ANALISIS PENGEMBANGAN FASILITAS DAN AKSESIBILITAS PARIWISATA PADA OBJEK WISATA AIR PANAS MENGERUDA KECAMATAN SOA KABUPATEN NGADA

Main Article Content

Hilaria Edo
Rolland E Fanggidae
Clarce S Maak
Paulina Y Amtiran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fasilitas dan aksesibilitas pada objek wisata serta pengembangan objek wisata Pemandian Air Panas Mengeruda. Pemandian Air Panas Mengeruda.Untuk menganalisis dan menentukan strategi pengembangan objek wisata dengan tepat, jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan fokus penelitian pada objek wisata Pemandian Air Panas Mengeruda. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode yang digunakan adalah analisis SWOT untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Sumber data yang digunakan adalah data primer. Berdasarkan analisis data yang dihasilkan dari analisis SWOT dapat disimpulkan bahwa strategi yang tepat diterapkan adalah strategi agresif. Sehingga alternatif strategi yang tepat untuk diterapkan dalam pengembangan objek wisata Pemandian Air Panas Mengeruda adalah memanfaatkan kekuatan dan peluang secara optimal. Oleh karena itu upaya pengembangan yang paling tepat adalah menyediakan satu paket perjalanan pada objek wisata pemandian air panas, museum arkeolog dan wisata rohani, melakukan pengembangan fasilitas pada objek wisata, memanfaatkan objek wisata yang strategis karena dekat dengan objek wisata lain, bandara dan dekat dengan ibukota kabupeten,   memanfaatkan potensi wisata yang ada pada objek wisata serta memanfaatkan akses informasi dan jaringan internet untuk pengembangan objek wisata.


Kata Kunci : Analisis Pengembangan, Fasilitas, Aksesibilitas, Analisis SWOT

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Edo, H., Fanggidae, R., Maak, C., & Amtiran, P. (2023). ANALISIS PENGEMBANGAN FASILITAS DAN AKSESIBILITAS PARIWISATA PADA OBJEK WISATA AIR PANAS MENGERUDA KECAMATAN SOA KABUPATEN NGADA. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 4(6), 1389-1405. https://doi.org/10.35508/glory.v4i6.11711
Section
Articles

References

Andika, L. (2020). Strategi Pengembangan Objek Wisata Taman Nasional Tesso Nilo Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Pelalawan. Universitas Islam Riau.
Asmara, S. (2020). Tinjauan Kritis Kendala dan Dampak Pengembangan Pariwisata Indonesia. Prosiding WEBINAR Fakultas Ekonomi Unimed “Strategi Dunia Usaha Menyikapi Status Indonesia Sebagai Negara Maju: Pra Dan Pasca Covid-19,” 140–151.
Bagus, I. G. (2017). Pemasaran Pariwisata. Penerbit Andi.
Farish, F. D. (2022). Model Pengembangan Atraksi Wisata Goa Ngalau Agam Tabik Jorong Koto Tuo Desa Wisata Simarasok. UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA BARAT.
Muljadi, A. . (2012). Kepariwisataan dan Perjalanan. Rajawali Pers.
Nasution, L., Anom, S., & Karim, A. (2020). Pengaruh Program Sapta Pesona Dan Fasilitas Terhadaptingkat Kunjungan Objek Wisata T-Gardendi Kecamatan Deli Tua Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Darma Agung, 28(2), 211–230.
Paturusi, S. A. (2001). Perencanaan Tata Ruang Kawasan Pariwisata. Materi Kuliah Perencanaan Kawasan Pariwisata, Program Pasca Sarjana Universitas Udayana Denpasar, Bali.
Pendit, N. S. (2002). Ilmu Pariwisata: Sebuah Pengantar Perdana (7th ed.). Pradnya Paramita. Pitana, i G., & I Ketut Surya Diarta. (2009). Pengantar Ilmu Pariwisata. Andi Offset.
Soekadijo, R, G. (2003). Anatomi Pariwisata: Memahami Pariwisata sebagai Systemic.
Gramedia Pustaka Utama.
Sunaryo, B. (2013). Kebijakan Pembangunan Destinasi Pariwisata: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Gava Media.
Suwantoro, G., & Sarin, R. K. (2004). Dasar - dasar Pariwisata. Kencana. Yoeti, O. A. (2003). Tours and Travel Marketing. Pradnya Paramita.
Yoeti, O. A. (2008). Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata. Pradnya Paramita.