ANALISIS PENERAPAN METODE ELECTRONIC COMMERCE TERHADAP PENDAPATAN BUBUR AYAM FARMASI DI KOTA KUPANG

Main Article Content

Elizabeth Pingge
Petrus E de Rozari
Wehelmina M Ndoen
Christien C Foenay

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode E-Commerce terhadap pendapatan Bubur Ayam Farmasi di Kota Kupang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data yang telah di kumpulkan melewati tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa UMKM Bubur Ayam Farmasi berhasil meningkatkan pendapatan selama penerapan metode E-Commerce, sebelumnya hanya dapat menghasilkan pendapatan yang kecil sebesar Rp. Rp.1.000.000- Rp.3.000.000 dengan porsi yang terjual hanya 30 sampai 50 porsi. Sedangkan saat ini, penghasilan Bubur Ayam Farmasi sudah mencapai Rp.86.748.000 dengan prosi yang di sediakan 300 sampai 500 porsi per harinya. Penerapan metode E-Commerce akan menjadi salah satu solusi bagi para pelaku usaha untuk mengembangkan usaha ataupun untuk mempromosikan usaha secara meluas dengan mengurangi biaya yang mungkin akan sangat besar.  Setiap pelaku usaha selalu mengharapkan keuntungan besar dari hasil jual beli barang atau jasa sebagai pendapatan. Bubur Ayam Farmasi sudah melakukan dan menerapkan metode E-Commerce sebagai salah satu strategi berjualan dengan memanfaatkan peran dari media sosial untuk membantu mempromosikan usaha Bubur Ayam Farmasi.


Kata Kunci : Pendapatan, E-Commerce, UMKM

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Pingge, E., de Rozari, P., Ndoen, W., & Foenay, C. (2024). ANALISIS PENERAPAN METODE ELECTRONIC COMMERCE TERHADAP PENDAPATAN BUBUR AYAM FARMASI DI KOTA KUPANG. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 5(5), 1031-1038. https://doi.org/10.35508/glory.v5i5.15942
Section
Articles

References

Akbar, M. A., & Alam, S. N. (2020). E-Commerce Dasar Teori Dalam BisnisDigital.Yayasan Kita Menulis.
A., Morissan M. dkk.2017. Metode Penelitian Survei. Jakarta: Kencana.
Annisa Kesy Garside, ddk. 2020.Penguatan Aspek Produksi Dan Pemasaran Pada Usaha Keripik Singkong Mix Sayur. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, Vol.4, No.1
Anonimius. (2019). Tim Kementrian Koperasi dan UMKM 2015, Rencana Strategis Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Dan Menengah Republik Indonesia Tahun 2015-2019. Kementrian Koperasi Dan Ukm, Jakarta.
Ayu Noviani Hanum & Andwiani Sinarasri, 2017, Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Adopsi E-Commerc Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja UMKM (Studi Kasus UMKM Di Wilayah Kota Semarang), Media Akuntansi: Universitas Muhammadiyah Semarang, ISSN : 2580-9482, Vol. 1 No. 1,
Dachlan, N., Dwiridotjahjono, J., & Prabowo, B. (2016). Adoption of E-Commerce for Small and Medium Enterprises: Empirical Study in Indonesia. The International Journal Of Business & Management, 4(12), 2321–8916. www.theijbm.com
Dauda, P., Paris, P. P., Megawaty, M., Hendriadi, H., & Kausar, A. (2023). Pengaruh Electronic Commerce (E-Commerce) terhadap Peningkatan Pendapatan pada UMKM di Kabupaten Gowa. JEMMA (Journal of Economic, Management and Accounting), 6(1), 105.https://doi.org/10.35914/jemma.v6i1.1789.
Dica Suci Enggar Jati. 2015. Pengaruh Pemberian Kredit Modal Kerja Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Pada PT Bank Pembiayaan Rakyat Syari’ah (BPRS) Margirizki Bahagia Bantul. Skripsi. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Dr. Usman Effendi, S.Sos., M.M. 2016. Perilaku Konsumen. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Fatmariani. 2011. Pengaruh Adopsi Teknologi Informasi Open Source E-Commerce Terhadap Kinerja UKM dengan FaktorFaktor Technology Acceptance Model (TAM) Sebagai Moderating Variabel. Jurnal Teknomatika Vol. 1 No. 1 Palembang STMIK PalComTech.
Hakim, Firdaus Nurul, Yulinartati Yulinartati, and Achmad Syahfrudin Z. 2020. “Analisis Pengaruh E-Commerce Dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Dalam Pengambilan Keputusan Untuk Berwirausaha.” E-Jurnal Akuntansi 11(1): 20–35.
Hanny, R., Syah, A., & Novita, D. (2020). Analisis Penggunaan E-Commerce Terhadap Peningkatanpendapatan Umkm Kuliner Kecamatan Sawangan - Depok. Excellent, 7(1), 56–68. https://doi.org/10.36587/exc.v7i1.626
Harefa, P.R.A., Zebua, S. And Bawamenew, A. (2022) ‘Analisis Biaya Produksi Dengan Menggunakan Metode Full Costing Dalam Perhitungan Harga Pokok Produksi’, Jurnal Akuntansi, Manajemen, Dan Ekonomi
Hendriani, 2012. Peran UMKM Dalam Perekonomian Teknologi Indonesia Open Source E-Commerce Terhadap Kinerja UMKM dengan Faktor-Faktor Technology Acceptance Model (TAM) Sebagai Moderating Variabel. Jurnal Teknomatika Vol. 1 No. 1 Palembang STIMIK PalComTech
Helmalia & Afrinawati. (2018). Pengaruh E-Commerce terhadap peningkatan pendapatan usaha mikro kecil dan menengah di Kota Padang. JEBI (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam), 3(2), 237–246.
Jayamerta, Kevin Stefanus. (2017). ” Pemeriksaan operasional atas aktivitas pembelian untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi fungsi pembelian : studi kasus pada PT. Kabatama Raya". http://hdl.handle.net/123456789/3614 :
Kasmi, Adi Nurdian Candra. (2017)."PENERAPAN E-COMMERCE BERBASIS BUSINESS TO CONSUMERS UNTUK MENINGKATAN PENJUALAN PRODUK MAKANAN RINGAN KHAS PRINGSEWU." Jurnal AKTUAL15.2: 109-116.
Kuswiratmo, B. A. (2016). Memulai Usaha dan Langkah-Langkah Hukum Mendirikan Usaha Hingga Mengelolanya. Jakarta : Visimedia
Khatimah, H. (2018). Posisi Dan Peran Media Dalam Kehidupan Masyarakat.
Tasamuh, 16(1), 119–138.
Lathifah Hanim dan MS. Noorman . (2018). UMKM (Usaha Mikro, Kecil, & Menengah) & Bentuk-Bentuk Usaha. Semarang: UNISSULA PRESS.
Laudon, Kenneth C. dan Carol Guercio Traver. 2017. E-Commerce : Business, Technology, Society 17Th Edition. United States of America: Pearson
Listiawati, L., Afriani, R. I. and Solehan, T. (2021) ‘Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Kepuasan pelanggan Di Pt. Indomaret Suralaya, Merak-Banten’, Jurnal Riset Akuntansi Terpadu, 10(2). doi: 10.35448/jrat.v10i2.4256.
Solihat, Manap., & Sandika, Dedi. (2022). Ecommerce di Industri 4.0
Mumtahana, H. A., Nita, S., & Tito, A. W. (2017). Pemanfaatan Web ECommerce untuk meningkatkan strategi pemasaran. Khazanah Informatika: Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, 3(1), 6-15
Rukmini, E., & Hendriani, S. (2017). Pengaruh Kompensasi, Lingkungan Kerja dan Pengembangan Karir terhadap Kepuasan Kerja dan Turn Over Intention (Studi pada Karyawan MNC Bank Wilayah Sumatera). Jurnal Tepak Manajemen Bisnis, 9(1), 645-661.
Sarastyarini, Ni Made Werin, dan Yadnyana, I. Ketut. (2018). "Pengaruh E- Commerce dan Efektivitas Kerja Pengguna Terhadap Kinerja Perusahaan Pada Usaha Kecil dan Menengah di Denpasar." E-Jurnal Akuntansi 24.3: 1880-1907
Yusvita Aprilyan, Elin Erlina Sasanti, & Isnawati. (2022). Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 2(2), 292–306. https://doi.org/10.29303/risma.v2i2.216
Zia, Halida. 2020. “Pengaturan Pengembangan Umkm Di Indonesia.” Rio Law Jurnal 1(1). http://www.djkn.kemenkeu.go.id djpb.kemenkeu.go.id, 2023