PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK WARDAH (STUDI KASUS PADA KONSUMEN PENGGUNA WARDAH KOTA KUPANG)
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh Kualitas Produk dan ekuitas merek terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Wardah Kota Kupang.Penelitian ini dilakukan pada konsumen pengguna kosmetik Wardah Kota Kupang. Sampel dalam Penelitian ini berjumlah 100 responden, dengan menggunakan Teknik Nonprobability Sampling dengan pengambilan Accidental Sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh melalui kuesioner dengan menggunakan skala Likert. Data diolah secara statistic dengan program SPSS 21 for windows, yaitu uji t, uji f, dan koefisien determinasi (R2). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa secara simultan pengaruh kualitas produk dan ekuitas merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Wardah. Secara parsial, masing-masing kualitas produk dan ekuitas merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik wardah di kota Kupang. Nilai R Squearenya sebesar 0,563 atau 56,3%. Hal ini berarti variabel Kualitas Produk dan Ekuitas Merek berkontribusi sebesar 56,3% berpengaruh terhadap variabel Keputusan Pembelian, sedangkan sisanya sebesar 43,7%dipengaruhi oleh variabel laindiluar persamaan regresi atau variabel yang tidak diteliti.
Kata Kunci : Kualitas Produk, Ekuitas Merek, dan Keputusan Pembelian
Downloads
Article Details
References
Aaker, A,.David 1997. Manjemen ekuitas Merek. Diahlibahasakan oleh Aris Ananda.Cetakan Pertama Jakarta: Spektrum Mitra Utama.
Engel, J.,P, Miniard. Dan R, Blackwell. 2000. Perilaku konsumen. Edisi keenam. Jilid 1.Binarupa Angkasa, Jakarta.
Goetsch, D. L, dan Stanley, B. Davis, 2002, Manajemen Mutu Total, Alih bahasa; Benjamin Molan, penyunting wandansariMardiarti, edisi kedua, jilid 2, PT Prenhallindo, Jakarta.
Ghozali Imam. 2005 Aplikasi Analisis Multivariate Dengan dengan program SPSS. Edisi ketiga. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hendrayani, I. A. N., & Seminari, N. K. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Melalui Mediasi Citra Merek Terhadap Kepercayaan Pembeli Produk Oriflame. In Prosiding Seminar Nasional AIMI .
Rangkuti, Freddy. 2004. The Power Of Brands: Teknik Mengelola Brand Equity Dan Startegi Pengembangan Merek. Cetakan Kedua.Jakarta: Pt Gramedia Pustaka Utama
Santoso, A. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian. Ekuilibrium: Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 11(1), 43-55.
Sugiyono (2011).Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta