ANALISI PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING PADA RUMAH MAKAN KAHANG JAYA LILIBA DI MASA PANDEMI COVID 19
Main Article Content
Abstract
Pemanfaatan teknologi informasi khususnya Digital Marketing dalam kegiatan usaha sebagai media/sarana promosi dan penjualan produk dapat memberikan dampak positif berupa keuntungan bagi perusahaan, peningkatan volume penjualan, peningkatan produktivitas, dll. Tujuan penelitian ini ialah untuk menjawab rumasan masalah terkait bagaimana pemanfaatan digital marketing sebagai media promosi produk di masa pandemi covid-19 pada Rumah Makan Kahang Jaya Liliba. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan data kualitatif. Penentuan sample menggunakan teknik Purposive Sampling. Analisis dilakukan dengan Model Pendekatan Marketing 4C sebagaimana diperkenalkan Robert F. Lauterborn dan Philip Kotler. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rumah Makan Kahang Jaya Liliba telah menggunakan digital marketing(facebook, bekerja sama dengan GrabFood) sebagai media promosi/iklan dan penjualan produk selain dengan pemasaran langsung atau offline. Berdasarkan analisis Model Pendekatan Marketing 4C dari Philip Kotler menunjukkan bahwa pemanfaatan Digital Marketing meningkatkan keterlibatan konsumen/pelanggang dalam menciptakan produk, harga yang lahir dari komunikasi yang interaktif serta mendalam antara produsen dan konsumen. Digital Marketing memberikan solusi berupa kecepatan respon produsen terhadap setiap permintaan konsumen (sistem menjemput bola), dalam konteks penelitian ini kerja sama Kahang Jaya dengan GrabFood dilihat sebagai sebuah terobosan jitu. Hal yang perlu diperhatikan ke depannya ialah agar pihak manajemen Kahang Jaya tetap mempertahankan strategi pemasaran menggunakan teknologi informasi terutama meningkatkan serta menggunakan lebih banyak lagi media sosial yang ada untuk promosi dan penjualan.
Kata Kunci: Digital Marketing, Marketing 4C
Downloads
Article Details
References
Ali, H. (2013). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS.
Amanah, S. 2015. Peranan Strategi Promosi Pemasaran Terhadap Peningkatan Volume Penjualan. Jurnal LENTERA 3(1): 47-55.
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Aryanti, N.M. 2016. Fungsi Promosi Produk Pos Ekspress dalam Meningkatkan Minat Konsumen di Kota Bandung. Skripsi Universitas Pasundan.
Chaffey, D., Chadwick, F. E., Mayer, R., & Johnston, K. (2009). Internet Marketing: Strategy, Implementation, and Practice. United States: Prentice Hall.
Ena, M. Y., Nyoko, A. E., & Ndoen, W. M. (2019). Pengaruh persepsi harga, kualitas pelayanan, lokasi dan word of mouth terhadap keputusan pembelian di Chezz Cafenet. Journal of Management: Small and Medium Enterprises (SMEs), 10(3), 299-310.
Fahmi, Irham, (2013). Ekonomi Politik: Teori dan Realita. Bandung: Alfabeta
Febriyantoro, Mohamad dan Arisandi, Debby, (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. Jurnal Manajemen Dewantara, Vol. 1 No 2, desember 2018
Kemenperin. (2016). Pertumbuhan Ekonomi Dorong Ekspansi UMK. Retrieved from http://www.kemenperin.go.id/artikel/5774/Pertumbuhan-Ekonomi-DorongEkspansi-UMK
Kurnia, Femi. Analisis Tingkat Penggunaan teknologi Informasi dan Komunikasi Pada Usaha Mikro, Kecil dan Menegah (UMKM) di Yogyakarta. Jurnal Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Kusumawati, Yenni, (2018). Strategi Pemasaran Produk Makanan Ringan Khas Riau (Keripik Nenas dan Rengginan Ubi Kayu). Jurnal Agribisnis Vol. 20 No. 2, Desember 2018.
Mokhtar, N. F. (2015). Internet Marketing Adoption by Small Business Enterprises in Malaysia. International Journal of Business and Social Science.
Morisan. (2010). Periklanan komunikasi pemasaran terpadu. Penerbit kencana.
Nuslih, Jamiat. (202). Pemanfaatan Digital Marketing Pada UMKM Sukapura Dayeuhkolot Kabupaten Bandung. Jurnal ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 6. No.1, Juni 2020
Sanjaya, R., & Tarigan, J. (2009). Creative Digital Marketing. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta
Sudaryanto. (2012). Strategi Pemberdayaan UMKM Menghadapi Pasar Bebas Asean. Jurnal Ekonomi Akuntansi danManajemen, 1(2).
Sutabri. (2012). Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.
Wardhana, Aditya, (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UMKM di Indonesia (Jurnal). Conference: Keuangan dan Bisnis IV UPI. Bandung, April 2015.
We are Social. (2017). Digital in 2017: Global Overview.Retrieved From https://wearesocial.com/special-reports/digital-in-2017-global-overview, 10 April 2021
https://devidigital.id/strategi-4c-marketing-mix/, 10 April 2021