EFEKTIVITAS PENGELOLAAN PIUTANG PADA PRIMKOP KARTIKA BELU ATAMBUA

Main Article Content

Junita Barreto De Jesus
Wehelmina M Ndoen
Christien C Foenay
Petrus E De Rozari

Abstract

Pengelolaan Piutang yang efektif merupakan salah satu hal yang diharapkan koperasi untuk mendapatkan keuntungan melalui kebijakan penjualan secara kredit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pengelolaan piutang pada Primkop Kartika Belu Atambua yang dapat mengurangi jumlah piutang tak tertagih. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menggambarkan pengelolaan Primkop Kartika Belu Atambua dari tahun 2018-2022 mengalami Fluktuasi, hal ini disebabkan karena kurang efektifnya pengelolaan piutang pada koperasi sehingga berpengaruh pada piutang yang tak tertagih. Alternatif untuk mengatasi terjadinya piutang tak tertagih tersebut koperasi perlu memperbaiki pengelolaan piutang dengan cara melakukan penagihan rutin atau pengawasan terhadap piutang yang sudah jatuh tempo, memberikan denda terhadap peminjam yang terlambat melakukan pembayaran agar mereka tidak menunda-nunda pembayaran.


Kata Kunci : Efektivitas, Pengelolaan Piutang

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
De Jesus, J., Ndoen, W., Foenay, C., & De Rozari, P. (2024). EFEKTIVITAS PENGELOLAAN PIUTANG PADA PRIMKOP KARTIKA BELU ATAMBUA. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 5(3), 667-677. https://doi.org/10.35508/glory.v5i3.13632
Section
Articles

References

Akbar, R.A. (2014). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (Studi pada Pemerintah Kota dan Kabupaten bandung). Tesis.Universitas Pendidikan Indonesia.
Beni, (2016).Konsep Dan Analisis Efektivitas Pengelolaan Keuangan Daerah Di Era Otonomi (Jakarta: Taushia, 2016)
Bungkaes H.R, J.H. Posumah, Burhanuddin zkiyai. (2013). Hubungan Efektivitas Pengelolaan Program Raskin dengan Peningkatan Kesejahteraan Masyrakat di Desa Mamahan Kecamatan Gemeh Kabupaten kepulauan Talaud.Acta Diurna.
Kasmir. (2015). Analisis laporan keuangan. Edisi Satu. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Mardiasmo.(2017). Perpajakan. Yogyakarta: Andi.
Riadi, Muchlisin. (2013). Pengertian, Jenis dan pengelolaan Piutang.
Rizka Milatul husnadan Sri Sulasmiyati.(2015). Pengelolaan piutang yang efektif dalam upaya meningkatkan rentabilitas dan menjagal likuiditas. Jurnal Universitas Brawijaya.
Sari, (2017). Analisis Piutang Tak Tertagih Berdasarkan Umur Piutang Pada Hotel Berbintang Di Kota Manado, Jurnal Riset Akuntansi Going Concern FE Unsrat, Manado.
Subandi. (2015). Ekonomi Koperasi :Teori Dan Praktik. Bandung : Alfabeta.
Sudana, I. (2011). Manajemen Keuangan Perusahaan Teori dan Praktek.Jakarta : Erlangga.
Tambunan, Diana dan Shinta Noviana. (2016). Analisis Tingkat Perputaran pada PT Perdana Gapuraprima Periode 2012-2014. Prosding Seminar Nasional Indocompac Universitas Bakrie. Hal 408
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2012 tentang Perkoperasian.
Yunenda Nur Rafiā€™ah & Nevita Permata (2022) .Pengendalian Internal Usaha Untuk mengurangi Kredit Macet Pada Kopwan Annisa Sejahtera Desa Serut Kecamatan Boyolangu.