FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMASARAN DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN KAIN TENUN SONGKE PADA UMKM DI DESA PAGAL, KABUPATEN MANGGARAI

Main Article Content

Patrisia Astuti Jegaut
Apriana H J Fanggidae
Yonas F Riwu
Paulina Y Amtiran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Faktor- faktor yang mempengaruhi pemasaran digital dalam meningkatkan penjualan kain tenun Songke di Desa Pagal Kabupaten Manggarai. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pengumpulan data menggunakan teknik wawancara ,observasi,dan dokumentasi. Data selanjutnya dilakukan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan pemasaran digital memungkinkan pelaku UMKM di Desa Pagal menjangkau pasar yang lebih luas. Platform seperti media sosial (Facebook, whatsAppp) membantu UMKM memperluas jangkauan konsumen. Faktor-faktor yang mempengaruhi pemasaran digital dalam meningkatkan penjualan kain tenun Songke Di Desa Pagal Kabupaten Manggarai. 1. Kendala Akses Pasar yang Terbatas; 2. Kurangnya Pengetahuan tentang Digitalisasi; 3. Tantangan Logistik akibat Infrastruktur Transportasi yang Tidak. Untuk mengatasi kendala-kendala ini, diperlukan strategi yang mencakup peningkatan infrastruktur, pengembangan keterampilan digital, perluasan jaringan kemitraan, serta dukungan yang lebih besar dari pemerintah dan lembaga terkait. Dengan demikian, diharapkan potensi penjualan kain tenun Songke dapat meningkat, baik di pasar lokal maupun pasar yang lebih luas.


Kata Kunci : Pemasaran Digital, Penjualan, UMK

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Jegaut, P., Fanggidae, A., Riwu, Y., & Amtiran, P. (2025). FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMASARAN DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN KAIN TENUN SONGKE PADA UMKM DI DESA PAGAL, KABUPATEN MANGGARAI. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 6(3), 857-864. https://doi.org/10.70581/glory.v6i3.18533
Section
Articles

References

Ascharisa Mettasatya Afrilia. 2018. Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi. Jurkom, Riset Komunikasi1 (1). Hal 147–157.
Chaffey, D., Ellis-Chadwick, F. (2019) Digital Marketing: Strategy, Implementation and Practice. Boston: Pearson.
Daud, I. (2021). Manajemen Pemasaran (1st ed.). Indomedia Pustaka.
Kotler, Philip; AB Susanto, 2001, Manajemen Pemasaran Indonesia, Salemba Empat, Jakarta
Piñeiro-Otero, Teresa., Martínez-Rolán, Xabier. (2016). Understanding Digital Marketing-Basics and Actions. Switzerland: Springer International Publishing
Purwana ES, Dedi, Rahmi,Aditya, S. 2017. Pemanfaatan Digital marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM).Jurnal Pemberdayaan MasyarakatMadani (JPMM)1(1). 1–17
Suhariyanto. 2017. Pengelolaan Keuangan Bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Di Kelurahan Airputih Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru Usaha Mikro Kecil. https://se2016.bps.go.id/umkumb/files/umkumb/00_Pusat/00_booklet_SE2 016Lanj utan_01_Potensi_UMK.pdf.
Sukendar, Astria Yuli Satyarini, Amanda Raissa, and Tomy Michael. 2020. “Penjualan Rogodi (Roti Goreng Mulyodadi) Sebagai Usaha Bisnis Dalam Meningkatkan Usaha Mikro Kecil (Umk) Di Desa Mulyodadi, Kabupaten Sidoarjo.” Jurnal Hukum Bisnis Bonum Commune 3(1): 79–89
Tjiptono & Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategik. Edisi Kedua. Yogyakarta Yogyakarta: ANDI.