PENGARUH ECONOMIC VALUE ADDED DAN MARKET VALUE ADDED TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Main Article Content

Medi Ananda Rohi
Petrus E de Rozari
Reyner F Makatita
Wehelmina M Ndoen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Economic Value Added dan Market Value Added terhadap return saham. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan asosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 171 perusahaan dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 10 perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2022. Penelitian ini menggunakan teknik regresi data panel. Pengujian hipotesis dilakukan dengan regresi data panel menggunakan software Eviews 12. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Economic Value Added berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap return saham, 2) Market Value Added berpengaruh positif dan signifikan terhadap return saham, 3) Economic Value Added dan Market Value Added secara simultan berpengaruh signifikan terhadap return saham. Hasil uji Adjusted R-Squared menunjukkan bahwa seluruh variabel independen mampu menjelaskan variabel dependen sebesar 51,9% dan sisanya dijelaskan oleh lain.


Kata Kunci : Economic Value Added, Market Value Added, Return Saham

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Rohi, M., de Rozari, P., Makatita, R., & Ndoen, W. (2024). PENGARUH ECONOMIC VALUE ADDED DAN MARKET VALUE ADDED TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 5(4), 857-868. https://doi.org/10.35508/glory.v5i4.15673
Section
Articles

References

Arsyad, Lincolin. (2016). Ekonomi Manajerial. Edisi Keempat. Yogyakarta: BPFE.
Besley, Scott dan Eugene F. Brigham. (2008). Essentials of Managerial Finance. United States of America: Thomson South-Western.
Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Gendro dan Hadri Kusuma. (2017). Manajemen Keuangan Lanjutan: Berbasis Corporate Value Creation. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Hansen dan Mowen (2009). Akuntansi Manajerial. Buku 1. Edisi Kedelapan. Jakarta: Salemba Empat.
Jogiyanto. (2014). Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Kesembilan. Yogyakarta: BPFE.
Kartini. (2011). “Analisis Pengaruh Economic Value Added (EVA), Market Value Added (MVA), dan Arus Kas Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Industri Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia”. Jurnal Bisnis dan Ekonomi, Vol. 2, No. 2, Hal 158-168.
Mahasidi, I.G.B.N. Darma dan L.G.K. Dewi. (2022). “Pengaruh Price To Book, Economi Value Added, dan Market Value Added terhadap Return Saham Investor Pada Perusahaan Perbankan di Bursa Efek Indonesia”. Jurnal Manajemen, Vol. 8, No. 2.
Mahgripi, M. K. A. Nugroho dan Triyonowati. (2019). “Pengaruh EVA, Inflasi, dan Suku Bunga Terhadap Return Saham”. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol. 8, No. 12.
Munawir. (2004). Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: Penerbit Liberty.
Najmah, Husnia, R. Rachmawati D. dan R. N. Fajri. (2021). “Pengaruh Economic Value Added (EVA) dan Profitabilitas terhadap Return Saham”. Jurnal Akuntabel, Vol. 18, No. 1.
Rahman, Dony Y. (2016). “Pengaruh Economic Value Added dan Market Value Added Terhadap Harga Saham Perusahaan Sektor Keuangan Yang Terdaftar Di BEI Tahun 201-2014”. Jurnal STIE Perbanas Surabaya.
Sartono, Agus. (2011). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: BPFE.
Sudana, I Made. (2015). Manajemen Keuangan Perusahaan. Edisi Kedua. Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta
Winarto, Jacinta. (2005). “Penilaian Kinerja Keuangan Perusahaan dengan Menggunakan Metode Market Value Added (MVA)”. Jurnal Manajemen Maranatha, Vol. 4.