PENGARUH PRODUK BUNDLING DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PRODUK GLAD2GLOW DI KOTA KUPANG

Main Article Content

Alfa Irene Labi
Debryana Y Salean
Yonas F Riwu
Merlyn Kurniawati

Abstract

Industri skincare lokal di Indonesia menunjukkan pertumbuhan pesat seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan perawatan kulit. Dalam menghadapi persaingan yang ketat, strategi pemasaran seperti produk bundling dan peningkatan kualitas menjadi krusial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh simultan antara produk bundling dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen Glad2Glow di Kota Kupang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis Structural Equation Modeling berbasis Partial Least Squares (SEM-PLS). Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 96 responden menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan produk bundling memberikan pengaruh positif namun tidak signifikan secara parsial. Namun secara simultan, kedua variabel tersebut memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini mengisi gap literatur karena sebelumnya belum ada studi yang meneliti pengaruh simultan variabel tersebut dalam konteks merek lokal seperti Glad2Glow. Kontribusi penelitian ini terletak pada implikasi praktisnya terhadap strategi pemasaran yang efektif bagi brand lokal, serta menegaskan bahwa kualitas produk merupakan faktor utama dalam proses pengambilan keputusan konsumen


Kata Kunci : Produk Bundling, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian, Glad2Glow, SEM-PLS

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Labi, A., Salean, D., Riwu, Y., & Kurniawati, M. (2025). PENGARUH PRODUK BUNDLING DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PRODUK GLAD2GLOW DI KOTA KUPANG. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 6(6), 2085-2095. https://doi.org/10.70581/glory.v6i6.22559
Section
Articles

References

Adisty Naomi. (2022). Tumbuh Pesat, Pemakaian Produk Kecantikan di Indonesia Kian Meningkat.
Aldoko, I., Santoso, T., & Prabowo, Y. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Merek di Pasar Global. Jurnal Pemasaran Dan Konsumen, 14(1), 33-45.
Alfons, M. (2018). Perkembangan Industri Perawatan Kecantikan di Indonesia.
Assauri, S. (2015). Manajemen Pemasaran (5th ed.). Rajawali Pers.
Ghozali, I., & Latan, H. (2020). Partial Least Squares: Konsep, Teknik, dan Aplikasi Menggunakan SmartPLS 3.0. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hamid, R. S., & Anwar, S. M. (2019). Structural Equation Modeling (SEM) Berbasis Varian (Konsep Dasar dan Aplikasi Program Smart PLS 3.2.8. dalam Riset Bisnis). PT Inkubator Penulis Indonesia.
Haucap, J., & Stühmeier, T. (2022). Economies of Scope and Bundling in Digital Markets. Journal of Economic Perspectives. 36(4), 89-112.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education. https://www.vitalsource.com/products/marketing-management-kevin-lane-keller.
Mandiri, J. A., Ismail, Y. L., & Ramlan Amir Isa. (2024). Pengaruh Produk Bundling dan Diskon terhadap Keputusan Pembelian pada Pengguna Produk Skincare The Originote di Kota Gorontalo. Economic Reviews Journal, 3(2), 1028–1041. https://doi.org/10.56709/mrj.v3i2.242
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.