PENGARUH BRAND COMMUNITY TERHADAP LOYALITAS MEREK PENGGUNA MOTOR HONDA BEAT PADA KOMUNITAS CLUB BEAT KUPANG

Main Article Content

Albert Alan Lapudooh
Merlyn Kurniawati
Yosefina K I D D Dhae
Ronald P C Fanggidae

Abstract

Persaingan pasar yang semakin ketat secara tidak langsung akan mempengaruhi suatu perusahaan dalam mempertahankan pangsa pasar. Untuk dapat bertahan dalam persaingan yang semakin ketat, maka produsen dituntut lebih memperhatikan kebutuhan dan keinginan konsumen terutama pada strategi untuk mempertahankan loyalitas konsumennya. Menurut Hur, Jae Ko & Valacich (2011) untuk menciptakan loyalitas pelanggan terhadap suatu brand diperlukan adanya brand community yang dapat membantu perusahaan untuk membangun hubungan yang kuat dengan konsumen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Berdasarkan hasil uji regresi menunjukkan variabel Brand Community berpengaruh signifikan terhadap loyalitas merek dengan koefisien regresi sebesar 0,065. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui bagaimana pengaruh variabel Brand Community terhadap variabel Loyalitas Merek. Menurut Bhattacharya, C. B., & Sen, S. (2003) dalam konsep Social Identity Theory, mereka berpendapat bahwa Brand Community membantu konsumen membangun identitas sosial dan mencapai keterlibatan emosional dengan merek. Hal ini berdampak positif pada Loyalitas Merek, karena konsumen yang terlibat dalam Brand Community cenderung lebih setia dan lebih mungkin untuk merekomendasikan merek kepada orang lain.


Kata kunci : Brand community, Loyalitas Merek

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Lapudooh, A., Kurniawati, M., Dhae, Y., & Fanggidae, R. (2024). PENGARUH BRAND COMMUNITY TERHADAP LOYALITAS MEREK PENGGUNA MOTOR HONDA BEAT PADA KOMUNITAS CLUB BEAT KUPANG. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 5(2), 271-280. https://doi.org/10.35508/glory.v5i2.13329
Section
Articles

References

Aaker, D. A. (2012). Managing Brand Equity Capitalizing on the Value of the Brand Name. New York
Bhattacharya, C. B., & Sen, S. (2003). Consumer–company Identification: A Framework for Understanding Consumers’ Relationships with Companies. Journal of Marketing, 67(2), 76-88.
Chang, C. W., & Hsu, C. P. (2022). How to Generate Customer and Firm Benefits Through Online Game Product and Brand Community Engagement–Online and Offline Perspectives. Journal of Product & Brand Management, 31(8), 1252-1264.
Durianto, D., & Sugiarto, T. S. (2001). Strategi menaklukkan pasar melalui riset ekuitas dan perilaku merek. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Fournier, S., Breazeale, M., & Fetscherin, M. (Eds.). (2012). Consumer-brand relationships: theory and practice. Routledge.
Hur, Jae Ko & Valacich (2011). A Structural Model of the Relationships Between Sport Website Quality, E-Satisfaction, and E-Loyalty. Journal of Sport Management, 25, 458-473.
Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller.(2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1& 2.Jakarta: PT. Indeks.
Kotler, P. 2003. Marketing management (11th ed.) New Jersey: Pearson Education. Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th global ed.). England: Pearson, 803-829.
Muniz, Schau & Guinn, O. (2011). Brand Community, Journal of Consumer Research, Oxford Univercity Press, Vol. 27 No. 4.
Suseno, E. E. (2020). Pengaruh Brand Community Terhadap Loyalitas Merek Pengguna Sepeda Motor Vespa (Survei pada Pengguna Vespa Matic Piaggio di Media Instagram. 1–22.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Warusman, J. D., & Untarini. N. (2016). Pengaruh citra merek dan kepercayaan merek terhadap loyalitas pelanggan (studi pada anggota komunitas Sepeda Motor Honda Vario 125cc di Surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 4(2), 35–41.