PENGARUH LINGKUNGAN KERJA, DISIPLIN KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM KABUPATEN KUPANG

Main Article Content

Estervin Melinda Mbuik
Ni Putu Nursiani
Clarce S Maak
Rolland E Fanggidae

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Kupang. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan lingkungan kerja, disiplin kerja, motivasi kerja dan kinerja karyawan pada Perusahaan Daerah Air Minum  Kabupaten Kupang. (2) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan pada Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Kupang. (3) Untuk mengetahui pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Kupang. (4)  Untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan pada Perusahaan Daerah Air Minum  Kabupaten Kupang. (5) Untuk mengetahui lingkungan kerja, Disiplin Kerja, dan Motivasi Kerja secara simultan berpengaruh terhadapa Kinerja Karyawan pada Perusahaan Daerah Air Minum  Kabupaten Kupang. Metode dalam penelitian ini menggunakan Jenis penelitian asosiatif dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan rumus Slovin untuk menentukan jumlah sampel. dengan jumlah 52 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan dari software SPSS. Dari hasil uji t variabel (1) Lingkungan kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan pada PDAM Kabupaten Kupang. (2) Disisplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PDAM Kabupaten Kupang. (3) Motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PDAM Kabupaten Kupang. Dari hasil uii F menunjukan bahwa variabel lingkungan kerja, disiplin kerja, dan motivasi kerja berpengaruh secara simultan terhadap kinerja karyawan pada PDAM Kabupaten Kupang.


Kata Kunci : Lingkungan kerja, Disiplin kerja, Motivasi kerja, Kinerja karyawan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Mbuik, E. M., Nursiani, N. P., Maak, C., & Fanggidae, R. (2023). PENGARUH LINGKUNGAN KERJA, DISIPLIN KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM KABUPATEN KUPANG. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 4(2), 227-241. https://doi.org/10.35508/glory.v4i2.10458
Section
Articles

References

Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia Teori, Konsep dan Indikator. Zanafa Publishing.
Arep ishak & Tanjung Hendri. (2003). Manajemen Motivasi. Pt. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Arianto, D, A. (2013). Pengaruh Kedisiplinan, Lingkungan Kerja Dan Budaya Kerja Terhadap Kinerja Tenaga Pengajar. Jurnal Economia, 9(2), 191–200.
Arikunto, s. (2010). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.
Bangun, W. . (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit Erlangga.
Fahmi. (2016). Pengantar Manajemen Sumber Daya Manusia konsep dan kinerja. Mitra Wacana Media.
Ghozali, I. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Edisi. Keempat,Penerbit Universitas Diponegoro. (Edisi Keem). Penerbit Universitas Diponegoro.
Hamali. (2016). Strategi, Pemahaman Manajemen Sumber Daya Manusia: Academic, Mengelola Karyawan. Caps(Center For Academic Publishing Service).
Hani, H. (2006). Mnajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Badan Penerbit Fakultas Ekonomi.
Hartatik. (2014). Mengembangkan SDM. Laksana.
Hasibuan, M. S. P. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi Revi). Bumi Aksara.
Hasibuan, M. S. P. (2012). Manajemen SDM (Edisi Revi). Bumi Aksara.
Herzberg, F. (2011). Herzberg’s Motivation-Hygiene Theory and Job Satisfaction in The Malaysian Retail Sector. Teck Hang Tan and Amna Waheed.
Jackson, J H, & Marthis, R. L. (2006). Human Resource Managemen. Salemba Empat.
Kasmir (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori Dan Praktik). Widya Ananda.
Klaasvakumok Jehezkielomi Kamuri. (2017). Electronic Human Resource Management: Inovasi Pengelolaan Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi(Analisis Penerapan E-Hrm Pada Pt Telkom Wilayah Kupang-Ntt). Jurnal Of Manajemen, 4.
Kreitner, R., & Kinicki, A. (2001). Organizational Behavior. McGraw-Hill Companies, Inc. McGraw-Hill Companies, Inc.
Luthans, F. (2006). Perilaku organisasi (Edisi sepu). Penerbit Andi.
Malthis, R. L., & Jackson, J. H. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Karya Selemba Empat.
Mangkunegara, A. A. A. P. (2006). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Refika Aditama.
Mangngi, R. F., & Rolland E Fanggidae, N. P. N. (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pada PT. Pos Indonesia (PERSERO) Cabang Kupang. Jurnal Of Manajemen, 7(2).
Marsel Mario Minggu, Victor P. K . Lekong dan Farlane S. Rumokoy, 2019 "Effect Of Work Environment, Work Discpline And Organization Commitment On Employee Performance At Pt. Air Manado," dalam Jurnal Emba, Vol 7 No. 1, (20019): 1017-1080.
Nitisemito. (1992). Manajemen Sumber Daya Manusia. BPFE UGM.
Nitisemito. (2001). Lingkungan Kerja Dan Produktivitas. Universitas AirLangga.
Priansa, J. D. (2014). Perencanaan & Pengembangan Sumber Daya Manusia. Alfabeta.
Rafif Hibatullah, S. A. I. (2021). Pengaruh Disiplin Kerja,Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Lingkungan Kerja Sebagai Variabel Intervening BUMD PT. Sumekar Kabupaten Sumenep. Jurnal Kajian Ilmu Manajemen Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Trunojoyo Madura,1(1), 28–36.
Rivai, V., & Sagala, E. J. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan: Dari Teori ke Praktik. PT. Raja Grafindo Persada.
Robbins, Stephen, P. (2015). Perilaku Organisasi (16th ed.). Salemba Empat.
Sedarmayanti. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi dan manajemen Pegawai Negeri Sipil.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif,dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.
Sulaiman Kurdi. (2019). Pengaruh Disiplin Kerja,Motivasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Kelurahan Se Kecamatan Kota Kendal. Jurnal Ekonomi, 1(1).
Sutrisno, E. (2016). Budaya Organisasi. Kencana Prenada Media.
Suwatno, &Priansa Juni. (2014). Manajemen SDM dalam Organisasi Publik dan Bisnis. Alfabeta.
Wibowo. (2011). Manajemen Kinerja (Edisi 3). Rajagrafindo Persada.
Winardi, J. (2001). Motivasi dan Pemotivasian dalam Manajemen. Rajagrafindo Persada.