dan kinerja keuangan diukur dengan ROA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian surfey dengan pendekatan kuantitatif. Data penelitian ini dari tahun 2019 sampai 2021 dengan alat analisis menggunakan regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kredit bermasalah berpengaruh terhadap kinerja keuangan KSP Kopdit San Dominggo.


Kata Kunci : Kredit Bermasalah, Kinerja Keuangan

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Horo, A., Foenay, C., Makatita, R., & Ndoen, W. (2023). ANALISIS PENGARUH KREDIT BERMASALAH TERHADAP KINERJA KEUANGAN KSP KOPDIT SAN DOMINGGO. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 4(6), 1305-1312. https://doi.org/10.35508/glory.v4i6.11775
Section
Articles

References

Asep Budiman Dan Adil Ridlo Fadillah. (2017). Pengaruh Rasio Kredit Macet dan Likuiditas Terhadap Kinerja Keuangan Bank Perkreditan Rakyat.
Darmawi, H. (2018). Manajemen Perbankan dari Teori Menuju Aplikasi. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Fahmi, I. (2012). Analisis kinerja keuangan: panduan bagi akademisi, manajer, dan investor untuk menilai dan menganalisis bisnis dari aspek keuangan.Bandung: Alpabeta.
I Nyoman Suarjaya. (2015). Analisis Penyelesaian Kredit Macet Pada koperasi Pasar Srinandi Klungkung.
Ikatan Akuntan Indonesia. 2000. Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta :
Salemba Empat
Kasmir. (2013). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta; Penerbit PT. Raja Grafindo Persada.
Kolapo T. Funso, Ayeni R. Kolade, and Oke M. Ojo. 2012. “Credit Risk And Commercial Banks’ performance In Nigeria: A Panel Model Approach”. Autralian Journal of Bussines and Management Research, 2(2).
Kuncoro dan Suhardjono. (2012).
Mudrajad & Suhardjono. 2012. Manajemen Perbankan. Toeri &Aplikasi.Yogyakarta:BPFE.
Munawir,S. 2012 Analisis Laporan Keuangan,Edisi Ke-4. Liberty Yogyakarta.
Nunung Nurhayati. (2022). Pengaruh Simpanan Anggota Dan Kredit Bermasalah Terhadap Sisa Hasil Usaha Di Koperasi Pegawai PDAM Tirta Ayu.
Purwoko,D., & Sudiyatno,B. (1). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Bank (Studi Empirik pada Industri Perbankan Di Bursa Efek Indonesia).Jurnal Bisnis Dan Ekonomi,20(1).
Rivai, V., Permata, A., & Veithzal, D. A. P. (2013). Credit Management Handbook Manajemen Perkreditan Cara Mudah Menganalisis Kredit: Teori, Konsep, Prosedur, Dan Aplikasi Serta Panduan Banker, Mahasiswa Dan Nasabah. Jakarta: Rajawali pers.
Rudianto, E., & Rudianto, E. (2013). Akuntansi Manajemen Informasi Untuk Pengambilan Keputusan Strategis. Jakarta: Erlangga.
Rusmanto, Ida Mentayani. 2012. Model Pengukuran Kinerj pada Perusahaan Jasa Konstruksi di Kota Banjarmasin. Jurnal Aplikasi Manajemen. Volume 10. No 3.
Sari, D. A., & Riduwan, A. (2015). Kinerja Keuangan, Corporate Social Responsibility, Good Corporate Governance dan Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (JIRA), 4(5).
Siamat, D. (2014). Manajemen Lembaga Keuangan, Jakarta: Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Sugiyono. (2012). Metode penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif,dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suyatno, H. A., & Sh, M. (2018). Kepastian Hukum Dalam Penyelesaian Kredit Macet: Melalui Eksekusi Jaminan Hak Tanggungan Tanpa Proses Gugatan Pengadilan. Prenada Media.
Taudlikul Afkar. (2017). Analisis Pengaruh Kredit Macet Dan Kecukupan Likuiditas Terhadap Efisiensi Biaya Operasional Bank Umum Syasiah Di Indonesia.
Undang-Undang Koperasi Pasal 1 No. 25 tahun 1992
Undang-Undang Koperasi Pasal 5 No. 25 tahun 1992
Vina Meiliana & Rini Tri Hastuti. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi kinerja Keuangan Perusahaan Yang Terdaftar Di BEI Periode 2016-2018.
Wahyuni, 2015, Analisis Laporan Keuangan Sebagai Alat Untuk Menilai Kinerja Keuangan PT Pelabuhan Indonesia di Surabaya. Jurnal Akuntansi dan Pendidikan. Volume: 4(No 2).