KEPERCAYAAN KONSUMEN & PROMOSI, BERPENGARUH PADA LOYALITAS PELANGGAN OVO DI KOTA KUPANG

Main Article Content

Maria Aryani Itu
Apriana H J Fanggidae
Yonas F Riwu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan konsumen dan promosi terhadap loyalitas pelanggaan OVO di Kota Kupang. OVO menjadi salah satu penyedia layanan uang elektronik yang banyak digunakan oleh masyarakat untuk memudahkan segala transaksi yang cepat, tepat dan aman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode survey dengan pendekatan asosiatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan rumus unknown populations. Penelitian ini dilakukan pada pengguna OVO dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial kepercayaan konsumen berhubungan positif dan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan OVO di Kota Kupang, secara parsial promosi berhubungan positif dan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan OVO di Kota Kupang dan secara simultan kepercayaan konsumen dan promosi berhubungan positif dan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan OVO di Kota Kupang.


Kata Kunci :  Kepercayaan Konsumen, Loyalitas Pelanggan, Promosi

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Itu, M., Fanggidae, A., & Riwu, Y. (2023). KEPERCAYAAN KONSUMEN & PROMOSI, BERPENGARUH PADA LOYALITAS PELANGGAN OVO DI KOTA KUPANG. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 4(6), 1419-1428. https://doi.org/10.35508/glory.v4i6.12516
Section
Articles

References

Aziah, A., & ADAWIA, P. R. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi., 18(2), 149–156.
Cavilessi, M. S. (2020). Pengaruh Promosi dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Loyalitas pengguna FINTECH (layanan transaksi online). Uiversitas Negeri Semarang.
Diyatma, A. . (2017). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Saka Bistro & Bar. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis.
Firdayanti, R. (2012). Persepsi Resiko Melakukan E-commerce dengan Kepercayaan Konsumen Dalam Membeli Produk Fashion Online. Journal of Social and Industrial Psychology.
Griffin, J. (2010). Customer loyalty : menumbuhkan dan mempertahankan kesetiaan pelanggan. OPAC Perpustakaan Nasional RI.
Hasan, A. (2008). Marketing. In Media Utama.
Kotler, P. and Keller, K. (2009). Marketing Management. Global Edition, Pearson Education Inc., Upper Saddle River. Scientific Research Publishing. https://www.scirp.org/%28S%28351jmbntvnsjt1aadkozje%29%29/reference/referencespapers.aspx?referenceid=2538970
Kotler, P. and Keller, K. (2014). Marketing Management. 15th Edition, Prentice Hall, Saddle River. Scientific Research Publishing. https://www.scirp.org/(S(351jmbntvnsjt1aadkposzje))/reference/ReferencesPapers.aspx?ReferenceID=1639586
Kotler, P. (2016). Marketing management. 15th edition / Philip Kotler; Kevin Lane Keller. Pearson Education Limited.
Lihua, L. L. (2020). Pengaruh Promosi Aplikasi OVO Terhadap Loyalitas Pelanggan.
Luthfianti, R., & Dewi, C. K. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Pengguna Ovo 2019. EProceedings of Management, 7(1). https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/13682
Mowen, J. (2002). Perilaku konsumen. Erlangga, Jakarta.
Pratama, IW, T. P. (2020). Pengaruh Terpaan Promosi Penjualan, Citra Merek dan Nilai Pelanggan terhadap Loyalitas Konsumen Aplikasi OVO di Semarang. Interaksi Online.
Priansa, D. J. (2017). Manajemen Pelayanan Prima. Alfabeta, Bandung. https://cvalfabeta.com/product/manajemen-pelayanan-prima/
Purwitasari, R. (2019). PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, NILAI PELANGGAN DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Studi Kasus Pengguna Aplikasi OVO Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya). JEM17: Jurnal Ekonomi Manajemen. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1704942
Setiawan, T. (2019). Pengaruh Sales Promotion dan Brand Image Terhadap Repurchase Intention Melalui Customer Statisfaction Pada Pengguna OVO di Surabaya. Universitas Katolik Widya Mandala, Surabaya.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/home/catalog/id/10026/slug/metode-penelitian-kuantitatif-kualitatif-dan-r-d.html
Sukoco, M. V. H. (2021). Pengaruh manfaat, kepercayaan, dan kemudahan penggunaan terhadap kepuasan konsumen E-Money (Studi Pada Konsumen Ovo di Kota Yogyakarta).
Tjiptono, F. (2022). SERVICE MANAGEMENT: Mewujudkan Layanan Prima Edisi 4.
Tuhepaly, M., & Rismawati, R. (2021). PENGARUH KEPERCAYAAN, PROMOSI DAN KEMUDAHAN TERHADAP MINAT PENGGUNAAN OVO. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 10(6). http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/4067
Wiedenfels, G. (2009). Trust of potential buyers in new entrepreneurial ventures: An analysis of trust drivers, the relevance for purchase intentions, and the moderating effect of product or service qualities. Deutsche Nationalbibliothek, 1–324. https://doi.org/10.1007/978-3-8349-9495-0
Yuliansyah, R. A. (2022). Pengaruh apersepsi Manfaat, Kepercayaan Konsumen dan Promosi Terhadap Minat Penggunaan Serta Dampaknya Terhadap Loyaitas Pengguna Aplikasi OVO (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi ). Universitas Negeri Jakarta.