ANALISIS HARGA TERHADAP TINGKAT HUNIAN HOTEL DALAM MENDUKUNG INDUSTRI PARIWISATA DI KOTA KUPANG

Main Article Content

Faldio Nalle
Ronald P C Fanggidae
Paulina Y Amtiran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga terhadap tingkat hunian hotel dalam mendukung industri pariwisata di Kota Kupang dengan menganalisis harga, tingkat hunian dan omset setiap tahun dari hotel-hotel yang menjadi objek penelitian bagi penulis. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu dengan proses wawancara. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling dengan populasi hotel-hotel di kota kupang dan tiga hotel sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh oleh penulis yaitu, adanya pengaruh yang signifikan antara harga dan tingkat hunian dan diantara  keduanya terdapat hubungan yang tak bisa terpisahkan. Terdapat tiga hotel yang menjadi objek penelitian utama yakni Aston Hotel Kupang & Convention Center, Kristal Hotel Kupang dan M Hotel Kupang. Peran hotel sangat penting bagi pemerintah daerah setempat, pengusaha perhotelan dan kelangsungan hidup masyarakat. Tingkat hunian hotel dapat naik atau turun sesuai dengan kebutuhan pengunjung, misalnya terdapat even-even tertentu maupun perlombaan dan acara lainnya, maka kamar hotel akan selalu banyak pesanan, dan dari hasil analisis data, tingkat hunian hotel selalu mengalami fluktuasi sesuai kondisi.


 Kata Kunci : Pariwisata,  Hotel, Tingkat Hunian

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Nalle, F., Fanggidae, R., & Amtiran, P. (2022). ANALISIS HARGA TERHADAP TINGKAT HUNIAN HOTEL DALAM MENDUKUNG INDUSTRI PARIWISATA DI KOTA KUPANG. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 3(1), 1-13. https://doi.org/10.35508/glory.v3i1.7664
Section
Articles

References

Basu, Swastha, 2007, PT. Gramedia Jakarta, Pemasaran, Edisi Keenam, BPFE, Yogyakarta.
Dosen STIE Partuba Pangkal Pinang, 2016, Analisis Harga terhadap Room Occupancy Hotel dan Penginapan di Kota Pangkal Pinang, Jural Bisnis Darmajaya. No 2. Vol 2.
Ena, M. Y., Nyoko, A. E., & Ndoen, W. M. (2019). Pengaruh persepsi harga, kualitas pelayanan, lokasi dan word of mouth terhadap keputusan pembelian di Chezz Cafenet. Journal of Management Small and Medium Enterprises (SMEs), 10(3), 299-310.
Husein, Umar, 2002, Saluran Distribusi Edisi Keenam, Intermedia, Jakarta.
Ikram, A. A., Nyoko, A. E., & Fanggidae, R. P. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Menginap (Studi pada Resepsionis Hotel On The Rock Kupang). Journal of Management Small and Medium Enterprises (SMEs), 9(2), 167-174.
Kotler, Philip, 2003, Marketing Management. Elevent Edition. New Jersey: Prentice Hall, Inc. Alih Bahasa oleh Benyamin Molan, 2005, Index, Jakarta.
Kotler, Philip, 2007, Manajemen Pemasaran, Edisi 12, PT Index, Jakarta.
Lovelock, Christopher H. dan Lauren K. wright, 1999, Manajemen Pemasaran Jasa, New Jersey: Prentice Hall, Inc. Alih Bahasa oleh Widyantoro, 2005, Index, Jakarta.
Mattila, Anna S. And John W. O’Neill, 2013, Relationship Between Hotel room Pricing Occupancy and Guest Satisfaction: A Longitudinal Case of a Midscale hotel. In the United States, Journal of Hospitality and Tourism Research, No X, Vol XX, Hal: 1-14.
Nazir. 2005, Penelitian Kuantitatif Studi Perbandingan (Komparatif)
Rahayu, Sri, 2011, Pengaruh Harga Jual Kamar Terhadap Nilai Penjualan pada Hotel Sahid di Bandar Lampung, Jurnal Manajemen dan Bisnis, No.2, Vol. 1, Hal: 188-198.
Shite, Richard, 2000, Hotel Manajemen (Pengelolaan Hotel), SIC, Surabaya.
Sugiarto, Endar dan Sri, Sulartiningrum. 2003, Pengantar Akomodasi dan Restaurant.
Sugiyono. 2015. “Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, dan R & D “. Bandung: CV. Alfabeta.
Susanto Andri M, Analisis Tingkat Hunian dan Pendapatan Hotel di Kabupaten Jember selama Bulan Berkunjung ke Jember.
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra, 2007, Service, Quality and Satisfaction, Andi Offset, Yogyakarta.
Wijaya, Christedi P, 2018, Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Tingkat Hunian Kamar pada Hotel Bali Mandira Legian, Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol. 13, No.1. 28 Februari 2018.
Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2015 tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Daerah ( RIPPDA ) di Provinsi Nusa Tenggara Timur.
Peraturan Pemerintah Nomor 50 tahun 2011 tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Nasional ( RIPPARNAS ) tahun 2010 – 2025.