PERUBAHAN PRILAKU KONSUMEN DAN EKSISTENSI UMKM DI ERA PANDEMI COVID-19
Main Article Content
Abstract
Pandemi covid-19 adalah wabah yang tidak pernah diduga, memilik berdampak sangat luas terhadap segala tatanan kehidupan masyarakat dunia. Transportasi, pariwisata, manufactur, jasa dan konstruksi mengalami penurunan signifikan. Dampak dari penurunan aktifitas di berbagai sector ini adalah penurunan daya beli masyarakat dan penurunan tingkat pertumbuhan ekonomi. Indonesia juga mengalami persoalan yang sama, maka langkah langkah penyelamatan dilakukan oleh pemerintah dengan memberikan berbagai stimulus termasuk kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Pelaku UMKM juga perlu mengambil langkah langkah strategis untuk menjaga eksistensi usahanya secara mandiri, salah satunya dengan menyesuaikan dengan perubahan prilaku konsumen akibat pandemi covid -19. Perubahan prilaku konsumen tersebut antara lain konsumen menginginkan produk yang fokus pada nilai, mayoritas konsumen berbelanja secara on line dan konsumen menginginkan produk dan jasa sehat.