ANALISIS PENGETAHUAN KEUANGAN DAN PERAN INFLUENCER DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN
Main Article Content
Abstract
Penelitian memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan keuangan dan peran influencer keuangan terhadap keputusan investasi. Populasi dalam peneltian ini adalah generasi z di kelurahan Fatululi yang sudah memiliki pengetahuan keuangan yang baik. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 110 responden dan menggunakan teknik non probability sampling yaitu purposive sampling. Dari hasil pengujian disimpulkan pengetahuan keuangan dan peran influencer keuangan berpengaruh positif terhadap keputusan investasi. Pengetahuan keuangan yang ditingkatkan melalui eksperimen berhasil meningkatkan keputusan generasi z dalam memutuskan untuk berinvestasi serta bantuan dari media influencer social media dengan menggunakan role model Felicia Putri Tjiasaka dan pejelasan yang dilakukan peneliti berhasil membuat peran influencer social media juga berkontribusi terhadap keputusan investasi.
Kata Kunci : Generasi Z, Influencer, Keputusan Investasi, Pengetahuan Keuangan, Social Media
Downloads
Article Details
References
Anabel, L. E. (2023). Peran Influencer Dan Minat Investasi Pada Generasi Sandwich Di DKI Jakarta. Jurnal Manajemen, Ekonomi, Hukum, Kewirausahaan, Kesehatan, Pendidikan Dan Informatika (MANEKIN), 2(02), 405–420.
Anggarini, D. R., Putri, A. D., & Lina, L. F. (2021). Literasi Keuangan untuk Generasi Z di MAN 1 Pesawaran. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 1(1), 147–152. https://doi.org/10.54082/jamsi.42
Banuwa, A. K., & Susanti, A. N. (2021). Evaluasi Skor Pre-Test dan Post-Test Peserta Pelatihan Teknis New SIGA di Perwakilan BKKBN Provinsi Lampung. Jurnal Ilmiah Widyaiswara, 1(2), 77–85. https://doi.org/10.35912/jiw.v1i2.1266
Brilianti, T. R., & Lutfi, L. (2020). Pengaruh pendapatan, pengalaman keuangan dan pengetahuan keuangan terhadap perilaku keuangan keluarga di kota Madiun. Journal of Business and Banking, 9(2), 197. https://doi.org/10.14414/jbb.v9i2.1762
Budiantara, M. (2012). Pengaruh tingkat suku bunga, nilai kurs, dan inflasi terhadap indeks harga saham gabungan di bursa efek indonesia periode tahun 2005-2010. Jurnal Sosiohumaniora, 3(3), 57–66.
Fitriarianti, B. (2018). Pengaruh Literasi Keuangan, Perilaku Keuangan Dan Pendapatan Terhadap Keputusan Berinvestasi. Seminar Nasional I Universitas Pamulang , 1(1), 1–15. https://core.ac.uk/download/pdf/337610591.pdf
Fitriyah, H. N. (2023). Pengaruh Pengetahuan Keuangan, Transparansi Informasi Dan Influencer Sosial Media Terhadap Keputusan Gen Z Melakukan Investasi Reksadana Dengan Fomo Sebagai Variabel Moderate (Studi Kasus Surakarta). Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, 1(8), 30–41.
Fitriyani, E. N. (2021). Pengaruh Kesadaran Halal, Islamic Branding, Dan Sikap Terhadap Minat Beli Generasi Z Dimoderasi Social Media Influencer. Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(4), 6.
Fitriyani, P. (2018). Pendidikan Karakter Bagi Generasi Z. Prosiding Konferensi Nasional Ke- 7, 307–314. http://www.appptma.org/wp-content/uploads/2019/08/34.-Pendidikan-Karakter- Bagi-Generasi-Z.pdf
Handini, S., & Astawinetu, D. E. (2020). Teori Portofolio dan Pasar Modal Indonesia. In Scopindo Media Pustaka.
Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia? Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1), 12–28. https://doi.org/10.34010/jamika.v10i1.2678
Hayati, M. (2016). Investasi Menurut Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam (Journal of IslamicEconomics and Business), 1(1), 66–78. https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/ikonomika
Hidayat, A. S., & Paramita, R. . S. (2022). The Analysis of Financial Literacy, Financial Attitude and Locus of Control Toward Financial Behavior on UNESA’s Economic and Business Students. Accounting and Finance Studies, 2(3), 157–176. https://doi.org/10.47153/afs23.4392022
Isnawan, M. G., Nahdlatul, U., & Mataram, W. (2020). KUASI-EKSPERIMEN (Issue February). Kumalasari, R., Hidayat, R. R., & Azizah, D. F. (2016). Pengaruh Nilai Tukar, BI Rate, Tingkat
Inflasi, dan Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (Studi Pada
Indeks Harga Saham Gabungan Di BEI Periode Juli 2005-Juni 2015). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 34(1), 130–137. https://www.neliti.com/publications/86884/pengaruh-nilai- tukar-bi-rate-tingkat-inflasi-dan-pertumbuhan-ekonomi-terhadap-in
Lagousi, K. (2015). Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen Melalui Model Pembelajaran Demonstrasi Siswa Kelas VII/A SMP Negeri 1 Noling Kabupaten Luwu. Jurnal Onoma: Pendidikan, Pengajaran Bahasa Dan Sastra, 1(2), 1–13.
Landang, R. D., Widnyana, I. W., & Sukadana, I. W. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan, Perilaku Keuangan dan Pendapatan Terhadap Keputusan Berinvestasi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati Denpasar. Jurnal EMAS, 2(2), 51–70.
Lathifah, H. M., & Garbo, A. (2022). Investasi Saham Syariah di Tengah Pandemi COVID-19: Peran Pengetahuan Dan Social Media Influencer. ABHATS: Jurnal Islam Ulil Albab, 3(1), 63–75. https://doi.org/10.20885/abhats.vol3.iss1.art5
Manurung, A. H. (2012). Teori Perilaku Keuangan ( Behaviour Finance ). Economis Of Management, 41(4), 1–13. http://finansialbisnis.com/Data2/Riset/Teori Perilaku Keuangan.pdf
Mulyana, M., Hidayat, L., & Puspitasari, R. (2019). Mengukur Pengetahuan Investasi Para Mahasiswa Untuk Pengembangan Galeri Investasi Perguruan Tinggi. JAS-PT Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi, 3(1), 31. https://doi.org/10.36339/jaspt.v3i1.213
Nasution, A., & Darma, S. D. (2021). Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner Menggunakan Influencer Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 15(2), 192–202. https://doi.org/10.46576/jbc.v6i1.1484
Nurhidayah, N. (2018). Gender, Pengetahuan Keuangan, dan Niat Bertansaksi Saham. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 12(2), 7–15. https://doi.org/10.32812/jibeka.v12i2.37
Pahlevi, F. S. (2021). Legal Standing Influencer Saham di Indonesia. Invest Journal of Sharia & Economic Law, 1(2), 17–41. https://doi.org/10.21154/invest.v1i2.2908
Paningrum, S. E. D. (2022). Buku referensi investasi pasar modal.
Paradiba, L., & Nainggolan, K. (2015). Pengaruh Laba Bersih Operasi Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Food and Bevergae Yang Terdaftar di BEI. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, 15(1), 113–124.
Prabowo, D. I. (2022). Analisis Persepsi Generasi Z Terhadap Sukuk, Saham Syariah, dan Reksadana Syariah Sebagai Pilihan Instrumen. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 3(6), 1205– 1214. https://doi.org/10.36418/jiss.v3i8.606
Pratiwi, F. (2023). BEI Catat Jumlah Investor Saham di NTT Tumbuh 17,19 Persen. Republika. https://news.republika.co.id/berita/ryo80r457/bei-catat-jumlah-investor-saham-di-ntt-tumbuh- 1719-persen
Pritazahara, R., & Sriwidodo, U. (2015). Pengaruh Pengetahuan Keuangan Dan Pengalaman Keuangan Terhadap Perilaku Perencanaan Investasi Dengan Self Control Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 15(1), 28–37. http://ci.nii.ac.jp/naid/110000039498/
Purnama, E. D., & Simarmata, F. E. (2021). Efek Lifestyle Dalam Memoderasi Pengaruh Pengetahuan Keuangan Dan Literasi Keuangan Terhadap Perencanaan Keuangan. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(8), 1567–1574.
Putri, L. P. (2015). Pengaruh Profitabilitas terhadap Perusahaan Batu Bara Indonesia. Jurnal Ilimiah Manajemen Dan Bisnis, 16(02), 49–59. http://jurnal.umsu.ac.id
Putri, N. M. D. R., & Rahyuda, H. (2017). Pengaruh Tingkat Financial Literacy Dan Faktor Sosiodemografi Terhadap Perilaku Keputusan Investasi Individu. E-Jurnal Ekonomi Dan
Bisnis Universitas Udayana, 6(9), 3407. https://doi.org/10.24843/eeb.2017.v06.i09.p09 Putri, W. W., & Hamidi, M. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Faktor Demografi Terhadap
Pengambilan Keputusan Berinvestasi. Akuntabilitas, 14(2), 253–268. https://doi.org/10.29259/ja.v14i2.11480
Rais, M., Khairi, H., & Hidayat, F. (2023). Pengaruh Teknologi Digital, Religiusitas, dan Sosial Media Terhadap Keputusan Generasi Z Berinvestasi di Saham Syariah. Ekonomi Syariah Dan Bisnis, 6(2), 342–355. https://doi.org/10.31949/maro.v6i2.7178
Rakhimsyah, L. A., & Gunawan, B. (2011). Pengaruh keputusan Investasi, Keputusan Pendaanan, Kebijakan Deviden dan Suku Bunga Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Investasi, 7(1), 31– 45.
Ratminingsih, N. M. (2010). Penelitian Eksperimental Dalam Pembelajaran Bahasa Kedua. Prasi, 6(11), 31–40.
Safryani, U., Aziz, A., & Triwahyuningtyas, N. (2020). Analisis Literasi Keuangan, Perilaku Keuangan, Dan Pendapatan Terhadap Keputusan Investasi. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 8(3), 319–332. https://doi.org/10.37641/jiakes.v8i3.384
Sani, N., & Paramita, S. (2024). LITERASI KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Pada Investor Generasi Z Jawa Barat ). 13(1), 134–147.
Subowo, A. T. (2021). Membangun Spiritualitas Digital bagi Generasi Z. DUNAMIS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 5(2), 379–395. https://doi.org/10.30648/dun.v5i2.464
Supriadi, I., Maghfiroh, R. U., & ... (2024). Pelatihan Literasi Keuangan Tentang Pentingnya Management Investasi Bagi Gen Z. AMMA: Jurnal …, 3(1), 1–7. https://www.journal.mediapublikasi.id/index.php/amma/article/view/4000%0Ahttps://www.j ournal.mediapublikasi.id/index.php/amma/article/download/4000/2388
Suryaman, A. H., & Hindriari, R. (2021). Pengaruh Earning Per Share (Eps) Dan Price Earning Ratio (Per) Terhadap Harga Saham Pada Pt Bumi Serpong Damai Tbk Periode 2011 – 2020. Jurnal Neraca Peradaban, 1(3), 199–204. https://doi.org/10.55182/jnp.v1i3.58
Tazkia, A., & Wijayanti, R. (2022). Pengaruh Influencer Keuangan dan Literasi Keuangan Terhadap Minat Investasi Generasi Milenial di Pasar Modal. Jurnal Management Risiko Dan Keuangan, 1(2), 112–127.
Trisnaningsih, T., Sihabudin, S., & Fauji, R. (2022). Pengaruh Influencer Dan Literasi Keuangan Terhadap Minat Investasi Mahasiswa. Journal of Business and Economics Research (JBE), 3(2), 82–89. https://doi.org/10.47065/jbe.v3i2.1705
Tumewu, F. J. (2019). Minat Investor Muda Untuk Berinvestasi Di Pasar Modal Melalui Teknologi Fintech. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 6(2), 133–145. https://doi.org/10.35794/jmbi.v6i2.26170
Ukhriyawati, C. F., Mulyati, S., & Rika, R. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku manajemen keuangan pelaku usaha kecil di bidang fashion. Proceeding of National Conference on Accounting & Finance, 4, 528–535. https://doi.org/10.20885/ncaf.vol4.art66
Upadana, I. W. Y. A., & Herawati, N. T. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan dan Perilaku Keuangan terhadap Keputusan Investasi Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Humanika, 10(2), 126. https://doi.org/10.23887/jiah.v10i2.25574
Utomo, L. T., Ardianto, Y. T., & Sisharini, N. (2017). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Layanan, Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akademik Universitas Merdeka Malang. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Informatika, 3(2). https://doi.org/10.26905/jtmi.v3i2.1425
Widyastuti, A., & Seno, P. H. K. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Investasi
Pada Generasi Milenial (Studi pada Generasi Milenial Usia 18-34 Tahun di DKI Jakarta). Prosiding SNAM PNJ, 3. https://prosiding- old.pnj.ac.id/index.php/snampnj/article/download/5888/2991
Wiyono, D. aldi, & Asyik, nur fadjrih. (2023). Dampak Pengetahuan Investasi Pada Pengaruh Modal Awal, Risiko, Dan Social Media Influencer Terhadap Minat Investasi. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi STIESIA, 12 No 6. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jira/article/view/5353
Wulandari, D. A., & Iramani, R. (2014). Studi Experienced Regret, Risk Tolerance, Overconfidance Dan Risk Perception Pada Pengambilan Keputusan Investasi Dosen Ekonomi. Journal of Business and Banking, 4(1), 55. https://doi.org/10.14414/jbb.v4i1.293
Yundari, T., & Artati, D. (2021). ANALISIS PENGARUH LITERASI KEUANGAN, PERILAKU KEUANGAN DAN PENDAPATAN TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI (Studi Kasus Pada Karyawan Swasta Di Kecamatan Sruweng Kabupaten Kebumen). Jurnal Ilmiah Manajemen Keuangan.
Zis, S. F., Effendi, N., & Roem, E. R. (2021). Perubahan Perilaku Komunikasi Generasi Milenial dan Generasi Z di Era Digital. Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 5(1), 69–87. https://doi.org/10.22219/satwika.v5i1.15550