DAMPAK PENILAIAN MARKET VALUE ADDED TERHADAP PERGERAKAN HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2013-2022
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari penilaian Market Value Added terhadap pergerakan harga saham pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2022. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan sumber data sekunder berupa laporan keuangan tahunan perusahaa, dan harga saham tahunan setiap perusahaan yang merupakan sampel dalam penelitian periode 2013-2022, dan data gambaran umum perusahaan yang terdapat di BEI. Pemilihan sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh 10 perusahaan makanan dan minuman dari total 84 perusahaan. Hasil penelitian diukur dengan metode MVA yang menunjukkan nilai MVA secara keseluruhan dari perusahaan makanan dan minuman bernilai positif (MVA > 0) setiap tahunnya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perusahaan makanan dan minuman memiliki kinerja yang baik dan karena telah mampu menciptakan nilai tambah pasar, pergerakan harga saham juga dapat dikatakan baik dan perusahaan juga telah mampu untuk menciptakan kemakmuran para pemegang saham.
Kata Kunci : Harga Saham, Market Value Added
Downloads
Article Details
References
Brigham E. F dan Houston J. F. (2014). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Salemba Empat.
ButarButar. (2011). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Pengungkapan Laporan Keuangan Pada PErusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI periode 2008-2010.
Christiana, I. (2019). Pengaruh Kinerja Keuangan dan Modal Kerja Terhadap Return Saham pada Jakarta Islamic Index. Festifal Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi, 333–341.
Darmadji, T dan H. M. Fakhruddin. (2012). Pasar Modal di Indonesia, Edisi 3, Salemba Empat. Jakarta.
Hery. (2016). Analisis Laporan Keuangan Integrated and Comprehensive Edition. Jakarta: Grasindo.
Hidayat, Taufik. 2010. Buku Pintar Investasi. Jakarta : Media Karta.
Husnan, S. (2012). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Cetakan Pertama (Edisi Keen). UPP STIM YPKN.
J.F Wetson & Brigham, E. . (1992). Essentials of MAnagerial Finance. The Dryden Press.
Jogiyanto, Hartono. (2013). Teori Portofolio dan Analisis Investasi: Yogyakarta: BPFEYogyakarta.
Kasmir. (2019). Analisis Laporan Keuangan (edisi pertama). PT Raja Grafindo Persada.
Keown, Arthur J., (2010). Manajemen Keuangan, PT. Indeks, Jakarta
Munawir, S. 2015. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.
Ridwan S. Sundjaja dan Inge Berlian. 2003. Manajemen Keuangan. Edisi 5. Jakarta: Literata.
Rudianto. (2012). Pengantar Akuntansi Konsep dan Teknik Penyusunan Laporan Keuangan. Erlangga.
Suganda, & . R. T. (2018). Teori dan Pembahasan Reaksi Pasar Modal Indonesia. Seribu Bintan.
Sugiyono. (2017). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. ALFABETA.
Tandelilin, Eduardus. (2010). Portofolio dan Investasi. Edisi Pertama. Kanisius, Yogyakarta.
Zaki, M., Islahuddin. dan Shabri, M. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Leverage Keuangan dan Ukuran Perusahaan terhadap Harga Saham (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2005-2014). Jurnal Megister Akuntansi, 58–66.