PENGARUH PENGGUNAAN MARKETPLACE BALIMALL TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK UMKM
Main Article Content
Abstract
Objek Penelitian di lakukan di Marketplace Balimall dengan subjek penelitian UMKM CV. Sari Yoga yang menjual produk nasi kotak VIP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan marketplace Balimall terhadap peningkatan penjualan produk UMKM, yang merupakan penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian yaitu seluruh data transaksi penjualan selama periode (2021-2023). Penentuan sampel menggunakan metode sensus. Data yang di kumpulkan berupa transaksi penjualan, hasil wawancara dan untuk menyempurnakannya menggunakan teknik triangulasi data. Teknik analisis data yang di gunakan berupa analisis statistik deskriptis, analisis regresi linear sederhana, kofisient determinasi, dan uji hipotesisi melalui uji t. Hasil penelitian secara deskriptif menunjukan terdapat hubungan antara penggunaan marketplace Balimall terhadap peningkatan penjualan produk UMKM dan hubungan ini di presepsikan positif berdasarkan data transaksi dan hasil wawancara. Sedangkan hasil analisis regresi menunjukan adanya pengaruh anatar penggunaan marketplace balimall terhadapn peningkatan penjualan produk UMKM, dengan tingkat signifikan yang sangat kecil (<,001) < (0,005). Hasil uji-t menunjukan terdapat pengaruh antara penggunaan marketplace Balimall terhadap peningkatan penjualan produk UMKM yang di lihat dari hasil uji t hitung sebesar 8.365 > t tabel 1.69092. Hasil output kofisien determinasi juga menunjukan nilai R Square sebesar 0.673 atau setara dengan 67,3 % .
Kata Kunci : Marketplace dan Peningkatan Penjualan
Downloads
Article Details
References
Ana, W., Sophan, T. D. F., Nisa, C., & Sanggarwati, D. A. (2021). Pengaruh Pemasaran Media Online Dan Marketplace Terhadap Tingkat Penjualan Produk (UMKM) Cn Collection Di Sidoarjo. Media Mahardhika, 19(3), 517–522. .https://doi.org/10.29062/mahardika.v19i3.274
Artaya, I. P., & Purworusmiardi, T. (2019). Efektifitas Marketplace Dalam Meningkatkan Konsentrasi. Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Narotama Surabaya, April, 1–10. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.10157.95206.
Artaya, Putu, T. P. (2019). Efektifitas Marketplace Dalam Meningkatkan Konsentrasi. Universitas Narotoma Surabaya, April.
Ashari, P., & Budi, S. (2005). Analisis Statistik Dengan Microsoft Excel dan SPSS. Jakarta: PT. Rikena Cipta.
Ayu, I. D., Tantri, A., Martina, K., Putri, D., & Arya, I. P. (2020). Implementasi Digital Marketing Pada (UMKM) di Kabupaten Klungkung Dalam Meningkatkan Komoditas Profit. Jurnal Pendidikan …, 12(2), 263–275. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPE/article/view/29305
B Swasta. (2005). Manajemen Pemasaran: Dasar Konsep Dan Strategi. Jakarta.
Basu Swastha Dharmmesta & Handoko, T. Hani. (2008). Manajemen Pemasaran. Edisi 2. Yogyakarta: BPFE.
Bubun, U. (2022). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 1(Mi), 5–24. Chaffey, D. (2019). Digital Marketing (7th edition). Pearson Education Limited.
Chaffey, D., & Chadwick-Ellis, F. (2016). Strategy, Implementation and Practice. In Digital Markerting. www.pearson.com/uk
Chakti, G. (2019). The Book Of Digital Marketing: Buku Pemasaran Digital (Vol. 1). Celebes Media Perkasa.
Data (UMKM), Jumlah dan Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Indonesia. https://ukmindonesia.id/baca-deskripsi-posts/data-(UMKM)-jumlah-dan- pertumbuhan-usaha-mikro-kecil-dan-menengah-di-indonesia
DeLone, W. H., & McLean, E. R. (2003). The DeLone and McLean model of information systems success: A ten-year update. Journal of Management Information Systems, 19(4), 9– 30.https://doi.org/10.1080/07421222.2003.11045748
Dewi, S. K., & Sudaryanto, A. (2020). Validitas dan reliabilitas kuisioner pengetahuan, sikap dan perilaku Pencegahan Demam Berdarah. Prosiding Seminar Nasional Keperawatan Universitas Muhammadiyah Surakarta 2020.
Fahlevi, P., & Dewi, A. O. P. (2019). Analisis Aplikasi Ijateng Dengan Menggunakan Teori Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Ilmu Perpustakaan, 8(2), 103–111.
Ghozali, Imam . (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gusrizaldi, R., & Komalasari, E. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Penjualan Di Indrako Swalayan Teluk Kuantan. Valuta, 2(2), 286–303.
Irianto, H., Ratnawati, S., & Hartin, J. (2022). Inovasi Layanan Kependudukan Dispendukcapil Melalui Program Jemput Bola Terpadu Di Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Administrasi Publuk Dan Ilmu Komunikasi, 9(2), 145–150. https://doi.org/10.55499/intelektual.v9i2.81
Kasmadi, N. S. S. (2014). Panduan modern penelitian kuantitatif. Bandung: Alfabeta. Khatimah, B. N., Yuliana, R., & Hamdani, M. (2023). Peningkatan Penjualan di Market Place Shopee Pada Era Digitalisasi. EconBank: Journal of Economics and Banking, 5(2), 293–301. https://doi.org/10.35829/econbank.v5i2.340.
Kotler, P. (1997). Manajemen Pemasaran, Jilid I (H. Teguh & R.A. Rusli, Terj.). Prenhallindo.
Kotler, P. (2005). The role played by the broadening of marketing movement in the history of marketing thought. Journal of Public Policy & Marketing, 24(1), 114–116.
Kotler, P., Nair, K., Cox, D., & Opresnik, M. (2017). Marketing Management (16th edition). Pearson Education Limited.
Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. (2009). Marketing Management. 13th Edition. New Jersey: Pearson Education.
Kotler, Philip. (2000), Manajemen Pemasaran 2, Edisi Milenium bahasa Indonesia, Penerbit Prenhallindo, Jakarta
Manik, C. D. (2015). ( Studi Pada Perumahan Serpong Garden ). Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 3(1), 40–56