ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN ULANG PADA PABRIK TAHU PINK JAYA DI KOTA KUPANG

Main Article Content

Oktavianus Kenda
Apriana H J Fanggidae
Clarce S Maak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Kepuasan Konsumen  (Atribut yang terkait dengan Produk, Atribut yang terkait dengan Pelayanan, dan Atribut yang terkait dengan Pembelian) terhadap Pembelian Ulang pada Pabrik Tahu Pink Jaya Kota Kupang. Jenis penelitian adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen dari Pabrik Tahu Pink Jaya Kota Kupang. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan accidental sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Pengambilan data menggunakan kuesioner. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Atribut yang terkait dengan Produk dan Atribut yang terkait dengan Pelayanan bepengaruh signifikan terhadap Pembelian Ulang pada Pabrik Tahu Pink Jaya Kota Kupang. Sedangkan, Atribut yang terkait dengan Pembelian tidak bepengaruh signifikan terhadap Pembelian Ulang pada Pabrik Tahu Pink Jaya Kota Kupang. Hasil pengujian secara simultan dalam penelitian ini mengungkapkan bahwa kepuasan konsumen yang terdiri dari Atribut yang terkait dengan Produk, Atribut yang terkait dengan Pelayanan dan Atribut yang terkait dengan Pembelian secara bersama-sama berpengaruh terhadap Pembelian Ulang pada Pabrik Tahu Pink Jaya Kota Kupang.


Kata Kunci : Kepuasan Konsumen, Pembelian Ulang.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Kenda, O., Fanggidae, A., & Maak, C. (2022). ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN ULANG PADA PABRIK TAHU PINK JAYA DI KOTA KUPANG. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 3(4), 251 - 262. https://doi.org/10.35508/glory.v3i4.9580
Section
Articles

References

Alamsyah, R. A. (2016). Pengaruh Kepuasan dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Niat Pembelian Ulang Di Toko Online. Jurnal of Management FEB UMM., 6(2), 5542.
Dharmamesta, B. S. (2014). Manajemen Pemasaran. BPFE.
Dutka, A. (2008). Atribut-Atribut Dari Kepuasan Secara Universal. Erlangga.
Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Universitas Diponerogo.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponorogo.
Hardiansyah, R. (2019). Pengaruh Suasana Toko, Lokasi Dan Promosi Terhadap Minat Beli Di Toko Roti Morning Bakery. Jurnal Bening, 6(1), 214. https://doi.org/10.33373/bening.v6i1.1798
Ishak, A., & Luthfi, Z. (2011). Pengaruh Kepuasan dan Kepercayaan Konsumen terhadap Loyalitas: Studi Tentang Peran Mediasi Switching Costs. Jurnal Siasat Bisnis, 15(1), 55–66. https://doi.org/10.20885/jsb.vol15.iss1.art5
Kotler, P. (2012). Manajemen Pemasaran (13th ed.). Erlangga.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Edisi 13). Erlangga.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Prinsip-prinsip pemasaran (Edisi 13). Penerbit Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2013). Manajemen Pemasaran. Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Manajemen. Education Ine.
Kurniawan, B. F. (2019). Analisis Pengaruh Lokasi, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Dampaknya Pada Minat Beli Ulang Tahu Khas Kemitir (Mas Surya) Kebumen. 1–10.
Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Salemba Empat.
Manullang, M., & Hutabarat, S. (2016). Manajemen Pemasaran Dalam Kompetisi Global. Indonesia Pustaka.
Mas’ud, A. A., Rombe, E., & Nainggolan, E. P. (2018). Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Perilaku Pembelian Ulang Konsumen Pada Café Dan Resto Bangi Kopitiam Di Kota Palu. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT), 4(1), 71–80. https://doi.org/10.22487/jimut.v4i1.107
Muh Nur, E. (2012). Konsumsi dan Inflasi Indonesia. Jurnal Kajian Ekonomi, 1(1).
Norhermaya, Y. A., & Soesanto, H. (2016). Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Kepercayaan dan Loyalitas Pelanggan untuk Meningkatkan Minat Beli Ulang (Studi Pada Online Store Lazada.Co.Id). Journal Of Management, 5(3), 1–13.
Purbasari, D. M., & Purnamasari, D. L. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Pembelian Ulang. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 2(1), 43–54. https://doi.org/10.33603/jibm.v2i1.1056
Riduwan. (2006). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Alfabeta.
Rivai, V. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Raja Grafindo Persada.
Rusdi, A. (2012). Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi pada Resep Moyang Cafe dan Resto).
Shinta, A. (2011). Manajemen Pemasaran. Universitas Brawijaya Press.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Alfabeta.
Suryana, P., & Sumar Dasuki, E. (2013). Analisis Faktor yang Mepengaruhi Keputusan Pembelian dan Implikasinya pada Minat Beli Ulang. Jurnal Trikonomika, 12(2), 190–200.
Suyono, A. . (2012). Pertimbangan Dalam Membeli Produk Barang Maupun Jasa. Itidayu Pers.
Tandjung, A. H. (2011). Akuntasi, Transparansi, dan Akuntabilitas Keuangan Publik (sebuah tantangan).
Tefa, S., Nyoko, A. E., & Foenay, C. C. (2022). Perencanaan luas produksi pada Perusahaan Tahu Putra Jaya di Kota Kupang. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 4(12), 5757-5767.
Terry, G. (2012). Prinsip-Prinsip Manajemen. PT. bumi aksara.
Tjiptono, F. (2012). Strategi Pemasaran. ANDI.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, Penelitian. PT. Indeks.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategik (C. A. Offset (ed.); 2e ed.).
Widjaja Tandjung, J. (2011). Marketing Management Pendekatan pada Nilai-Nilai Pelanggan. Banyumedia.